#Soal Latihan Usbn Sejarah Smk/Sma Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru
Ilmu merupakan wawasan yang sudah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan wawasan merupakan pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis lantaran belum dicoba dan diuji.
Dalam konteks akademis atau profesional, cobaan (atau cobaan untuk pendek) merupakan tes yang berencana untuk menyeleksi kesanggupan seorang mahasiswa atau kandidat dokter. Biasanya cobaan tes tertulis, walaupun beberapa mungkin gampang atau komponen praktis, dan sungguh bervariasi dalam struktur, isi dan kesusahan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.
Seseorang yang melalui cobaan mendapatkan ijazah, suatu surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif merupakan cobaan di mana pelamar berkompetisi untuk sejumlah posisi, selaku musuh cuma mesti meraih tingkat tertentu untuk lulus.
Sebagaimana yang kita pahami setiap siswa yang berada di tingkat pendidikan formal niscaya akan mengahadapi yang namanya Ujian selaku bentuk tes terhadap para siswa untuk mengukur sejauh mana kesanggupan siswa tersebut dalam mengerti pelajaran yang sudah di sampaikan oleh para guru, sehingga nantinya akan di sanggup hasil selaku materi penilaian untuk memperbaiki kesanggupan siswa ketingkat yang lebih baik lagi.
Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau biasa disingkat USBN merupakan metode penilaian patokan pendidikan dasar dan menengah secara nasional untuk meningkatakan persamaan kualitas tingkat pendidikan antar kawasan yang ditangani oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia menurut Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian kualitas pendidikan secara nasional ditangani penilaian selaku bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan terhadap pihak-pihak yang berkepentingan.
Lebih lanjut dinyatakan bahwa penilaian ditangani oleh forum yang sanggup berdiri diatas kaki sendiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menganggap pencapaian patokan nasional pendidikan dan proses pemantauan penilaian tersebut mesti ditangani secara berkesinambungan.
Proses pemantauan penilaian tersebut ditangani secara terus menerus dan berkelanjutan pada kesudahannya akan sanggup membereskan kualitas pendidikan. Pembenahan kualitas pendidikan dimulai dengan penentuan standar.
Penentuan patokan yang terus bertambah diperlukan akan mendorong kenaikan kualitas pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan patokan pendidikan merupakan penentuan nilai batas (cut off score).
Seseorang dibilang sudah lulus/kompeten bila sudah melalui nilai batas tersebut berupa nilai batas antara akseptor didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan akseptor didik yang belum menguasai kompetensi tertentu.
Bila itu terjadi pada cobaan nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara akseptor didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, kesibukan penentuan batas kelulusan disebut standard setting.
Manfaat pengaturan patokan cobaan selesai :
Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau biasa disingkat USBN merupakan metode penilaian patokan pendidikan dasar dan menengah secara nasional untuk meningkatakan persamaan kualitas tingkat pendidikan antar kawasan yang ditangani oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia menurut Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian kualitas pendidikan secara nasional ditangani penilaian selaku bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan terhadap pihak-pihak yang berkepentingan.
Lebih lanjut dinyatakan bahwa penilaian ditangani oleh forum yang sanggup berdiri diatas kaki sendiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menganggap pencapaian patokan nasional pendidikan dan proses pemantauan penilaian tersebut mesti ditangani secara berkesinambungan.
Proses pemantauan penilaian tersebut ditangani secara terus menerus dan berkelanjutan pada kesudahannya akan sanggup membereskan kualitas pendidikan. Pembenahan kualitas pendidikan dimulai dengan penentuan standar.
Penentuan patokan yang terus bertambah diperlukan akan mendorong kenaikan kualitas pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan patokan pendidikan merupakan penentuan nilai batas (cut off score).
Seseorang dibilang sudah lulus/kompeten bila sudah melalui nilai batas tersebut berupa nilai batas antara akseptor didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan akseptor didik yang belum menguasai kompetensi tertentu.
