Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

#Soal Latihan Usbn Seni Budaya Smk/Sma Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru

Ilmu merupakan wawasan yang sudah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan wawasan merupakan pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis lantaran belum dicoba dan diuji.

Dalam konteks akademis atau profesional, cobaan (atau cobaan untuk pendek) merupakan tes yang berniat untuk menyeleksi kesanggupan seorang mahasiswa atau kandidat dokter. Biasanya cobaan tes tertulis, meskipun beberapa mungkin gampang atau elemen praktis, dan sungguh beraneka ragam dalam struktur, isi dan kesusahan tergantung pada subjek, kalangan usia orang yang diuji dan profesi.


Seseorang yang melalui cobaan menemukan ijazah, suatu surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif merupakan cobaan di mana pelamar berkompetisi untuk sejumlah posisi, selaku musuh cuma mesti meraih tingkat tertentu untuk lulus.

Sebagaimana yang kita pahami setiap siswa yang berada di tingkat pendidikan formal niscaya akan mengahadapi yang namanya Ujian selaku bentuk tes terhadap para siswa untuk mengukur sejauh mana kesanggupan siswa tersebut dalam mengerti pelajaran yang sudah di sampaikan oleh para guru, sehingga nantinya akan di sanggup hasil selaku materi penilaian untuk memperbaiki kesanggupan siswa ketingkat yang lebih baik lagi.

Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau biasa disingkat USBN merupakan metode penilaian kriteria pendidikan dasar dan menengah secara nasional untuk meningkatakan persamaan kualitas tingkat pendidikan antar tempat yang dilaksanakan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia menurut Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian kualitas pendidikan secara nasional dilaksanakan penilaian selaku bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan terhadap pihak-pihak yang berkepentingan.

Lebih lanjut dinyatakan bahwa penilaian dilaksanakan oleh forum yang berdikari secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menganggap pencapaian kriteria nasional pendidikan dan proses pemantauan penilaian tersebut mesti dilaksanakan secara berkesinambungan.

Proses pemantauan penilaian tersebut dilaksanakan secara terus menerus dan berkelanjutan pada kesannya akan sanggup merapikan kualitas pendidikan. Pembenahan kualitas pendidikan dimulai dengan penentuan standar.

Penentuan kriteria yang terus bertambah dikehendaki akan mendorong kenaikan kualitas pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan kriteria pendidikan merupakan penentuan nilai batas (cut off score).

Seseorang dibilang sudah lulus/kompeten kalau sudah melalui nilai batas tersebut berupa nilai batas antara penerima didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan penerima didik yang belum menguasai kompetensi tertentu.

Bila itu terjadi pada cobaan nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara penerima didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, kesibukan penentuan batas kelulusan disebut standard setting.

Manfaat pengaturan kriteria cobaan final :
  • Adanya batas kelulusan setiap mata pelajaran sesuai dengan permintaan kompetensi minimum.
  • Adanya kriteria yang serupa untuk setiap mata pelajaran selaku kriteria minimum pencapaian kompetensi.

Maka menurut Hal tersebut pada postingan kali ini, saya akan menshare mengenai Soal latihan USBN SMK/SMA Mata Pelajaran Seni Budaya Beserta Jawabannya Lengkap, Terbaru dengan jumlah 40 Soal. Dimana dalam soal latihan ini, yakni berupa soal opsi ganda dan pastinya sudah ditambahkan kunci jawabannya agar Sobat Prakata semua bisa lebih gampang Untuk menghafalnya dan juga bisa memicu rujukan soal di saat akan melaksakan USBN tersebut nanti lantaran soal tersebut diambil menurut sumber dari buku mata pelajaran yang dipelajari di Sekolah pada umumnya.

Mungkin itu saja sedikit ulasan mengenai isi postingan yang hendak saya diskusikan kali ini, pribadi saja kita menuju Soal latihan USBN SMK/SMA Mata Pelajaran Seni Budaya Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru berikut dibawah ini.

Soal latihan USBN SMK/SMA Mata Pelajaran Seni Budaya Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru


Adapun soal-soal USBN yang hendak kita diskusikan pada mata pelajaran Seni Budaya ini selaku materi rujukan di saat menghadapi Ujian Sekolah merupakan selaku berikut :


1. Berdasarkan fungsinya, karya seni rupa ada yang dibentuk dengan pertimbangan utama untuk menyanggupi fungsi praktis. Karya seni rupa seperti ini dikategorikan dalam jenis
A. Dua dimensi
B. Terapan
C. Hiburan
D. Tiga dimensi
E. Murni

2. Menurut teori warna Brewster, warna pokok merupakan :
A. Merah, kuning, hijau   
B. Merah, kuning, coklat
C. Hijau, kuning, ungu
D. Merah, kuning, biru
E. Merah, ungu, biru        
3. Alat musik kendang, merupakan elemen dasar musik dari genre :
A. Keroncong
B. Jaz 
C. Dangdut            
D. Hiphop     
E. Pop
4. Not utuh / sarat yang bernilai 4 ketukan digambarkan :
     

