#Soal Latihan Usbn Matematika Smk/Sma Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru
Ilmu yakni wawasan yang sudah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan wawasan yakni pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis alasannya yakni belum dicoba dan diuji.
Dalam konteks akademis atau profesional, cobaan (atau cobaan untuk pendek) yakni tes yang berniat untuk menyeleksi kesanggupan seorang mahasiswa atau kandidat dokter. Biasanya cobaan tes tertulis, meskipun beberapa mungkin gampang atau komponen praktis, dan sungguh bermacam-macam dalam struktur, isi dan kesusahan tergantung pada subjek, golongan usia orang yang diuji dan profesi.
Seseorang yang melalui cobaan menemukan ijazah, suatu surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif yakni cobaan di mana pelamar berkompetisi untuk sejumlah posisi, selaku musuh cuma mesti meraih tingkat tertentu untuk lulus.
Sebagaimana yang kita pahami setiap siswa yang berada di tingkat pendidikan formal niscaya akan mengahadapi yang namanya Ujian selaku bentuk tes terhadap para siswa untuk mengukur sejauh mana kesanggupan siswa tersebut dalam mengetahui pelajaran yang sudah di sampaikan oleh para guru, sehingga nantinya akan di sanggup hasil selaku materi penilaian untuk memperbaiki kesanggupan siswa ketingkat yang lebih baik lagi.
Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau biasa disingkat USBN yakni metode penilaian persyaratan pendidikan dasar dan menengah secara nasional untuk meningkatakan persamaan kualitas tingkat pendidikan antar wilayah yang dijalankan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia menurut Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian kualitas pendidikan secara nasional dijalankan penilaian selaku bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan terhadap pihak-pihak yang berkepentingan.
Lebih lanjut dinyatakan bahwa penilaian dijalankan oleh forum yang berdikari secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menganggap pencapaian persyaratan nasional pendidikan dan proses pemantauan penilaian tersebut mesti dijalankan secara berkesinambungan.
Proses pemantauan penilaian tersebut dijalankan secara terus menerus dan berkelanjutan pada kesudahannya akan sanggup merapikan kualitas pendidikan. Pembenahan kualitas pendidikan dimulai dengan penentuan standar.
Penentuan persyaratan yang terus bertambah diinginkan akan mendorong kenaikan kualitas pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan persyaratan pendidikan yakni penentuan nilai batas (cut off score).
Seseorang dibilang sudah lulus/kompeten bila sudah melalui nilai batas tersebut berupa nilai batas antara penerima didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan penerima didik yang belum menguasai kompetensi tertentu.
Bila itu terjadi pada cobaan nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara penerima didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, kegiatan penentuan batas kelulusan disebut standard setting.
Manfaat pengaturan persyaratan cobaan tamat :
Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau biasa disingkat USBN yakni metode penilaian persyaratan pendidikan dasar dan menengah secara nasional untuk meningkatakan persamaan kualitas tingkat pendidikan antar wilayah yang dijalankan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia menurut Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian kualitas pendidikan secara nasional dijalankan penilaian selaku bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan terhadap pihak-pihak yang berkepentingan.
Lebih lanjut dinyatakan bahwa penilaian dijalankan oleh forum yang berdikari secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menganggap pencapaian persyaratan nasional pendidikan dan proses pemantauan penilaian tersebut mesti dijalankan secara berkesinambungan.
Proses pemantauan penilaian tersebut dijalankan secara terus menerus dan berkelanjutan pada kesudahannya akan sanggup merapikan kualitas pendidikan. Pembenahan kualitas pendidikan dimulai dengan penentuan standar.
Penentuan persyaratan yang terus bertambah diinginkan akan mendorong kenaikan kualitas pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan persyaratan pendidikan yakni penentuan nilai batas (cut off score).
Seseorang dibilang sudah lulus/kompeten bila sudah melalui nilai batas tersebut berupa nilai batas antara penerima didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan penerima didik yang belum menguasai kompetensi tertentu.
Bila itu terjadi pada cobaan nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara penerima didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, kegiatan penentuan batas kelulusan disebut standard setting.