Bila itu terjadi pada cobaan nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara akseptor didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, kesibukan penentuan batas kelulusan disebut standard setting.
Manfaat pengaturan patokan cobaan selesai :
- Adanya batas kelulusan setiap mata pelajaran sesuai dengan permintaan kompetensi minimum.
- Adanya patokan yang serupa untuk setiap mata pelajaran selaku patokan minimum pencapaian kompetensi.
Maka menurut Hal tersebut pada postingan kali ini, saya akan menshare tentang Soal latihan USBN SMK/SMA Mata Pelajaran Sejarah Beserta Jawabannya Lengkap, Terbaru dengan jumlah 45 Soal. Dimana dalam soal latihan ini, yakni berupa 40 soal opsi ganda serta 5 soal essay dan pastinya sudah ditambahkan kunci jawabannya agar Sobat Prakata semua bisa lebih gampang Untuk menghafalnya dan juga bisa membuat acuan soal di saat akan melaksakan USBN tersebut nanti lantaran soal tersebut diambil menurut sumber dari buku mata pelajaran yang dipelajari di Sekolah pada umumnya.
Mungkin itu saja sedikit ulasan tentang isi postingan yang mau saya diskusikan kali ini, eksklusif saja kita menuju Soal latihan USBN SMK/SMA Mata Pelajaran Sejarah Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru berikut dibawah ini.
Soal latihan USBN SMK/SMA Mata Pelajaran Sejarah Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru
Adapun soal-soal USBN yang mau kita diskusikan pada mata pelajaran Sejarah ini selaku materi acuan di saat menghadapi Ujian Sekolah merupakan selaku berikut :
A. Soal Pilihan Ganda
1. Anthony H. Johns menyampaikan bahwa proses Islamisasi ditangani oleh para musafir dari Mekkah yang tiba ke Kepulauan Indonesia. Teori serupa juga diungkapkan oleh ….
A. Hoesein Djajadiningrat yang menyampaikan bahwa Islam berasal dari tanah kelahirannya
B. C. Snouck k Hurgronye yang didasarkan pada kerikil nisan Sultan Malik Al-Saleh
C. Buya Hamka (Haji Abdul Malik Karim Amrullah) yang menyampaikan bahwa Islam masuk sejak masa ke-7 M
D. J.P. Moquetta yang didasarkan pada kerikil nisan di Pasai dan makam Maulana Malik Ibrahim yang wafat tahun 1419 di Gresik
E. Hoesein Djajadiningrat yang didasarkan pada tradisi tabot di Pariaman
2. Jika diamati seni ukir sudah ada di Kepulauan Indonesia sejak usang tetapi masuknya dampak Islam sudah menjinjing dampak besar dalam perkembangan seni ukir. Mengapa demikian?
A. Perkembangan Islam di zaman madya memperbolehkan untuk melukis makhluk hidup
B. Pada zaman Islam madya para seniman meningkatkan seni ukir dengan motif daun-daunan dan bunga-bungaan
C. Para seniman menghasilkan asosiasi seniman kaligraf
D. Munculnya kreasi gres dengan menyamarkan lukisan makhluk hidup dan menyertakan abjad Arab
E. Pada masa sesudah zaman madya para seniman tidak leluasa meningkatkan kreasinya
3. Bukti bahwa toleransi beragama di Kerajaan Singosari berlangsung sungguh bagus merupakan ….
A. jenazah Kertanegara yang dicandikan di Candi Jawi dan Candi Singosari
B. tertulis dalam kitab Pararaton
C. terjadi sinkretisme antara agama Hindu dan Budha menjadi bentuk Syiwa Buddha
D. perkawinan antara Raja Jayasingawarman dengan kerabat wanita Kertanegara
E. dibangunnya suatu benteng di Canggu Lor
4. Selama periode Hindu-Buddha sudah terbentuk kekuatan besar Nusantara yang mempunyai kekuatan integrasi secara politik utamanya bila dihubungkan dengan kebesaran Kerajaan Sriwijaya, Singhasari dan Majapahit. Maksud dari kekuatan integrasi politik merupakan ....
