Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Pembelajaran Pjok Kelas 2 Kurikulum Merdeka Semester 1 Dan 2

Perangkat Pembelajaran PJOK Kelas 2 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2 Tahun Ajaran 2024/2025Perangkat pembelajaran PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan) sangat penting dalam menunjang keberhasilan proses mencar ilmu mengajar di sekolah dasar. Pada tahun ajaran 2024/2025, Kurikulum Merdeka mendatangkan beberapa pembaruan yang perlu diketahui oleh para pendidik, utamanya untuk kelas 2 SD. Artikel ini akan membahas secara rinci ihwal capaian pembelajaran modern, modul latih, acara tahunan (prota), program semester (promes), alur tujuan pembelajaran (ATP), acara PJOK, jurnal PJOK, serta evaluasi/asesmen.

Perangkat Pembelajaran PJOK Kelas 2 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2 Tahun Ajaran 2024/2025

Capaian Pembelajaran Terbaru

Capaian pembelajaran (CP) modern dalam Kurikulum Merdeka berkonsentrasi pada pengembangan kemampuan motorik, pengetahuan wacana kesehatan, dan perilaku faktual terhadap olahraga. Untuk kelas 2, CP dirancang agar siswa mampu:

  1. Melakukan gerakan dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan benar.
  2. Memahami pentingnya kegiatan fisik dan kesehatan bagi tubuh.
  3. Menunjukkan sikap sportivitas dan kolaborasi dalam acara olahraga.

Pembaruan CP ini bermaksud untuk membentuk fondasi yang besar lengan berkuasa bagi kemajuan fisik dan mental belum dewasa, serta mendorong pola hidup sehat semenjak dini.

 sangat penting dalam menunjang keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah dasar Perangkat Pembelajaran PJOK Kelas 2 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2


Modul Ajar

Modul bimbing ialah salah satu unsur penting dalam perangkat pembelajaran PJOK. Modul ini meliputi planning pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang disusun untuk satu semester. Beberapa poin penting dalam modul bimbing PJOK kelas 2 antara lain:

  1. Materi Pembelajaran: Gerakan dasar, permainan sederhana, dan kebugaran jasmani.
  2. Metode Pembelajaran: Penggunaan pendekatan saintifik, berbasis proyek, dan pembelajaran aktif.
  3. Media Pembelajaran: Alat-alat sederhana mirip bola, kerucut, dan tali untuk acara fisik.
  4. Penilaian: Asesmen dikerjakan lewat pengamatan, tes praktik, dan evaluasi perilaku.

Modul asuh ini dirancang untuk memudahkan guru dalam mengurus kelas dan memberikan pengalaman belajar yang mengasyikkan bagi siswa.

Program Tahunan (Prota)

Program tahunan (prota) yakni planning pembelajaran yang disusun untuk satu tahun pemikiran. Prota PJOK kelas 2 meliputi alokasi waktu untuk setiap materi yang hendak diajarkan. Dengan adanya prota, guru dapat menentukan bahwa semua bahan tersampaikan dengan baik dalam satu tahun fatwa.

Program Semester (Promes)

Promes yaitu detail lebih lanjut dari prota yang disusun per semester. Dalam promes PJOK kelas 2, guru menentukan agenda pelaksanaan setiap tema dan subtema pembelajaran. Promes menolong dalam menjaga konsistensi dan keteraturan proses berguru mengajar, serta membuat lebih mudah guru dalam memeriksa kemajuan mencar ilmu siswa setiap semester.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Alur tujuan pembelajaran (ATP) adalah klasifikasi dari CP yang diorganisasikan dalam urutan yang logis dan sistematis. ATP PJOK kelas 2 mencakup:

  1. Minggu 1-4: Gerakan dasar lokomotor (berjalan, berlari).
  2. Minggu 5-8: Gerakan dasar non-lokomotor (melompat, mendarat).
  3. Minggu 9-12: Gerakan manipulatif (melempar, menangkap).
  4. Minggu 13-16: Permainan sederhana.
  5. Minggu 17-20: Kebugaran jasmani.

ATP ini memastikan bahwa siswa belajar secara bertahap dan teratur, sehingga membuat lebih mudah mereka dalam menguasai setiap kompetensi yang diharapkan.

Jadwal PJOK

Jadwal PJOK kelas 2 disusun dengan memperhatikan durasi dan frekuensi yang cukup untuk berbagi keahlian fisik siswa. Idealnya, PJOK dilakukan dua kali sepekan dengan durasi masing-masing 70 menit. Jadwal yang terorganisir dan konsisten menolong siswa membangun rutinitas dan mengembangkan minat kepada kegiatan fisik.

Jurnal PJOK

Jurnal PJOK yaitu catatan harian guru ihwal acara pembelajaran yang telah dikerjakan. Jurnal ini meliputi informasi perihal:

  1. Tanggal pelaksanaan: Kapan aktivitas dijalankan.
  2. Materi yang diajarkan: Apa yang diajarkan pada hari tersebut.
  3. Kegiatan siswa: Bagaimana siswa berpartisipasi dalam kegiatan.
  4. Catatan khusus: Hal-hal penting yang perlu diamati, mirip pertumbuhan siswa atau tantangan yang dihadapi.

Jurnal ini memiliki kegunaan untuk refleksi guru dan selaku dokumentasi proses pembelajaran.

Penilaian/Asesmen

Penilaian dalam PJOK kelas 2 dijalankan secara komprehensif untuk mengukur faktor kemampuan, pengetahuan, dan sikap. Beberapa sistem penilaian yang dipakai antara lain:

  1. Observasi: Guru mengamati dan mencatat kemampuan gerak siswa selama kegiatan berlangsung.
  2. Tes Praktik: Siswa diminta untuk melaksanakan gerakan tertentu yang sudah dipelajari.
  3. Penilaian Sikap: Evaluasi terhadap sikap sportivitas, kolaborasi, dan disiplin siswa.

Penilaian ini bermaksud untuk memberikan gambaran lengkap perihal pertumbuhan berguru siswa dan sebagai dasar untuk perbaikan proses pembelajaran.

Kesimpulan

Perangkat pembelajaran PJOK kelas 2 Kurikulum Merdeka tahun fatwa 2024/2025 dirancang untuk membuat pengalaman mencar ilmu yang mengasyikkan dan mempunyai arti bagi siswa. Dengan mengetahui CP terbaru, modul latih, prota, promes, ATP, jadwal PJOK, jurnal PJOK, dan penilaian, guru mampu mengorganisir kelas dengan lebih efektif dan menolong siswa mencapai potensi terbaik mereka. Sebagai pendidik, mari kita terus berinovasi dan berkomitmen untuk menunjukkan pendidikan jasmani yang bermutu demi era depan belum dewasa kita.

Download Perangkat Pembelajaran PJOK Kelas 2 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2 Tahun Ajaran 2024/2025