Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Latihan Usbn Smp Pkn Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru

Ilmu yakni wawasan yang sudah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan wawasan yakni pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis alasannya yakni belum dicoba dan diuji.

Dalam konteks akademis atau profesional, cobaan (atau cobaan untuk pendek) yakni tes yang berencana untuk menyeleksi kesanggupan seorang mahasiswa atau kandidat dokter. Biasanya cobaan tes tertulis, meskipun beberapa mungkin gampang atau komponen praktis, dan sungguh beraneka ragam dalam struktur, isi dan kesusahan tergantung pada subjek, golongan usia orang yang diuji dan profesi.


Seseorang yang melalui cobaan menerima ijazah, suatu surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif yakni cobaan di mana pelamar berkompetisi untuk sejumlah posisi, selaku musuh cuma mesti meraih tingkat tertentu untuk lulus.

Sebagaimana yang kita pahami setiap siswa yang berada di tingkat pendidikan formal niscaya akan mengahadapi yang namanya Ujian selaku bentuk tes terhadap para siswa untuk mengukur sejauh mana kesanggupan siswa tersebut dalam mengetahui pelajaran yang sudah di sampaikan oleh para guru, sehingga nantinya akan di sanggup hasil selaku materi penilaian untuk memperbaiki kesanggupan siswa ketingkat yang lebih baik lagi.

Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau biasa disingkat USBN yakni metode penilaian tolok ukur pendidikan dasar dan menengah secara nasional untuk meningkatakan persamaan kualitas tingkat pendidikan antar tempat yang dijalankan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia menurut Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian kualitas pendidikan secara nasional dijalankan penilaian selaku bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan terhadap pihak-pihak yang berkepentingan.

Lebih lanjut dinyatakan bahwa penilaian dijalankan oleh forum yang sanggup berdiri diatas kaki sendiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menganggap pencapaian tolok ukur nasional pendidikan dan proses pemantauan penilaian tersebut mesti dijalankan secara berkesinambungan.

Proses pemantauan penilaian tersebut dijalankan secara terus menerus dan berkelanjutan pada kesudahannya akan sanggup membereskan kualitas pendidikan. Pembenahan kualitas pendidikan dimulai dengan penentuan standar.

Penentuan tolok ukur yang terus bertambah dikehendaki akan mendorong kenaikan kualitas pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan tolok ukur pendidikan yakni penentuan nilai batas (cut off score).

Seseorang dibilang sudah lulus/kompeten bila sudah melalui nilai batas tersebut berupa nilai batas antara akseptor didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan akseptor didik yang belum menguasai kompetensi tertentu.

Bila itu terjadi pada cobaan nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara akseptor didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, kesibukan penentuan batas kelulusan disebut standard setting.

Manfaat pengaturan tolok ukur cobaan selesai :
  • Adanya batas kelulusan setiap mata pelajaran sesuai dengan permintaan kompetensi minimum.
  • Adanya tolok ukur yang serupa untuk setiap mata pelajaran selaku tolok ukur minimum pencapaian kompetensi.

Maka menurut Hal tersebut pada postingan kali ini, saya akan menshare mengenai Soal latihan USBN Sekolah Menengah Pertama Pkn Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru dengan jumlah 50 Soal. Dimana dalam soal latihan ini, yakni berupa soal opsi ganda dan pastinya sudah ditambahkan kunci jawabannya agar Sobat Prakata semua bisa lebih gampang Untuk menghafalnya dan juga bisa membuat rujukan soal ketika akan melaksakan USBN tersebut nanti alasannya yakni soal tersebut diambil menurut sumber dari buku mata pelajaran yang dipelajari di Sekolah pada umumnya.

Baca Juga :
    Mungkin itu saja sedikit ulasan mengenai isi postingan yang hendak saya diskusikan kali ini, eksklusif saja kita menuju Soal latihan USBN Sekolah Menengah Pertama Pkn Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru berikut dibawah ini.