A. kemampuan kerajaan tradisional dalam menguasai wilayah yang luas dan menempatkan kekuasaannya dalam kesatuan politik
B. pernyataan dari Mohammad Yamin yang menyampaikan bahwa ketiganya merupakan suatu bentuk negara nasional
C. kemampuan kerajaan tradisional untuk mengerjakan tawar menawar politik dengan kerajaan lain di luar Kepulauan Indonesia
D. ketiga kerajaan tersebut mempunyai ikatan koordinasi politik yang baik
E. kemampuan untuk menertibkan kerajaan-kerajaan kecil dan bisa melindungi kepentingan mereka
5. Salah satu bentuk akulturasi antara budaya Indonesia dengan budaya India pada bentuk bangunan candi terlihat dari ....
A. relief yang dilukiskan pada candi
B. arca atau patung yang terdapat di candi
C. bentuk stupa
D. bentuk candi yang berupa punden berundak
E. hiasan yang terdapat pada candi
6. Setelah Malaka jatuh ke tangan Portugis tahun 1911, terjadi pergantian jalur jual beli laut. Dampak dari pergantian tersebut merupakan ....
A. kedatangan pedagang dari Bengal, Turki, Arab, Persia, Gujarat, dan Siam di Aceh
B. munculnya jalur alternatif dengan melintasi pantai barat Sumatra ke Selat Sunda
C. munculnya jalur alternatif dengan melintasi pantai timur Sumatra ke Selat Sunda
D. munculnya pelabuhan mediator gres di Celebes dan Borneo
E. terjadi kenaikan kekerabatan jualan dengan bangsa Barat
7. Pada masa kekuasaan Sultan Agung, Kerajaan Mataram mengalami masa keemasan utamanya dalam bidang budaya. Sultan Agung disebut selaku seorang budayawan, lantaran ...
A. Sultan Agung menggabungkan unsur-unsur budaya Islam dengan budaya Hindu-Buddha
B. Sultan Agung merupakan seorang panatagama
C. Sultan Agung menyelenggarakan peringatan sekaten untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW
D. Sultan Agung menggabungkan unsur-unsur budaya setempat dengan budaya Barat
E. Sultan Agung menerapkan kehidupan penduduk yang bersifat feodal
8. Sultan Ageng Tirtayasa merupakan sosok raja yang sanggup menjinjing Kerajaan Banten mengalami kemajuan. Nilai karakter apa yang menonjol dari Sultan Ageng Tirtayasa?
A. Toleransi beragama
B. Sifat welas asih
C. Kedermawanan yang tinggi
D. Anti kekuasaan asing
E. Rela berkorban
9. Berdasarkan bukti sejarah, Islam sudah masuk ke Papua pada pertengahan masa ke-15. Teori yang menyampaikan proses Islamisasi di Papua utamanya di pesisir barat disebarkan oleh ....
A. teori yang menyampaikan Islam tiba disebarkan oleh mubaligh asal Aceh
B. teori yang menyampaikan Islam mulai diperkenalkan oleh Syarif Muaz Al-Qathan
C. teori yang menyampaikan bahwa Islam dikembangkan oleh pedagang-pedagang Bugis
D. teori yang menyampaikan Islam di Papua berasal dari Bacan
E. teori yang menyampaikan bahwa Islam di Papua berasal dari Maluku
10. Ancaman disintegrasi dan perpecahan akan menyebabkan suatu negara mengalami kehancuran menyerupai yang menjadi salah satu penyebab kemunduran Kerajaan Majapahit yaitu