5. Gambar berikut merupakan gambar tari Gambyong yang berasal dari daerah...

A. Kalimantan
B. Papua
C. DKI Jakarta
D.  Aceh
E. Jawa Tengah

6. Berdasarkan fungsinya tari-tarian di Indonesia sanggup dibagi menjadi 3 yakni :
A. Upacara, hiburan/tontonan, pendidikan
B. Hiburan, tontonan, pertunjukan
C. Upacara, meditasi, penyembuhan
D.  Pendidikan, hiburan, sosial
E. Upacara, hiburan, sosial

7. Kekuatan utama yang menjadi pesona suatu pertunjukan teater merupakan .... para  pemain dalam memerankan tokoh yang cocok dengan huruf dalam lakon.
A. Dialog
B. Acting atau tingkah laku
C. Eksresi wajah
D. Sikap
E. Gerakan

8. Naskah drama mesti diubahsuaikan dengan kaidah pertunjukan yang sudah mencerminkan,      kecuali….
A. Setting dongeng yang kurang jelas
B. Babak dan adegan yang mantap
C. Tema yang jelas
D.  Dialog yang efektif
E. Struktur plot dan pertentangan yang jelas
9. Gambar di bawah ini merupakan gambar patung  jagoan nasional Indonesia, simbol apa yang ada dalam pengerjaan patung tersebut :
A. Simbol kekuatan dan suritauladan
B. Simbol kemenangan                                    
C. Simbol kekuasaan
D. Simbol kepercayaan
E. Simbol keberanian

10. Nilai estetis yang menatap keindahan karya seni rupa berada pada wujud karya seni itu sendiri dan keindahan itu faktual kasat mata merupakan tergolong dalam nilai estetis:
A. Obyektif
B. Edukatif     
C. Imitatif
D. Subyektif
E. Primitif

11. Perubahan bunyi yang terdengar keras menjadi makin lembut dan sebaliknya, tanda        yang digunakan merupakan :
A. Tanda tempo 
B. Tanda kress   
C. Tanda pugar
D. Tanda dinamik   
E. Tanda mol     

12. Gambar disamping merupakan gambar untuk menunjukan kunci .....
A. Kunci F           
B. Kunci F       
C. Kunci  C       
D.  Kunci Kress 
E. Kunci G         

13. Ada dua jenis gerak dalam seni tari, gerak yang dilaksanakan oleh penari yang hanya       bernilai indah tanpa ada maksud tertentu adalah....
A. Gerak maknawi
B. Gerak imitasi   
C.Gerak tradisi
D. Gerak murni
E. Gerak primitif   

14. Jenis tari menurut penyajiannya  terbagi menjadi dua yakni :
A. Tradisional dan klasik     
B. Tradisional dan primitif
C. Tradisional dan kreasi baru
D. Tradisional dan kerakyatan
E.  Tradisional dan modern
       
15. Musik dalam suatu tarian, selain mempunyai kegunaan selaku pengiring dan pembuat ritme,        juga berfungsi sebagai.......
A. Pembuat  ketegangan
B. Pembuat  suasana
C. Mempertegas  makna
D. Mencari  kemungkinan
E.  Membantu  umum 

16. Kendang, kenong, gong tergolong dalam alat musik....
A. Melodis         
B. Elektronik       
C. Ekspresif 
D. Perkusi         
E. Sederhana         

17. Gerak merupakan substansi dasarnya, merupakan cara untuk mengkomunikasikan pesan      yang hendak disampaikan, merupakan seni....
A. Tari                 
B.Teater 
C. Rupa
D. Musik       
E.Drama             

18. Gerak samber terbang dalam tari Sembah/Sigeh Pengunten dari Lampung merupakan       ragam gerak yang menggerakan ........
A. Kaki
B. Tangan                 
C. Leher
D. Kepala         
E. Badan         

19. Pengaturan tinggi rendah actor diatas panggung disebut…
A. Blocking
B. Balancing
C. Run – thorugh   
D. Dekorasi
E. Leveling
  
20. Suatu yang mengandung nilai pesan moral yakni pemikiran mengenai cara bersikap dan        berperilaku laris yang bagus dan bertangung jawab sesuai aturan dan norma-norma        kehidupan yang berlaku dimasyarakat merupakan….
A. Peranan teater
B. Pesan moral teater
C. Makna teater
D. Fungsi teater
E. Tujuan teater

21. Gambar disamping ini tergolong dalam karya seni terapan yang mempunyai kegunaan :
A. Benda hias 
B. Benda mahal   
C. Benda pakai   
D.  Benda antik
E. Benda keramat        
                   
22. Garis sanggup juga kalian pakai untuk mengomunikasikan ide dan mengekspresikan diri. Garis tebal tegak  sanggup memberi kesan :
A. Tegas dan kuat             
B. Patah dan kecewa
C. Tegas dan lembut
D. Lemah dan lembut               
E. Kasar dan memutar     