    Soal latihan USBN Sekolah Menengah Pertama Pkn Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru


    Adapun soal-soal yang hendak kita diskusikan pada mata pelajaran  Pkn Kelas 9 ini selaku materi rujukan ketika menghadapi Ujian Sekolah yakni selaku berikut :


    1. Pengertian norma yakni ....
    A. aturan atau kaidah hidup yang dijadikan pedoman tingkah laris baik atau buruk dalam hidup masyarakat
    B. perbuatan yang dijalankan berulang-ulang dalam hal yang serupa serta diakui dan diterima oleh masyarakat
    C. kebiasaan penduduk yang dianggap baik dijalankan secara turun temurun pada tempat setempat
    D. serangkaian aturan yang diadakan biar kehidupan di lingkungan sanggup berlangsung dengan baik dan tertib

    2. Yang tidak tergolong tujuan diciptakannya norma yakni ....
    A. untuk mengendalikan perbuatan dan sikap seseorang
    B. untuk menjamin terlaksananya hak dan keharusan seseorang
    C. untuk menampilkan hukuman yang seberat-beratnya terhadap seseorang
    D. untuk menampilkan jaminan keadilan dan kejujuran terhadap seseorang

    3. Perhatikan pernyataan berikut ini !

    1. Dibuat oleh forum yang berwenang
    2. Sanksi mengikat dan memaksa (tegas)
    3. Bersumber dari hati nurani
    4. Menjamin rasa keadilan dan ketertiban masyarakat
    5. Bersumber dari Tuhan
    6. Bersumber dari pergaulan masyarakat

    Berdasarkan pernyataan di atas, yang ialah ciri norma aturan yakni ....
    A. 1, 2 dan 3        
    B. 2, 3 dan 4
    C. 1, 2 dan 4        
    D. 4, 5 dan 6

    4. Aturan tingkah laris yang bersumber dari hati nurani pribadi dan apabila dilanggar muncul rasa aib dan penyesalan yakni pemahaman norma ....
    A. agama
    B. kesopanan
    C. kesusilaan
    D. hukum

    5. Di bawah ini yang tidak tergolong sumber aturan di Indonesia yakni ....
    A. Undang - Undang         C. kebiasaan
    B. keputusan hakim           D. kebijakan partai politik

    6. Bagi bangsa Indonesia proklamasi kemerdekaan yang dikumandangkan tanggal 17 Agusutus 1945 mengandung makna yang mendalam yakni ….
    A. selaku titik selesai usaha bangsa Indonesia dalam pembangunan
    B. selaku titik permulaan dimulainya usaha melawan penjajah
    C. selaku klimaks usaha bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan
    D. selaku titik permulaan digalangnya persatuan bangsa Indonesia

    7. Perhatikan pernyataan berikut ini

    1. menetapkan Undang-Undang Dasar 1945
    2. membentuk Tentara Nasional Indonesia
    3. mengangkat Presiden dan wakil Presiden
    4. melantik anggota MPR
    5. membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat
    6. menetapkan dasar negara Pancasila

    Berdasarkan penyataan di atas, yang tergolong hasil keputusan sidang PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 ditunjukan dengan nomor ….
    A. 1, 2 dan 3
    B. 2, 3 dan 5
    C. 1, 3 dan 5
    D. 4, 5 dan 6

    8. Makna yang terkandung dalam proklamsi kemerdekaan RI yakni ….
    A. proklamasi semata-mata ialah hasil usaha bangsa Indonesia
    B. proklamasi kemerdekaan RI ialah wujud janji pemerinatahan kolonial Jepang
    C. proklamasi ialah ahkir dari seluruh usaha bangsa Indonesia
    D. proklamasi ialah hasil kerja keras bangsa Indonesia yang didorong oleh rahmat Tuhan YME

    9. Seperangkat hak yang menempel pada diri insan selaku mahluk Tuhan yang wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara, hukum, dan pemerintah dinamakan ….
    A. hak manusia                C. hak hidup
    B. hak asasi manusia        D. hak keleluasaan manusia

    10. Dasar aturan yang mengendalikan mengenai Hak Asasi Manusia di Indonesia yakni UU RI Nomor ....
    A. 19 Tahun 1999
    B. 29 Tahun 1999
    C. 39 Tahun 1999
    D. 49 Tahun 1999