A. Perang Paregrek
B. semakin meluasnya dampak Islam
C. Perang Bubat
D. wafatnya Gajah Mada
E. terjadinya kejadian alam
11. Tujuan pemerintah kolonial Belanda mengerjakan metode tanam paksa merupakan ....
A. mengisi kekosongan kas bangsa Indonesia
B. meningkatkan bikinan barang ekspor
C. mengatasi kesusahan keuangan kerajaan Belanda
D. membiayai perang yang ditangani oleh Belanda
E. mengenalkan tanaman ekspor di Indonesia
12. Raja Banten yang gigih menentang VOC merupakan ....
A. Sultan Haji
B. Sultan Abdul Mufakir
C. Sultan Ageng Tirtayasa
D. Sultan Maulana Muhammad
E. Sultan Hasanudin
13. Raja berikut ini pernah mengerjakan perlawanan terhadap pemerintahan Raffles ialah......
A. Sultan Hamengkubuwono I
B. Sultan Hamengkubuwono II
C. Susuhunan Amangkurat I
D. Susuhunan Amangkurat II
E. Raden Mas Said
14. Gubernur Jenderal Belanda yang diperintahkan Prancis di Indonesia adalah.....
A. Herman Willem Daendels
B. Louis Napoleon
C. Napoleon Bonaparte
D. Francis Drake
E. Thomas Stamford Raffles
15. Berikut ini suasana di Eropa yang mempengaruhi kemunculan bangsa Barat ke dunia Timur, yaitu....
A. jatuhnya kota Konstantinopel
B. masuknya paham merkantilisme
C. jatuhnya kota Lisabon ke tangan Spanyol
D. adanya perang Salib
E. terjadinya Revolusi Prancis
16. Penyambungan jalan raya dari Anyer hingga Panarukan pada masa Kolonial berencana untuk .....
A. memperlancar perdagangan
B. memperlancar kemudian lintas umum
C. tempat proteksi dan pelarian
D. mempermudah pergerakan pasukan
E. menyiapkan kemunculan Napoleon Bonaparte
17. Belanda berusaha menguasai Bali dengan menyerang pertama kali Kerajaan....
A. Buleleng
B. Klungkung
C. Badung
D. Menglui
E. Gilariya
18. Motivasi kemunculan bangsa Eropa ke Dunia Timur sanggup diungkapkan lewat slogan berikut ini.........
A. Vini, Vidi, Vici
B. Liberte, Egalitee, Franternite
C. Gold, Gospel, Glory
D. Kolonialisme, Imperialisme, Monopolisme
E. Devide et Impera, Pak Mcdorlandica
19. Beberapa aspek keberanian bangsa Eropa mengerjakan pelayaran ke dunia Timur di bawah ini, kecuali .........
A. diciptakannya konpas selaku penanda arah
B. adanya teori dari Paus bahwa bumi itu datar
C. maju dan berkembangnya ilmu perbintangan dan cuaca
D. jatuhnya Constantinopel ke tangan Islam Turki
E. ditemukannya jalur pelayaran ke Asia oleh Vasco da Gama
20. Latar belakang dan factor pendorong kemunculan bangsa bangsa Eropa ke Asia merupakan selaku berikut, kecuali ........
A. Penemuan mesin uap oleh James Watt
B. Keinginan memperoleh kawasan asal rempah-rempah
C. Keinginan menunjukan teori Copernicus bahwa bumi bulat
D. Rasa terpesona terhadap buku karya Marcopolo berjudul Imago Mundi yang menceritakan kesuburan Asia
E. Runtuhnya Konstamtinopel ke tangan bangsa Turki yang menyebabkan terputusnya kekerabatan jualan Asia-Eropa
21. Agar VOC leluasa dalam mengerjakan tugasnya, pemerintah Belanda menyediakan hak-hak istimewa terhadap VOC yang termasuk hak-hak selaku berikut, kecuali........