23.   
Gambar diatas merupakan lagu yang dinyanyikan dengan cara :
A. Dari lembut ke keras               
B. Tembut seterusnya
C. Keras seterusnya
D. Keras makin lembut 
E.  Dari lembut makin keras

24. Berimajinasi, mencicipi dan menyikapi suatu obyek, merupakan proses berpikir  dalam       penyusunan karya dari pada tahapan.....
A. Eksplorasi          
B. Ekspedisi
C. Imitasi     
D. Evaluasi
E. Penajaman    

25. Tingkat jangkauan gerak atau tinggi rendahnya gerak adalah.....
A. Komposisi   
B. Level   
C. Volume
D. Arah hadap   
E. Pola lantai    

26. Perilaku dramatis yang menunjukan susila istiadat sikap dan kebiasaan-kebiasaan       hidup insan disuatu tempat merupakan nilai…..
A. social
B. pendidikan
C. kemanusiaan
D. budaya
E. sejarah

27. Apa tujuan menjalankan eksplorasi bunyi ?
A. Mengembangkan kerja keras mudah-mudahan berbunyi                
B. Mengembangkan sumber bunyi dan  simbol.
C. Mengembangkan ketrampilan simbol
D. Mengembangkan warna bunyi hati
E. Memeriahkan suasana
28. Garis memiliki dimensi memanjang dan memiliki arah serta bersifat khusus, untuk        membentuk suatu persegi panjang diperlukan garis :
A. Panjang dan pendek     
B. Vertikal   
C. Melengkung
D. Pendek   
E. Diagonal   

29. Yang tergolong dalam penggunaan teknik warna Heraldis merupakan :
A. Warna hijau untuk daun                   
B. Warna murni untuk keaslian
C. Warna gelap terang                           
D.  Warna monokromatik
E. Warna merah untuk keberanian

30. Alat musik yang tidak  yang dibikin dari tembaga/besi adalah.......
A. Gong
B. Kolintang
C. Kenong
D. Symbal
E. Bonang        

31. Gerak impulsif yang sederhana yang memiliki kebebasan, yang dikembangkan, merupakan proses pengerjaan karya tari pada tahap....
A. Eksplorasi     
B. Komposisi     
C.Distorsi
D. Improvisasi     
E. Imitasi      

32. Tari pendet dari Bali dan tari sembah/sigeh pengunten dari Lampung mempunyai kegunaan sebagai......
A. Hiburan   
B. Pendidikan   
C. Pertunjukan
D. Tontonan   
E. Upacara adat    

33. Penari menjalankan gerak dengan duduk dilantai, maka penari tersebut berada pada level...
A. Tinggi       
B. Sedang     
C. Rendah
D. Santai       
E. Merendah        

34. Teater tradisional merupakan …..
A. Cerminan budaya penduduk setempat
B. Cerminan perasaan dan budaya penduduk setempat
C. Kekayaan budaya setempat
D. Cerminan tingkah laris penduduk setempat
E. Kebudayaan yang luhur suatu masyarakat

35. Berikut ini peranan pertunjukkan teater tradisional , kecuali sebagai…
A. Sarana control terhadap prilaku
B. Sarana pendidikkan
C. Kritik 
D. Hiburan
E. Wadah cerminan budaya penduduk setempat

36. Unsur yang menonjol pada topeng raksasa merupakan :
A. Tekstur halus dan penggunaan warna merah
B. Bentuk mata kecil dan warna putih
C. Bentuk alis tebal, bibr tebal, mata besar
D. Bibir lebar, gigi besar, mata kecil
E. Pipi tebal, hidung besar dan bibir kecil

37. Tekstur materi yang nampak/terkesan tidak rata pada permukaan objek disebut :
A. Tekstur kasar    
B. Tekstur asli
C. Tekstur terkesan 
D. Tekstur buatan
E. Tekstur nyata                                        

38. Kentongan, botol, gelas, sendok yang dipukul menggunakan ritme yang berlainan namun      berirama sanggup membentuk suatu permainan musik :
A. Kolaborasi   
B. Insidental   
C. Pemukulan
D. Dadakan   
E. Pengkotakan    

39. Penari menghasilkan garis – garis yang dilihat penonton baik diatas lantai atau yang       disebabkan gerakan tubuh, disebut
A.Property     
B. Komposisi       
C. Improvisasi
D. Desain lantai       
E. Level       

40. Kedudukan pemain , gerak pemain dari satu tempat ke tempat lain disebut..
A. Setting
B. Blocking
C. Balancing
D. Property
E. Desain lantai


Demikianlah postingan mengenai Soal latihan USBN Sekolah Menengah kejuruan Mata Pelajaran Seni Budaya Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru ini, mudah-mudahan berharga buat kawan prakata yang sedang mencari rujukan mengenai soal2 dari mata pelajaran Seni Budaya, Mohon Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pengerjaan soal ataupun jawabannya Silahkan untuk dikoreksi, lantaran intinya kita sama2 belajar. mudah-mudahan bisa berharga dan bisa digunakan selaku materi untuk belajar. Terima Kasih   

Sumber http://prakatakita.blogspot.com/