Manfaat pengaturan persyaratan cobaan tamat :
- Adanya batas kelulusan setiap mata pelajaran sesuai dengan permintaan kompetensi minimum.
- Adanya persyaratan yang serupa untuk setiap mata pelajaran selaku persyaratan minimum pencapaian kompetensi.
Maka menurut Hal tersebut pada postingan kali ini, saya akan menshare tentang Soal latihan USBN SMK/SMA Mata Pelajaran Matematika Beserta Jawabannya Lengkap, Terbaru dengan jumlah 40 Soal. Dimana dalam soal latihan ini, yakni berupa soal opsi ganda dan pastinya sudah ditambahkan kunci jawabannya agar Sobat Prakata semua bisa lebih gampang Untuk menghafalnya dan juga bisa memicu rujukan soal dikala akan melaksakan USBN tersebut nanti alasannya yakni soal tersebut diambil menurut sumber dari buku mata pelajaran yang dipelajari di Sekolah pada umumnya.
Mungkin itu saja sedikit ulasan tentang isi postingan yang mau saya diskusikan kali ini, eksklusif saja kita menuju Soal latihan USBN SMK/SMA Mata Pelajaran Matematika Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru berikut dibawah ini.
Soal latihan USBN SMK/SMA Mata Pelajaran Matematika Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru
Adapun soal-soal USBN yang mau kita diskusikan pada mata pelajaran Matematika ini selaku materi rujukan dikala menghadapi Ujian Sekolah yakni selaku berikut :
1. Tika memasarkan 40 buah donat dengan harga Rp 3.000,00 setiap buah. Dari pemasaran donat tersebut Tika memperoleh untung 20%. Modal yang dikeluarkan Tika sebesar....
A. Rp 120.000,00
B. Rp 100.000,00
C. Rp 80.000,00
D. Rp 60.000,00
E. Rp 40.000,00
2. Suatu pekerjaan sanggup dituntaskan dalam waktu 9 bulan oleh 300 orang pekerja. Banyaknya aksesori pekerja yang diinginkan untuk mengakhiri pekerjaan tersebut dalam waktu 6 bulan adalah....
A. 100 orang
B. 125 orang
C. 150 orang
D. 200 orang
E. 250 orang
3. Jika a = 27 dan b = 32 ,maka nilai dari 3 (a1/3) x 4 b -2/5 adalah....
A. -25
B. -16
C. 9
D. 4
E. 26
4. Bentuk sederhana dari dari
5. Jika log 2 = a dan log 3 = b, maka log 54 dinyatakan dalam a dan b yakni ….
A. 3a + 4b
B. a -2b
C. a + 4b
D. a + 3b
E. 3b+ 2a
6. Himpunan Penyelesaian dari pertidaksamaan
7. Nilai x + y dari himpunan solusi 2x + y = 12 dan 3x – 2y = 25 adalah....
A. -5
B. 3
C. 5
D. 7
E. 9
8. Jika
9. Invers Matrik
10. Daerah solusi versi matematika yang ditunjukkan system pertidaksamaan:
yakni wilayah yang ditunjukkan oleh….
A. I C. III E. V
B. II D. IV
11. Daerah yang diarsir pada gambar berikut ini adalah
wilayah himpunan solusi permasalahan kegiatan linier. Nilai maksimum dari fungsi objektif f(x,y)=2x + 4y adalah….
A. 24 D. 38
B. 26 E. 42
C. 28
12. Suatu rombongan turis berisikan 18 orang akan bermalam diwisma yang mempunyai 2 tipe kamar. Tipe I ditempati 3 orang dan Tipe II ditempati 2 orang, sedangkan kamar yang tersedia cuma 7. Jika x menyatakan banyaknya kamar Tipe I dan y menyatakan kamar Tipe II, versi matematika dari problem tersebut adalah.....