A. memiliki prajurit sendiri
B. mencetak duit sendiri
C. menyatakan perang dan damai
D. mengangkat dan memberhentikan pegawai
E. mendirikan Negara merdeka di seberang lautan
22. Hak VOC untuk menebang tanaman rempah-rempah di Maluku biar harganya stabil disebut....
A. Eksterpasi
B. Contingenten
C. Ponale Sanctie
D. Pelayaran Hongi
E. Verplihte Leverantie
23. Sistem tanam paksa yang disarankan Van Den Bosch didorong oleh hal-hal selaku berikut, kecuali.......
A. Kas Negara yang kosong
B. Utang mancanegara yang berat
C. Perang yang mengkonsumsi ongkos besar
D. Pemasukan duit dari penanaman kopi tidak banyak
E. Keinginan para bupati untuk mendapatkan culture procenten
24. Kebijakan ekonomi merkantilisme yang dipraktekkan negara-negara Eropa pada masa pertengahan menetapkan patokan devisa berupa...
A. Rempah-rempah
B. Batu-batuan
C. Mutiara
D. Berlian
E. Emas dan mutiara
25. Perjanjian yang dibentuk antara Portugis dan Spanyol untuk mengakhiri pertikaian mereka di Maluku yakni perjanjian ........
A. Tordesilas
B. Saragosa
C. Tuntang
D. Bongaya
E. Giyanti
26. Salah satu aspek pesatnya tradisi dan aliran Islam meningkat di Pulau Jawa adalah....
A. Rakyat Pulau Jawa dengan gampang dan tanpa bimbang memeluk Islam
B. Rakyat Pulau Jawa mengikuti apapun agama yang dipeluk rajanya
C. Peran Wali Songo dalam meningkatkan Islam
D. Penyebaran Islam lewat pemaksaan
E. Upacara keagamaan Islam sungguh kompleks
27. terjadinya perang kerabat di Banten disebabkan oleh..........
A. Terjadinya perebutan tahta
B. Adanya perbedaan paham antara Sultan Ageng dengan Sultan Haji
C. Adanya rasa tidak puas dari golongan Mangkubumi
D. Kekhawatiran Belanada dengan kebesaran Kerajaan Banten
E. Karena pelaksanaan politik mencerai-beraikan Belanda
28. Kerajaan Mataram meraih kejayaanya pada masa pemerintah raja?
A. Sultan Agung
B. Mas Jolang
C. Martapura
D. Amangkurat I
E. Amangkurat II
29. dibawah ini merupakan isi Perjanjian Bongaya (1667 M) , kecuali...
A. VOC memperoleh hak monopoli jualan di Makassar
B. VOC mendirikan benteng di Makassar
C. Makassar melepaskan kawasan kekuasannya menyerupai Bone dan pulau-pulau di luar Makassar
D. Arung Palaka diakui selaku Raja Bone
E. Makassar selaku kerajaan yang berdaulat penuh
30. Terjadinya pertikaian bangsa Spanyol dan bangsa Portugis di Maluku, membuat diadakannya Perjanjian Saragosa dengan tujuan....
A. Membagi kawasan Maluku menjadi dua kekuasaan
B. Kedua bangsa tersebut sanggup berbelanja rempah-rempah Maluku
C. Meningkatkan kekerabatan kedua bangsa tersebut
D. Menetukan batas dampak dari kedua bangsa tersebut
E. Kedua bangsa tersebut diperintahkan untuk meningkatkan agama yang diantunya
31. Kabinet wilopo terpaksa mesti menyerahkan kembali mandatnya lantaran dianggap tidak sanggup mengakhiri insiden tujuan morawa, yakni insiden bentrok yang terjadi antara polisi dengan ....
A. Masyarakat setempat & para pegawanegeri desa
B. Para kepala desa yang berargumentasi melindungi rakyat
C. Para pegawanegeri desa yang bergabung dalam organisasi petani
D. Petani penggarap lahan milik pemerintah
E. Petani yangmilik sendiri
32. Pelaksanaan pertemuan Asia-Afrika di Bandung sukses diselenggarakan pada masa perdana menteri.....
A. Burhanuddin Harahap
B. Muhammad Hatta
C. Amir Syarifudin
D. Ali Sastroamijoyo
E. Natsir
33. Meskipun suasana politik pada masa demokrasi liberal condong tidak stabil , tetapi masa kebinet Burhanudin Harapan pemerintah indonesia sukses menylenggarakan......
