#Soal Latihan Usbn Pjok Smk/Sma Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru
Ilmu yakni wawasan yang sudah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan wawasan yakni pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis lantaran belum dicoba dan diuji.
Dalam konteks akademis atau profesional, cobaan (atau cobaan untuk pendek) yakni tes yang berniat untuk menyeleksi kesanggupan seorang mahasiswa atau kandidat dokter. Biasanya cobaan tes tertulis, meskipun beberapa mungkin simpel atau unsur praktis, dan sungguh beraneka ragam dalam struktur, isi dan kesusahan tergantung pada subjek, golongan usia orang yang diuji dan profesi.
Seseorang yang melalui cobaan menerima ijazah, suatu surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif yakni cobaan di mana pelamar berkompetisi untuk sejumlah posisi, selaku musuh cuma mesti meraih tingkat tertentu untuk lulus.
Sebagaimana yang kita pahami setiap siswa yang berada di tingkat pendidikan formal niscaya akan mengahadapi yang namanya Ujian selaku bentuk tes terhadap para siswa untuk mengukur sejauh mana kesanggupan siswa tersebut dalam mengerti pelajaran yang sudah di sampaikan oleh para guru, sehingga nantinya akan di sanggup hasil selaku materi penilaian untuk memperbaiki kesanggupan siswa ketingkat yang lebih baik lagi.
Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau biasa disingkat USBN yakni metode penilaian tolok ukur pendidikan dasar dan menengah secara nasional untuk meningkatakan persamaan kualitas tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia menurut Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian kualitas pendidikan secara nasional dilakukan penilaian selaku bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan terhadap pihak-pihak yang berkepentingan.
Lebih lanjut dinyatakan bahwa penilaian dilakukan oleh forum yang sanggup bangkit diatas kaki sendiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menganggap pencapaian tolok ukur nasional pendidikan dan proses pemantauan penilaian tersebut mesti dilakukan secara berkesinambungan.
Proses pemantauan penilaian tersebut dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan pada alhasil akan sanggup merapikan kualitas pendidikan. Pembenahan kualitas pendidikan dimulai dengan penentuan standar.
Penentuan tolok ukur yang terus bertambah dibutuhkan akan mendorong kenaikan kualitas pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan tolok ukur pendidikan yakni penentuan nilai batas (cut off score).
Seseorang dibilang sudah lulus/kompeten bila sudah melalui nilai batas tersebut berupa nilai batas antara akseptor didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan akseptor didik yang belum menguasai kompetensi tertentu.
Bila itu terjadi pada cobaan nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara akseptor didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, kegiatan penentuan batas kelulusan disebut standard setting.
Manfaat pengaturan tolok ukur cobaan tamat :
Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau biasa disingkat USBN yakni metode penilaian tolok ukur pendidikan dasar dan menengah secara nasional untuk meningkatakan persamaan kualitas tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia menurut Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian kualitas pendidikan secara nasional dilakukan penilaian selaku bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan terhadap pihak-pihak yang berkepentingan.
Lebih lanjut dinyatakan bahwa penilaian dilakukan oleh forum yang sanggup bangkit diatas kaki sendiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menganggap pencapaian tolok ukur nasional pendidikan dan proses pemantauan penilaian tersebut mesti dilakukan secara berkesinambungan.
Proses pemantauan penilaian tersebut dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan pada alhasil akan sanggup merapikan kualitas pendidikan. Pembenahan kualitas pendidikan dimulai dengan penentuan standar.
Penentuan tolok ukur yang terus bertambah dibutuhkan akan mendorong kenaikan kualitas pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan tolok ukur pendidikan yakni penentuan nilai batas (cut off score).
Seseorang dibilang sudah lulus/kompeten bila sudah melalui nilai batas tersebut berupa nilai batas antara akseptor didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan akseptor didik yang belum menguasai kompetensi tertentu.
Bila itu terjadi pada cobaan nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara akseptor didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, kegiatan penentuan batas kelulusan disebut standard setting.