13. Ingkaran dari kalimat “Jika ada siswa yang tiba telat maka fokus mencar ilmu didalam kelas terganggu” adalah....
A. Jika fokus mencar ilmu didalam kelas terusik maka ada siswa yang tiba terlambat
B. Sebagian siswa tiba telat maka fokus mencar ilmu didalam kelas terganggu
C. Jika sebagian siswa tiba telat maka fokus mencar ilmu didalam kelas terganggu
D. Jika fokus mencar ilmu didalam kelas tidak terusik maka semua siswa tidak tiba terlambat
E. Ada siswa tiba telat dan fokus mencar ilmu didalam kelas tidak terganggu
14. Kontraposisi dari pernyataan:”Jika ia tidak datang, maka saya pergi” adalah....
A. Jika ia datang, maka saya pergi
B. Jika ia tidak datang, maka saya tidak pergi
C. Jika ia tidak datang, maka saya pergi
D. Jika saya tidak pergi, maka ia datang
E. Jika ia datang, maka saya tidak pergi
15. Diketahui premis-premis selaku berikut:
P1 : Semua siswa Sekolah Menengah kejuruan melaksanakan Prakerin
P2 : Jhoni tidak melaksanakan Prakerin
Konklusi dari kedua premis diatas adalah....
A. Jhoni bukan siswa SMK
B. Jhoni tidak melaksanakan Prakerin
C. Semua siswa Sekolah Menengah kejuruan tidak melaksanakan Prakerin
D. Semua siswa Sekolah Menengah kejuruan melaksanakan Prakerin
E. Ada siswa Sekolah Menengah kejuruan yang melaksanakan Prakerin
16. Pada gambar dibawah ini jika BAC = 600 maka panjag garis AB yakni . . . cm
17. Koordinat kutub suatu titik A ( 4 , 45o ), Koordinat kartesiusnya yakni . . .
A. ( 2 , 2 ) C. ( 4 , 2√2 ) E. ( 1/2 ,2√2 )
B. ( 2 , 2√2 ) D. ( 2√2 , 2√2 )
18. Diketahui
19. Koordinat titik ekstrim grafik fungsi kuadrat f(x) = x2 + 6x + 9 adalah…
A. (-3, 0) C. (3, -1) E. (0, -3)
B. (-3, 1) D. (3, 0)
20. Persamaan dari fungsi kuadrat dibawah ini adalah…..
21. Diketahui barisan aritmatika suku ke-3 yakni 3 dan suku ke-8 yakni 13,maka nilai suku ke-50 dalah…
A. 65 C. 85 E. 99
B. 69 D. 97
22. Jumlah Deret Geometri tak hingga dari
23. Luas permukaan kerucut yang diameter alasnya 14 cm dan tingginya 24 cm adalah… cm2
A. 63 C. 704 E. 741
B. 86 D. 714
24. Volume suatu limas 720 cm3 dan alasnya berupa bujur sangkar, sedangkan tinggi limas 15 cm. Maka panjang segi alasnya.........
A. 4 C. 8 E. 12
B. 6 D. 10
25. Diketahui dua vector
A. 2 C. 6 E. 10
B. 4 D. 8
26. Jika sudut antara vektor
27. Dari 7 orang kandidat pengelola osis diseleksi 3 orang untuk mengisi jabatan ketua, sekretaris, dan bendahara. Maka banyak cara pemilihannya yakni . . .
A. 120 C. 180 E. 225
B. 160 D. 210
28. Dari tiga orang pemain tenis meja , akan dibikin pemain ganda. Jumlah pemain ganda yang mungkin dibikin dari ketiga orang tersebut yakni . . .
A. 4 C. 1 E. 3
B. 5 D. 2
29. Pada pelemparan 2 buah dadu, kesempatan muncul mata dadu berjumlah 6 atau 9 yakni …
30. Perhatikan gambar berikut ini :
Data pada gambar yakni cara dari 180 siswa pergi ke sekolah. Banyaknya siswa yang naik sepeda ke sekolah yakni . . .