A. Pemilihan Umum
B. Konferensi Inter Indonesia
C. Politik Konfrontasi dengan Malaysia
D. Sidang Konsitituante
E. Konferensi Asia-Afrika
34. Sumitro Djojohadikusumo merupakan spesialis ekonomi yang sukses menyeleksi metode ekonomi....
A. Nasional
B. Karakyatan
C. Etatisme
D. Republik
E. Negara kesatuan
35. Salah satu aspek yang menjadi penyebab kegagalan pelaksanaan jadwal ekonomi benteng dalam upaya memperbaiki perekonomian nasional merupakan ...
A. Terbatasnya kredit pemerintah
B. Banyaknya perusahan swasta yang fiktif
C. Penyaluran kredit yang senantiasa terhambat
D. Kredit cuma dirasakan oleh para usahawan kaya
E. Pengusaha pribumi cepat ingin menikmati laba & konsumtif
36. Program perbaikan ekonomi lainya yang ditangani pemerintah pada masa demokrasi liberal merupakan jadwal ekonomi Ali-Baba . kata Ali mereprentasikan.....
A. Pribumi yang melakukan pekerjaan pada penguasa etnis tiongkok
B. Etnis arab yang mempunyai modal usaha
C. Para usahawan peribumi
D. Pribumi yang menyelenggarakan usaha barang-barang impor
E. Pribumi yang mempunyai modal untuk usaha
37. Kasus pemberian ekonomi dan persenjataan militer amerika menyebabkan adanya tuduhan terhadap pemerintahan dalam pelaksanaan politik luar negeri, Indonesia lebih condong ke blok barat yang terjadi pada masa kabinet ....
A. Syahrir
B. Hatta
C. Ali Sastroamijoyo II
D. Wilopo
E. Sukiman
38. Pada masa demokrasi terpimpin terdapat partai politik besar yang berkuasa dalam kabinet,yang tidak tergolong selaku partai besar tersebut merupakan ...
A. Nahdatul Ulama
B. Majelis Syuro Muslim indonesia
C. Partai Sosialis Indonesia
D. Partai Nasional Indonesia
E. Partai Komunis Indonesia
39. Pada pelaksanan demokrasi terpimpin walaupun secara normatif kedaulatan rakyat dilaksanakan sepenuhnya oleh MPR, tetapi kenyataannya kekuasaan sepenuhnya berada ditangan ....
A. Perdana menteri
B. Presiden
C. Ketua MPR
D. Perwakilan partai politik terbesar
E. Wakil presiden
40. Pada masa demokrasi terpimpin, selain memperoleh sokongan besar lengan berkuasa dari angkatan darat , presiden juga memperoleh sokongan sarat dari ....
A. Partai komunis indonesia
B. Partai nasional indonesia
C. Nahdatul ulama
D. Masyumi
E. Partai sosialis indonesia
41. Dalam suasana yang berlawanan dalam keadaan yang tidak mampu, presiden kemudian menunjuk ............. untuk membantunya membentuk kabinet gres .
A. Mohammad hatta
B. Syahrir
C. Djuanda
D. Soekiman
E. Wiolop
42. Salah satu jadwal dari kabinet karya merupakan membentuk dewan nasional yang berencana .....
A. Menggabungkan seluruh kekuatan nasional yang prointegrasi
B. Membangun perekonomian negara biar lebih merata
C. Memilih orang-orang nonpartai untuk menjadi mentri
D. Membentuk kabinet luar biasa atau zaken kabinet
E. Menampung dan menyalurkan aspirasi penduduk daerah
43. Gerakan separatisme yang timbul pada antara 1950-1958 menjadi besar lengan berkuasa lantaran .........
A. Mendapat pemberian persenjataan dari luar negeri
B. Pemerintah sentra lambat dalam bertindak menumpas gerakan
C. Para politis lebih mementingkan kepetinagan golongan/partai
D. Mendapat sokongan dari para pengusaha
E. Negara tidak mempunyai kekuatan untuk menghentikan gerakan
44. Para mantan anggota pasukan Belanda yang tergabung dalam KL dan KNIL turut serta menolong gerakan separatisme alasannya .............