Manfaat pengaturan tolok ukur cobaan tamat :
- Adanya batas kelulusan setiap mata pelajaran sesuai dengan permintaan kompetensi minimum.
- Adanya tolok ukur yang serupa untuk setiap mata pelajaran selaku tolok ukur minimum pencapaian kompetensi.
Maka menurut Hal tersebut pada postingan kali ini, saya akan menshare perihal Soal latihan USBN SMK/SMA Mata Pelajaran PJOK Beserta Jawabannya Lengkap, Terbaru dengan jumlah 45 Soal. Dimana dalam soal latihan ini, yakni berupa 40 soal opsi ganda serta 5 soal essay dan pastinya sudah ditambahkan kunci jawabannya agar Sobat Prakata semua bisa lebih gampang Untuk menghafalnya dan juga bisa membuat rujukan soal di saat akan melaksakan USBN tersebut nanti lantaran soal tersebut diambil menurut sumber dari buku mata pelajaran yang dipelajari di Sekolah pada umumnya.
Mungkin itu saja sedikit ulasan perihal isi postingan yang mau saya diskusikan kali ini, pribadi saja kita menuju Soal latihan USBN SMK/SMA Mata Pelajaran PJOK Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru berikut dibawah ini.
Soal latihan USBN SMK/SMA Mata Pelajaran PJOK Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru
Adapun soal-soal USBN yang mau kita diskusikan pada mata pelajaran PJOK ini selaku materi rujukan di saat menghadapi Ujian Sekolah yakni selaku berikut :