A. 18 orang D. 72 orang
B. 36 orang E. 171 orang
C. 45 orang
31. Rata-rata hitung dari daftar distribusi frekuensi dibawah ini yakni . . .
32. Tabel dibawah ini menyuguhkan data tinggi tubuh 50 orang siswa. Modus dari data tersebut yakni . ......
33. Kuartil pertama dari tabel berikut yakni . . .
34. Simpangan baku dari data 7, 4, 6, 5, 3 yakni . . .
A. 5 C. 2 E. √3
B. 2,8 D. √2
35. Hitung lah..
36. Turunan pertama dari adalah
37. Hitung lah !!
38. Hitung lah !
39. Luas wilayah yang diarsir pada gambar di bawah ini adalah....
40. Volume benda putar yang terjadi jikalau wilayah yang dibatasi oleh kurva dan garis , dan sumbu , jikalau diputar mengelilingi sumbu sejauh 360o adalah.....
A. Rp 120.000,00
B. Rp 100.000,00
C. Rp 80.000,00
D. Rp 60.000,00
E. Rp 40.000,00
2. Suatu pekerjaan sanggup dituntaskan dalam waktu 9 bulan oleh 300 orang pekerja. Banyaknya aksesori pekerja yang diinginkan untuk mengakhiri pekerjaan tersebut dalam waktu 6 bulan adalah....
A. 100 orang
B. 125 orang
C. 150 orang
D. 200 orang
E. 250 orang
3. Jika a = 27 dan b = 32 ,maka nilai dari 3 (a1/3) x 4 b -2/5 adalah....
A. -25
B. -16
C. 9
D. 4
E. 26
4. Bentuk sederhana dari dari
5. Jika log 2 = a dan log 3 = b, maka log 54 dinyatakan dalam a dan b yakni ….
A. 3a + 4b
B. a -2b
C. a + 4b
D. a + 3b
E. 3b+ 2a
6. Himpunan Penyelesaian dari pertidaksamaan
7. Nilai x + y dari himpunan solusi 2x + y = 12 dan 3x – 2y = 25 adalah....
A. -5
B. 3
C. 5
D. 7
E. 9
8. Jika
9. Invers Matrik
10. Daerah solusi versi matematika yang ditunjukkan system pertidaksamaan:
yakni wilayah yang ditunjukkan oleh….
A. I C. III E. V
B. II D. IV
11. Daerah yang diarsir pada gambar berikut ini adalah
wilayah himpunan solusi permasalahan kegiatan linier. Nilai maksimum dari fungsi objektif f(x,y)=2x + 4y adalah….
A. 24 D. 38
B. 26 E. 42
C. 28
12. Suatu rombongan turis berisikan 18 orang akan bermalam diwisma yang mempunyai 2 tipe kamar. Tipe I ditempati 3 orang dan Tipe II ditempati 2 orang, sedangkan kamar yang tersedia cuma 7. Jika x menyatakan banyaknya kamar Tipe I dan y menyatakan kamar Tipe II, versi matematika dari problem tersebut adalah.....
13. Ingkaran dari kalimat “Jika ada siswa yang tiba telat maka fokus mencar ilmu didalam kelas terganggu” adalah....
A. Jika fokus mencar ilmu didalam kelas terusik maka ada siswa yang tiba terlambat
B. Sebagian siswa tiba telat maka fokus mencar ilmu didalam kelas terganggu
C. Jika sebagian siswa tiba telat maka fokus mencar ilmu didalam kelas terganggu
D. Jika fokus mencar ilmu didalam kelas tidak terusik maka semua siswa tidak tiba terlambat
E. Ada siswa tiba telat dan fokus mencar ilmu didalam kelas tidak terganggu
14. Kontraposisi dari pernyataan:”Jika ia tidak datang, maka saya pergi” adalah....
A. Jika ia datang, maka saya pergi
B. Jika ia tidak datang, maka saya tidak pergi
C. Jika ia tidak datang, maka saya pergi
D. Jika saya tidak pergi, maka ia datang
E. Jika ia datang, maka saya tidak pergi
15. Diketahui premis-premis selaku berikut:
P1 : Semua siswa Sekolah Menengah kejuruan melaksanakan Prakerin
P2 : Jhoni tidak melaksanakan Prakerin
Konklusi dari kedua premis diatas adalah....