    11. Perhatikan pernyataan berikut ini !

    1. Komisi Nasional Hak Asasi Manusia
    2. Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan
    3. Komisi Penyiaran Indonesia
    4. Komnas Perlindungan Anak dan Komisi Perlindungan Anak Indonesi
    5. Komisi Pemilihan Umum
    6. Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi

    Dari pernyataan di atas yang tergolong forum proteksi dan penegakan Hak Asasi Manusia di Indonesia ditunjukkan dengan nomor ....
    A. 1,2 ,3 dan 5
    B. 2, 3 ,4 dan 5
    C. 1, 2 ,4 dan 6
    D. 2,3,4 dan 6

    12. Lahirnya Perundang–undangan HAM nasional utamanya didorong untuk keperluan ….
    A. menangkal berkembangnya individualisme
    B. menyanggupi permintaan penduduk internasional
    C. melindungi dari langkah-langkah kesewenang-wenangan yang dijalankan oleh penguasa maupun pihak lain
    D. membuatkan hak–hak warga negara biar sederajat dengan bangsa–bangsa lain di dunia

    13. Kemerdekaan mengemukakan saran mempunyai arti mengeluarkan saran secara ....
    A. bertanggung jawab
    B. provokatif untuk membuat konflik
    C. tanpa batas
    D. sekehendaknya sendiri

    14. Cara penyampaian saran di tampang biasa yang dijalankan secara bebas dan terbuka tanpa tema tertentu disebut ....
    A. demonstrasi              C. rapat umum
    B. mimbar Bebas          D. pawai

    15. Salah satu pengaruh positif kemerdekaan mengeluarkan saran yakni ….
    A. membiasakan penduduk berpikir kritis
    B. merencanakan para demonstran pandai berunjuk rasa
    C. membiasakan polisi siap menanggulangi kerusuhan
    D. menyanggupi permintaan biar Indonesia dianggap selaku negara demokrasi

    16. Ideologi yang memprioritaskan keleluasaan individu ialah salah satu ciri ideologi ....
    A. sosialis
    B. liberalis
    C. fundamentalis
    D. Pancasila

    17. Istilah ideologi pertama kali dikemukakan oleh ….
    A. Montesquieu         C. Destutt de Tracy
    B. J.J. Rousseau D. Aristoteles

    18. Bagi suatu bangsa, ideologi sungguh dikehendaki untuk ....
    A. menerima bangsa yang berdaulat selaku hak asasi suatu bangsa
    B. mempengaruhi bangsa lain biar mengikuti kita alasannya yakni merasa untung
    C. mengembangkan bangsa penjajah untuk menerima kemerdekaannya
    D. mengenali ke arah mana mereka akan membangun bangsa dan negaranya

    19. Perhatikan pernyataan berikut

    1. Menempatkan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi atau golongan
    2. Suka melakukan pekerjaan keras;
    3. Cinta tanah air
    4. Gemar menabung;
    5. Rela berkorban untuk bangsa dan negara;

    Perilaku yang ialah pengamalan Pancasila, khususnya sila Persatuan Indonesia terdapat pada nomor ....
    A. 1, 2, 3
    B. 1, 3, 4
    C. 1, 2, 5
    D. 1, 3, 5

    20. Pancasila selaku pedoman untuk menata negara, dasar untuk acara negara dan dasar dalam pergaulan antar penduduk yakni pemahaman pancasila selaku ....
    A. ideologi negara C. kepribadian bangsa
    B. dasar negara             D. perjanjian luhur bangsa

    21. Undang-Undang Dasar 1945 menampilkan kesempatan terhadap anggota MPR untuk melakukan pergantian terhadap Undang-Undang Dasar 1945. Hal ini
    dikontrol dalam pasal ....
    A. 34 C. 36
    B. 35 D. 37

    22. Suatu negara sanggup disebut negara demokrasi jikalau ada ….
    A. pengukuhan hak asasi manusia, partisipasi dan bantuan rakyat terhadap pemerintah
    B. pengukuhan adanya forum eksekutif, legislatif dan yudikatif yang kekuasaannya tidak terpisah
    C. pengukuhan terhadap segala kontradiksi yang penyelesaiannya sanggup diserahkan terhadap masing-masing individu
    D. pengukuhan dari negara lain yang tergabung dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa

