Perangkat Pembelajaran Pjok Kelas 3 Kurikulum Merdeka Semester 1 Dan 2
Perangkat pembelajaran PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan) kelas 3 Kurikulum Merdeka semester 1 dan 2 tahun pemikiran 2024/2025 terdiri dari banyak sekali komponen penting yang mesti disediakan oleh guru untuk meraih tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien. Berikut yaitu pembahasan tentang capaian pembelajaran modern (CP), modul latih, acara tahunan (prota), program semester (promes), alur tujuan pembelajaran (ATP), agenda PJOK, dan jurnal PJOK.
Perangkat Pembelajaran PJOK Kelas 3 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2 Tahun Ajaran 2024/2025
Capaian Pembelajaran Terbaru (CP)
Capaian Pembelajaran (CP) ialah pola utama dalam Kurikulum Merdeka yang menggantikan kompetensi dasar. CP dirancang untuk memberikan kelonggaran terhadap guru dalam menentukan tata cara dan seni manajemen pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. CP PJOK kelas 3 menekankan pada pengembangan keterampilan motorik dasar, pemahaman ihwal pentingnya acara fisik dan kesehatan, serta pembentukan sikap aktual terhadap olahraga dan kesehatan.
Beberapa CP PJOK kelas 3 yang penting antara lain:
- Menguasai kemampuan dasar gerak lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif.
- Memahami konsep dasar aktivitas fisik dan kesehatan.
- Menunjukkan sikap sportifitas, kolaborasi, dan disiplin dalam acara fisik.
Modul Ajar
Modul asuh merupakan perangkat pembelajaran yang menampung planning pembelajaran secara rinci untuk setiap pertemuan. Modul ini dirancang untuk menolong guru dalam melaksanakan pembelajaran yang terencana dan terarah. Modul ajar PJOK kelas 3 Kurikulum Merdeka semester 1 dan 2 meliputi berbagai kegiatan fisik yang mempesona dan beragam, mirip permainan sederhana, latihan kebugaran, dan acara motorik dasar.
Isi modul asuh PJOK kelas 3 mencakup:
- Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk setiap konferensi.
- Media dan alat yang diharapkan.
- Strategi dan sistem pembelajaran.
- Penilaian dan penilaian hasil berguru.
Program Tahunan (Prota)
Program Tahunan (Prota) yakni planning acara pembelajaran yang disusun untuk satu tahun aliran. Prota bertujuan untuk mengatur alokasi waktu dan bahan yang akan diajarkan selama satu tahun. Prota PJOK kelas 3 disusun berdasarkan CP modern dan disesuaikan dengan kalender pendidikan yang berlaku.
Beberapa poin penting dalam Prota PJOK kelas 3:
- Distribusi materi pembelajaran setiap bulan.
- Alokasi waktu untuk setiap materi.
- Kegiatan pelengkap mirip hari olahraga atau lomba olahraga.
Program Semester (Promes)
Program Semester (Promes) adalah planning pembelajaran yang disusun untuk satu semester. Promes disusun menurut Prota dan menawarkan rincian lebih lanjut perihal kegiatan pembelajaran yang mau dilaksanakan setiap minggu.
Isi utama dari Promes PJOK kelas 3:
- Rincian bahan pembelajaran setiap minggu.
- Alokasi waktu per ahad.
- Kegiatan pembelajaran yang spesifik dan tata cara yang mau dipakai.
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yaitu rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara sistematis dan logis untuk mencapai CP. ATP PJOK kelas 3 dirancang untuk menentukan bahwa setiap kegiatan pembelajaran terarah dan mampu meraih tujuan yang sudah ditetapkan.
Contoh ATP PJOK kelas 3:
- Minggu 1-4: Menguasai keterampilan dasar gerak lokomotor (lari, lompat, dan berjalan).
- Minggu 5-8: Menguasai keterampilan dasar gerak non-lokomotor (membungkuk, memutar, dan menyeimbangkan badan).
- Minggu 9-12: Menguasai kemampuan dasar gerak manipulatif (melempar, menangkap, dan menendang).
Jadwal PJOK
Jadwal PJOK ialah pengaturan waktu pelaksanaan pembelajaran PJOK dalam satu ahad. Jadwal ini mesti disusun dengan mempertimbangkan ketersediaan fasilitas dan prasarana, serta alokasi waktu yang cocok dengan keperluan siswa.
Contoh agenda PJOK kelas 3:
- Senin: 07.30 - 08.30 (Aktivitas gerak dasar)
- Rabu: 09.00 - 10.00 (Permainan sederhana)
- Jumat: 08.00 - 09.00 (Latihan kebugaran)
Jurnal PJOK
Jurnal PJOK adalah catatan harian yang digunakan oleh guru untuk mencatat pertumbuhan siswa dalam setiap pertemuan. Jurnal ini berkhasiat untuk memantau kemajuan berguru siswa dan menawarkan umpan balik yang konstruktif.
Isi jurnal PJOK:
- Tanggal dan materi yang diajarkan.
- Catatan perihal keaktifan dan partisipasi siswa.
- Penilaian kepada kemampuan yang diajarkan.
- Refleksi dan planning tindak lanjut.
Kesimpulan
Perangkat pembelajaran PJOK kelas 3 Kurikulum Merdeka semester 1 dan 2 tahun aliran 2024/2025 dirancang untuk mendukung proses pembelajaran yang terorganisir dan efektif. Dengan mengetahui dan mempergunakan CP modern, modul bimbing, prota, promes, ATP, agenda PJOK, dan jurnal PJOK, guru mampu memaksimalkan pembelajaran PJOK sehingga siswa dapat mencapai kemajuan maksimal dalam kemampuan motorik, pengertian konsep kesehatan, dan sikap konkret kepada olahraga.
Implementasi perangkat pembelajaran yang baik akan membantu siswa tidak cuma menguasai kemampuan fisik, namun juga membentuk huruf yang sportif dan disiplin. Guru perlu terus berinovasi dalam menyusun dan melaksanakan perangkat pembelajaran agar proses mencar ilmu mengajar selalu menawan dan berfaedah bagi siswa.
COMING SOON