A. Jhoni bukan siswa SMK
B. Jhoni tidak melaksanakan Prakerin
C. Semua siswa Sekolah Menengah kejuruan tidak melaksanakan Prakerin
D. Semua siswa Sekolah Menengah kejuruan melaksanakan Prakerin
E. Ada siswa Sekolah Menengah kejuruan yang melaksanakan Prakerin
16. Pada gambar dibawah ini jika BAC = 600 maka panjag garis AB yakni . . . cm
17. Koordinat kutub suatu titik A ( 4 , 45o ), Koordinat kartesiusnya yakni . . .
A. ( 2 , 2 ) C. ( 4 , 2√2 ) E. ( 1/2 ,2√2 )
B. ( 2 , 2√2 ) D. ( 2√2 , 2√2 )
18. Diketahui
19. Koordinat titik ekstrim grafik fungsi kuadrat f(x) = x2 + 6x + 9 adalah…
A. (-3, 0) C. (3, -1) E. (0, -3)
B. (-3, 1) D. (3, 0)
20. Persamaan dari fungsi kuadrat dibawah ini adalah…..
21. Diketahui barisan aritmatika suku ke-3 yakni 3 dan suku ke-8 yakni 13,maka nilai suku ke-50 dalah…
A. 65 C. 85 E. 99
B. 69 D. 97
22. Jumlah Deret Geometri tak hingga dari
23. Luas permukaan kerucut yang diameter alasnya 14 cm dan tingginya 24 cm adalah… cm2
A. 63 C. 704 E. 741
B. 86 D. 714
24. Volume suatu limas 720 cm3 dan alasnya berupa bujur sangkar, sedangkan tinggi limas 15 cm. Maka panjang segi alasnya.........
A. 4 C. 8 E. 12
B. 6 D. 10
25. Diketahui dua vector
A. 2 C. 6 E. 10
B. 4 D. 8
26. Jika sudut antara vektor
27. Dari 7 orang kandidat pengelola osis diseleksi 3 orang untuk mengisi jabatan ketua, sekretaris, dan bendahara. Maka banyak cara pemilihannya yakni . . .
A. 120 C. 180 E. 225
B. 160 D. 210
28. Dari tiga orang pemain tenis meja , akan dibikin pemain ganda. Jumlah pemain ganda yang mungkin dibikin dari ketiga orang tersebut yakni . . .
A. 4 C. 1 E. 3
B. 5 D. 2
29. Pada pelemparan 2 buah dadu, kesempatan muncul mata dadu berjumlah 6 atau 9 yakni …
30. Perhatikan gambar berikut ini :
Data pada gambar yakni cara dari 180 siswa pergi ke sekolah. Banyaknya siswa yang naik sepeda ke sekolah yakni . . .
A. 18 orang D. 72 orang
B. 36 orang E. 171 orang
C. 45 orang
31. Rata-rata hitung dari daftar distribusi frekuensi dibawah ini yakni . . .
32. Tabel dibawah ini menyuguhkan data tinggi tubuh 50 orang siswa. Modus dari data tersebut yakni . ......
33. Kuartil pertama dari tabel berikut yakni . . .
34. Simpangan baku dari data 7, 4, 6, 5, 3 yakni . . .
A. 5 C. 2 E. √3
B. 2,8 D. √2
35. Hitung lah..
37. Hitung lah !!
38. Hitung lah !
39. Luas wilayah yang diarsir pada gambar di bawah ini adalah....
40. Volume benda putar yang terjadi jikalau wilayah yang dibatasi oleh kurva dan garis , dan sumbu , jikalau diputar mengelilingi sumbu sejauh 360o adalah.....
Demikianlah postingan tentang Soal latihan USBN Sekolah Menengah kejuruan Mata Pelajaran Matematika Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru ini, biar berfaedah buat teman dekat prakata yang sedang mencari rujukan tentang soal2 dari mata pelajaran Matematika, Mohon Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pengerjaan soal ataupun jawabannya Silahkan untuk dikoreksi, alasannya yakni intinya kita sama2 belajar. biar bisa berfaedah dan bisa digunakan selaku materi untuk belajar. Terima Kasih