A. Keahlian bertempur mereka sungguh dibutuhkan
B. Mereka tak ingin kembali ke negara asalnya
C. Merasa tidak mempunyai kepastian akan setatus mereka sesudah KMB
D. Mereka dijanjikan untuk memperoleh honor yang tinggi
E. Persenjataan mereka lebih terbaru & lengkap
45. Abdul Hasir Nasution selain dianggap selaku perwira senior yang berjasa dalam menumpas pemberontakan , juga dipahami mempunyai keahlian dalam .....
A. Hukum militer
B. Perang gerilya
C. Menggunakan senjata
D. Strategi perang
E. Hukum internasional
46. Pembrontakan yang dipimpin oleh Westerling , Andi Aziz, dan Soumokil dilatarbelakangi oleh kendala pokok , yakni kehendak mereka untuk .....
A. Mempertahankan bentuk negara fedral di indonesia
B. Menjadi pasukan penjagaan sendiri di wilyah konflik
C. Mempunyai pemerintahan sendiri di wilayah konflik
D. Tidak bergabung dengan negara Indonesia Timur
E. Memperoleh status kemiliteran yang terperinci dalam NKRI
47. Tokoh belanda yang menganjurkan pembentukan Negara Republik Indonesia Serikat adalah......
A. Ventje Sumual
B. Westerling
C. Dr. Soumokil
D. Howard Wrignis
E. Wiedenreich
48. Berkat usaha sejumlah tokoh dalam merealisasikan intergrasi nasional , Indonesia kesudahannya kembali menjadi negara kesatuan republik indonesia pada ......
A. 17 Agustus 1949
B. 17 Agustus 1950
C. 18 Agustus 1949
D. 18 Agustus 1950
E. 19 Agustus 1949
49. Setelah lewat pemerintahan sementara PBB dan UNTEA, bendera Merah Putih sanggup dikibarkan di Irian Barat pada ......
A. 1961
B. 1962
C. 1963
D. 1964
E. 1965
50. Setelah adanya dekrit presiden 5 Juli 1959 metode pemerintahan yang berlaku di Indonesia merupakan .....
A. Demokrasi pancasila
B. Demokrasi terpimpin
C. Demokrasi liberal
D. Demokrasi gabungan
E. Demokrasi presidensil
B. Soal Essay
51. Salah satu berkembangnya pelabuhan banten makasar dan aceh merupakan lantaran adanya insiden ?
Jawab : Jatuhnya Malaka ke tangan Portugis tahun 1511
52. Tujuan kerajaan Demak mengirim fatahilah ke jawa barat merupakan untuk...
Jawab : Menghalangi kekerabatan antara Bangsa Portugis dengan penjajahan
53. Faktor utama yang menyebabkan agama islam sanggup diterima dan meningkat pesat lantaran ....
Jawab : Islam tidak menggolongkan masyarakatnya menurut kasta
54. Program perbaikan ekonomi nasional yang dirancang pada masa Kabinet Natsir disebut dengan jadwal ....
Jawab : Kabineet Benteng
55. Ketika Yogyakarta diserbu oleh Belanda dan para pimpinan pemerintah ditangkap dan dipenjarakan, sentra pemerintahan dipindahkan ke Bukit Tinggi yang kemudian dipahami dengan nama....
Jawab : Republik Indonesia Serikat
Demikianlah postingan tentang Soal latihan USBN Sekolah Menengah kejuruan Mata Pelajaran Sejarah Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru ini, mudah-mudahan berharga buat teman dekat prakata yang sedang mencari acuan tentang soal2 dari mata pelajaran Sejarah, Mohon Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pengerjaan soal ataupun jawabannya Silahkan untuk dikoreksi, lantaran intinya kita sama2 belajar. mudah-mudahan bisa berharga dan bisa digunakan selaku materi untuk belajar. Terima Kasih