A. Soal Pilihan Ganda
1. Awal dimulainya pertarungan basket ditandai dengan ….
A. lemparan ke dalam dari garis samping
B. lemparan ke dalam dari garis belakang
C. kick off
D. jump ball
E. lemparan bebas
D. jump ball
E. lemparan bebas
2. Suatu serangan yang dilakukan secara bersamaan dan secara tiba-tiba pada permainan basket disebut ….
A. fast break
B. set offence
C. doble pivot offence
D. shufel
E. finishing tought
D. shufel
E. finishing tought
3. Chest pass yakni salah satu teknik dasar dari permaianan basket yang artinya ….
A. menggiring bola
B. operan setinggi dada
C. memutar ke segala arah
D. menembak ke ring
E. operan pantulan
D. menembak ke ring
E. operan pantulan
4. Dalam melaksanakan lay up shoot seorang pemain basket boleh melaksanakan langkah optimal sebanyak….
A. 1 langkah
B. 2 langkah
C. 3 langkah
D. 4 langkah
E. 5 langkah
D. 4 langkah
E. 5 langkah
5. Nilai yang diperoleh hasil dari serangan yang ditembak dari daerah bertahan musuh pada permainan basket yakni ….
A. 3 angka
B. 4 angka
C. 5 angka
D. 1 angka
E. 2 angka
D. 1 angka
E. 2 angka
6. Berikut ini yakni tiga tahapan secara urut dalam menjalankan jadwal latihan fisik,yaitu…
A. latihan inti, pemanasan,penenangan
B. pemanasan, penenangan, latihan inti
C. pemanasan, latihan inti, penenangan
D. latihan inti, penenangan, pemanasan
E. penenangan, pemanasan, latihan inti
D. latihan inti, penenangan, pemanasan
E. penenangan, pemanasan, latihan inti
7. Yang dimaksud dengan kebugaran jasmani yakni ....
A. setelah mencar ilmu tidak merasa lelah
B. kemampuan untuk melaksanakan kegiatan jasmani
C. kesanggupan jasmani dalam segala kegiatan olahraga
D. suatu kerja keras optimal yang dilakukan oleh otot
E. kesanggupan melaksanakan aktifitas fisik tanpa menyebabkan capek yang berarti
8. Pertandingan pencak silat dilaksanakan dalam ....
A. 1 babak
B. 2 babak
C. 3 babak
D. 4 babak
E. 5 babak
D. 4 babak
E. 5 babak
9. Gerakan melaksanakan senam dasar sit- up untuk melatih otot ....
A. perut
B. kaki
C. lengan
D. tangan
E. leher
D. tangan
E. leher
10. Di bawah ini yang tidak tergolong dalam cara penularan penyakit AIDS ….
A. pemakaian jarum suntik bergantian
B. tranfusi darah
C. hubungan seks
D. makan bareng penderita
E. bayi yang dilahirkan oleh penderita aids
D. makan bareng penderita
E. bayi yang dilahirkan oleh penderita aids
11. Makanan sehari hari mesti menyanggupi unsur empat sehat lima sempurna, selaku unsur sempurnanya yakni ....
A. susu
B. sayur
C. buah
D. nasi
E. lauk
D. nasi
E. lauk
12. Faktor berikut yang tidak mempengaruhi terhadap keperluan kalori pada insan yakni ....
A. berat badan
B. tempat tinggal
C. jenis kelamin
D. jenis aktivitas
E. usia
D. jenis aktivitas
E. usia
13. Berikut ini yang tidak tergolong sasaran kerja keras kesehatan sekolah yakni ....
A. siswa
B. karyawan
C. kepala sekolah
D. guru
E. orang bau tanah siswa
D. guru
E. orang bau tanah siswa
14. Penyakit sifiliis disebabkan oleh sejenis basil yang disebut ....
A. HIV
B. gonococus
C. spirohaecta pallida
D. gonocuc
E. servic
D. gonocuc
E. servic
15. Penyakit sifilis yang diderita seorang ibu hamil akan sanggup menular terhadap bayi yang dikandungnya, efek terhadap bayi yakni ....
A. sifilis turunan
B. kebutaan
C. kebutaan
D. cacat seumur hidup
E. cacat mental
D. cacat seumur hidup
E. cacat mental
16. Sistim pertarungan dimana setiap yang kalah pribadi out yakni sistim ….
A. gugur tunggal
B. gugur rangkap
C. round robin
D. setengah kompetisi
E. kompetisi penuh
D. setengah kompetisi
E. kompetisi penuh
17. Liga sepak bola di seluruh dunia dimana setiap tim akan saling berhadapan dengan tim yang yang lain sebanyak dua kali konferensi ini menggunakan sistim pertarungan ….
A. gugur tunggal
B. setengah kompetisi
B. setengah kompetisi
C. gugur rangkap
D. kompetisi penuh
D. kompetisi penuh
E. round robin
18. Jumlah akseptor turnamen sepak bola 20 peserta,jika menggunakan sistim Pertandingan Gugur Tunggal, maka jumlah pertarungan segalanya yakni ….
A. 18 pertandingan
B. 38 pertandingan
B. 38 pertandingan
C. 19 pertandingan
D. 40 pertandingan
D. 40 pertandingan
E. 20 pertandingan
19. Jumlah akseptor pertarungan bola voli 20 team, bila menggunakan sistim gugur rangkap maka jumlah pertarungan segalanya ….
A. 18 pertandingan
B. 48 pertandingan
B. 48 pertandingan
C. 28 pertandingan
D. 58 pertandingan
D. 58 pertandingan
E. 38 pertandingan
20. Jumlah akseptor pertarungan bola basket 20 regu, bila digunakan system pertarungan setengah kompetisi, maka jumlah pertandinga segalanya ….
A. 19 pertandingan
B. 190 pertandingan
B. 190 pertandingan
C. 20 pertandingan
D. 380 pertandingan
D. 380 pertandingan
E. 40 pertandingan
21. Jumlah akseptor pertarungan bulu tangkis, 20 orang, bila pertarungan dilaksanakan dengan menggunakan sistim persaingan penuh, maka jumlah pertarungan segalanya …
A. 20 pertandingan
B. 40 pertandingan
C. 380 pertandingan
C. 380 pertandingan
D. 80 pertandingan
E. 190 pertarungan
E. 190 pertarungan
22. Dalam pertarungan futsal yang resmi, dilakukan dua babak dengan waktu ....
A. 2 x 10 menit
B. 2 x 15 menit
B. 2 x 15 menit
C. 2 x 45 menit
D. 2 x 20 menit
E. 2 x 35 menit
E. 2 x 35 menit
23. Back pass dengan sengaja menggunakan belahan kaki oleh seorang pemain sepak bola dan dipegang oleh kiper hukumannya berupa….
