Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) memiliki tugas penting dalam kemajuan fisik dan mental siswa. Dengan diterapkannya Kurikulum Merdeka, perangkat pembelajaran PJOK di Kelas 1 perlu disesuaikan supaya lebih berhubungan dan mendukung capaian pembelajaran (CP) terbaru. Artikel ini akan membicarakan perangkat pembelajaran PJOK Kelas 1 yang meliputi CP terbaru, modul latih, program tahunan (prota), acara semester (promes), alur tujuan pembelajaran (ATP), agenda PJOK, jurnal PJOK, dan evaluasi/asesmen untuk tahun fatwa 2024/2025.
Perangkat Pembelajaran PJOK Kelas 1 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2 Tahun Ajaran 2024/2025
2. Capaian Pembelajaran (CP) Terbaru
Capaian pembelajaran (CP) ialah patokan kompetensi yang harus dicapai oleh siswa selama proses pembelajaran. Dalam Kurikulum Merdeka, CP dirancang untuk menunjukkan kebebasan bagi guru dalam berbagi sistem pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Untuk PJOK Kelas 1, CP modern meliputi:
- Peningkatan keterampilan motorik dasar mirip lari, lompat, dan lempar.
- Pengenalan dasar-dasar olahraga seperti sepak bola, badminton, dan renang.
- Pengembangan sikap sportifitas dan koordinasi dalam acara olahraga.
- Pemahaman wacana pentingnya kesehatan dan kebugaran tubuh.
3. Modul Ajar
Modul asuh merupakan panduan bagi guru dalam melakukan acara pembelajaran. Dalam Kurikulum Merdeka, modul asuh disusun dengan pendekatan yang fleksibel dan berpusat pada siswa. Modul bimbing PJOK Kelas 1 semester 1 dan 2 meliputi:
- Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang terintegrasi dengan acara fisik yang mengasyikkan.
- Materi didik yang diubahsuaikan dengan perkembangan fisik dan psikologis siswa.
- Aktivitas pembelajaran yang bermacam-macam seperti permainan, latihan fisik, dan simulasi olahraga.
- Evaluasi dan evaluasi yang kontinu untuk memantau kemajuan siswa.
4. Program Tahunan (Prota)
Program tahunan (prota) merupakan planning pembelajaran yang disusun untuk satu tahun aliran. Prota PJOK Kelas 1 tahun ajaran 2024/2025 mencakup:
- Pembagian bahan pembelajaran ke dalam dua semester.
- Penetapan tema-tema pembelajaran yang sesuai dengan CP.
- Jadwal kegiatan pembelajaran yang teratur dan terencana.
- Alokasi waktu untuk setiap tema pembelajaran.
5. Program Semester (Promes)
Program semester (promes) yaitu planning pembelajaran yang disusun untuk satu semester. Promes PJOK Kelas 1 mencakup:
- Rincian bahan pembelajaran untuk setiap bulan.
- Penentuan acara pembelajaran yang spesifik untuk setiap ahad.
- Pengaturan waktu untuk evaluasi tengah semester dan final semester.
- Fleksibilitas dalam penyesuaian jadwal pembelajaran sesuai keperluan siswa.
6. Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
Alur tujuan pembelajaran (ATP) adalah tutorial yang membantu guru dalam menyusun strategi pembelajaran. ATP PJOK Kelas 1 meliputi:
- Tujuan pembelajaran yang spesifik dan terukur.
- Rencana kegiatan yang mendukung pencapaian tujuan pembelajaran.
- Metode pembelajaran yang beraneka ragam dan interaktif.
- Penilaian yang berkesinambungan untuk mengukur pencapaian tujuan pembelajaran.
7. Jadwal PJOK
Jadwal PJOK merupakan pengaturan waktu untuk pelaksanaan pembelajaran PJOK. Jadwal PJOK Kelas 1 tahun pemikiran 2024/2025 disusun dengan menimbang-nimbang:
- Alokasi waktu yang cukup untuk aktivitas fisik dan olahraga.
- Variasi aktivitas untuk menjaga minat dan motivasi siswa.
- Penyesuaian dengan acara pelajaran lainnya untuk menghindari bentrok.
- Fleksibilitas dalam pengaturan agenda untuk kegiatan ekstrakurikuler.
8. Jurnal PJOK
Jurnal PJOK ialah catatan harian ihwal acara pembelajaran PJOK. Jurnal ini berfungsi selaku :
- Dokumentasi acara dan kemajuan siswa dalam pembelajaran PJOK.
- Alat evaluasi bagi guru untuk memantau keterlibatan dan perkembangan siswa.
- Sarana komunikasi antara guru, siswa, dan orang tua ihwal pembelajaran PJOK.
- Bahan refleksi bagi guru untuk meningkatkan mutu pembelajaran.
9. Penilaian/Asesmen
Penilaian/asesmen dalam pembelajaran PJOK bertujuan untuk mengukur pencapaian CP dan kemajuan siswa. Penilaian PJOK Kelas 1 meliputi:
- Penilaian formatif yang dilaksanakan secara kontinu selama proses pembelajaran.
- Penilaian sumatif yang dikerjakan pada tamat semester untuk mengukur pencapaian CP.
- Penggunaan banyak sekali tata cara penilaian seperti pengamatan, tes keahlian, dan portofolio.
- Umpan balik yang konstruktif untuk menolong siswa memperbaiki dan berbagi keterampilannya.
10. Kesimpulan
Perangkat pembelajaran PJOK Kelas 1 Kurikulum Merdeka tahun ajaran 2024/2025 dirancang untuk mendukung kemajuan fisik, mental, dan sosial siswa. Dengan CP modern, modul didik, prota, promes, ATP, jadwal PJOK, jurnal PJOK, dan penilaian yang terstruktur, diperlukan pembelajaran PJOK dapat berjalan efektif dan menunjukkan faedah optimal bagi siswa. Implementasi yang sempurna akan membantu membuat generasi yang sehat, sportif, dan berprestasi.
Dengan demikian, perangkat pembelajaran PJOK yang komprehensif ini akan menjadi bimbingan yang berfaedah bagi guru dalam berbagi dan melakukan kegiatan pembelajaran yang berkualitas.
Download Perangkat Pembelajaran PJOK Kelas 1 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2 Tahun Ajaran 2024/2025