A. tendangan penalty
B. tendangan sudut
B. tendangan sudut
C. tendangan langsung
D. tendangan gawang
D. tendangan gawang
E. tendangan tidak langsung
24. Yang paling pokok dalam permainan sepak bola yakni ….
A. kemampuan pelatih
B. kemampuan individu pemain
B. kemampuan individu pemain
C. kerjasama team
D. kekokohan penjaga gawang
D. kekokohan penjaga gawang
E. keberuntungan
25. AIDS yakni penyakit kelamin yang menyerang….
A. alat kelamin pria
B. susunan syaraf
B. susunan syaraf
C. alat kelamin wanita
D. kelenjar
D. kelenjar
E. sistim kekebalan tubuh
26. Untuk menghin dari terjangkitnya penyakit AIDS sebiknya seorang remaja….
A. belajardengantekun
B. komunikasidenganpenderita
B. komunikasidenganpenderita
C. tidakmelakukanhubunganseksbebas
D menghormati orang tua
D menghormati orang tua
E. bergaulsewajarnya
27. Peraturan bola voli terbaru suatu tim dinyatakan menang pada setiap setnya, apabila menerima angka apalagi dulu sebanyak ….
A. 15 point
B. 21 point
B. 21 point
C. 20 point
D. 22 point
D. 22 point
E. 25 point
28. Yang dibilang over net pada permainan voli apabila ….
A. seorang pemain menjamah net
B. seorang pemain menjamah tiang
C. seorang pemain melaksanakan block
D. seorang pemain menghantam bola di daerah musuh tetapi itu haknya
E. seorang pemain menghantam bola di daerah musuh tetapi bukan haknya
29. Pada permainan bola voli terbaru ada ungkapan libero,yang dimaksud dengan pemain libero tersebut bertugas selaku pemain….
A. menyerang dan bertahan
B. penyerang
B. penyerang
C. bertahan
D. tukang servis
D. tukang servis
E. smasher
30. Lari estafet dalam satu timnya berjumlah ….
A. 2 orang
B. 4 orang
B. 4 orang
C. 3 orang
D. 5 orang
D. 5 orang
E. 7 orang
31. Daerah pergeseran tongkat pada lari estafet disebut ….
A. wezel zone
B. ching zone
B. ching zone
C. drive zone
D. visual zone
D. visual zone
E. marking zone
32. Seorang atlet lompat jangkit diberikan peluang melompat sebanyak tiga kali, maka cara penilaiannyaadalah ….
A. lompatan pertama yang dinilai
B. lompatan kedua yang dinilai
C. ketiga lompatan yang dinilai
D. lompatan yang terjauh yang dinilai
C. ketiga lompatan yang dinilai
D. lompatan yang terjauh yang dinilai
E. lompatan ketiga yang dinilai
33. Seorang pelompat jauh dinyatakan diskualifikasi apabila ....
A. menolak dengan kaki kanan
B. menolak diatas balok tumpuan
B. menolak diatas balok tumpuan
C. menolak dengan kaki kiri
D. mendarat kemudian tangan ke belakang
D. mendarat kemudian tangan ke belakang
E. menolak sesudah balok tumpuan
34. Hari Olahraga Nasional ( HAORNAS ) diperingati setiap tanggal . . . .
A. 19 September
B. 5 Oktober
B. 5 Oktober
C. 9 September
D. 28 Oktober
D. 28 Oktober
C. 30 September
35. Dalam menjalankan jadwal latihan fisik hal-hal yang tidak menjadi pertimbangan pelaksanaannya yakni ….
A. jenis kelamin
B. usia
B. usia
C. waktu
D. status sosial
D. status sosial
E. kondisi fisik
36. Pada senam aerobic untuk menghasilkan tubuh cepat berkeringat dan cocok untuk kaum muda, seharusnya melaksanakan jenis aerobic ….
A. Poweri nfact
B. Higt infact
B. Higt infact
C. low infact
D. stamina
D. stamina
E. middle infact
37. Sedangkan yang sesuai untuk kaum bau tanah aerobic berjenis ….
A. high infact
B. power infact
B. power infact
C. low infact
D. stamina
D. stamina
E. midle infac
38. Start yang digunakan dalam lari 200 meter yakni start....
A. jongkok
B. medium start
C. melayang
D. berdiri
E. long start
D. berdiri
E. long start
39. Sedangkan start yang digunakan untuk pelari ke dua dan seterusnya pada lari estafet 4 x 100 meter yakni ....
A. start jongkok
B. start berdiri
C. start melayang
D. medium start
E. long start
D. medium start
E. long start
40. Pesta olahraga bangsa-bangsa di seluruh dunia yang diselenggarakan 4 tahun sekali disebut ....
A. sea game
B. olympiade
B. olympiade
C. asian game
D. wold cup
D. wold cup
E. parade game
B. Soal Essay
41. Jelaskan 3 aspek penyebab maraknya seks bebas dewasa ini !
Jawab :
42. Jelaskan efek buruk seks bebas bagi remaja,sekurang-kurangnya 2 efek !
Jawab :
- Faktor penyebab seks bebas
- Tayangan televise/media elektronik yang tidak selektif
- Tampilan/konten di media social yang tidak disensor
- Pergaulan bebas
- Kontrol social (orangtua,masyarakat.lingkungan) yang terlalu permisif
42. Jelaskan efek buruk seks bebas bagi remaja,sekurang-kurangnya 2 efek !
Jawab :
- Penyalahgunaan Narkoba
- Dampak buruk Seks bebas bagi remaja
- Putus sekolah
- Menikah dini/Perkawinan Dini
- Rusaknya generasi
43. Jelaskan pemahaman HIV/AIDS dan cara penularannya !
Jawab :
Pengertian HIV/AIDS dan cara pencegahan
Jawab :
Pengertian HIV/AIDS dan cara pencegahan
- HIV yakni virus penyebab menurunnya tingkat kekebalan manusia
- AIDS yakni kumpulan tanda-tanda menurunnya kekebalan tubuh lantaran HIV
- Tidak melaksanakan seks bebas
- Tidak menggunakan jarum suntik secara bergantian
- Tidak menyalahgunakan narkoba dan zat yang lain
- Tidak menerima transfusi darah dari penderita AIDS
44. Jelaskan laba menjalankan contoh hidup sehat !
Jawab :
Jawab :
- Keuntungan menjalankan hidup sehat
- Menghindari terjadinya penyakit
- Meningkatkan taraf kecerdasan dan rohaniah
- Meningkatkan semangat beraktivitas
- Meningkatkan produktifitas sumber daya manuasi
45. Jelaskan kerugian tidak menjalankan contoh hidup sehat!
Jawab :
- Kerugian tidak menjalankan contoh hidup sehat
- Memicu terjadinya penyakit
- Menurunkan taraf kecerdasan dan rohaniah
- Menurunkan semangat beraktivitas
- Menurunkan produktifitas sumber daya manuasi
Demikianlah postingan perihal Soal latihan USBN Sekolah Menengah kejuruan Mata Pelajaran PJOK Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru ini, agar berfaedah buat kawan prakata yang sedang mencari rujukan perihal soal2 dari mata pelajaran PJOK, Mohon Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pengerjaan soal ataupun jawabannya Silahkan untuk dikoreksi, lantaran intinya kita sama2 belajar. agar bisa berfaedah dan bisa digunakan selaku materi untuk belajar. Terima Kasih