    23. Sebagai pelaksanaan demokrasi Pancasila, sikap yang mesti dikesampingkan oleh masing-masing akseptor musyawarah
    adalah....
    A. memiliki niat baik, cita-cita luhur, kemauan yang tulus, dan ikhlas
    B. berprinsip pada pendirian dan saran yang kuat, tidak sanggup diubah
    C. menghargai saran akseptor lain, meskipun tidak sama dengan pendapatnya
    D. menerima dan melakukan putusan dengan nrimo dan tanggung jawab

    24. Negara Republik Indonesia sejak proklamasi sudah memiliki kedaulatan, kedaulatan sanggup diartikan ... .
    A. kekuasaan tertinggi dalam suatu negara
    B. kekuasaan negara yang mutlak
    C. kewenangan untuk mengendalikan fungsi negara
    D. kewenangan negara untuk membangun negaranya

    25. Berikut ialah salah satu penyebab hilangnya kedaulatan suatu negara, yakni ....
    A. negara itu menguasai negara lain
    B. negara itu memadukan diri dengan negara lain
    C. negara itu diserang oleh negara lain
    D. negara itu berselisih dengan negara lain

    26. Organisasi golongan penduduk yang tolong-menolong mendiami suatu wilayah tertentu dan mengakui adanya suatu pemerintahan yang berdaulat disebut ....
    A. pemerintah            C. kedaulatan
    B. negara                   D. kekuasaan

    27. Di bawah ini yang tidak tergolong tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea keempat, adalah....
    A. melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia
    B. mengembangkan kemakmuran umum
    C. mencerdaskan kehidupan bangsa
    D. ikut melakukan pertempuran dengan negara yang erat dengan bangsa kita

    28. Sikap dan sikap warga negara yang dijiwai oleh rasa kecintaannya terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia yang menurut Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjamin kelancaran hidup bangsa dan negara disebut ....
    A. upaya bela negara negara
    B. upaya menjamin negara
    C. upaya kekuasaan
    D. upaya kedaulatan negara

    29. Perhatikan pernyataan di bawah ini !
    1) melakukan penertiban masyarakat
    2) menginginkan dedikasi masyarakat
    3) mengusahakan kemakmuran masyarakat
    4) memungut pembiayaan masyarakat
    5) menjamin keadilan masyarakat
    Berdasarkan pernyataan di atas, yang tergolong fungsi negara ditunjukan dengan nomor ....
    A. 1,2 dan 3 C. 1,3 dan 5
    B. 1,2 dan 4 D. 2,4 dan 5

    30. Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib berpartisipasi dalam usaha pertahanan dan keselamatan negara.ini ialah landasan aturan upaya pertahanan negara yang tercantum dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal ....
    A. 27 ayat 1                C. 30 ayat 1
    B. 27 ayat 2 D. 30 ayat 2

    31. Berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 pasal 30 ayat (2), usaha pertahanan dan keselamatan negara indonesia yakni menganut ....
    A. Sistim Pertahanan Rakyat Semesta
    B. Sistim Pertahanan dan Keamanan Rakyat Terlatih
    C. Sistim Pertahanan Rakyat Terlatih
    D. Sistim Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta

    32. Perhatikan data berikut ini !

    1. Tentara Nasional Indonesia
    2. Pertahanan Sipil
    3. Kepolisian Republik Indonesia
    4. Perlawanan Rakyat
    5. Keamanan Rakyat
    6. Perlindungan Masyarakat

    Dari data di atas yang tergolong bentuk komponen cadangan Sishankamrata ditunjukkan dengan nomor ....
    A. 1,2,3 dan 4 C. 2,4,5 dan 6
    B. 1,2,3 dan 6 D. 1,2,3 dan 5

    33. Perhatikan pernyatan berikut ini !
    1) melakukan Ronda malam
    2) melindungi sobat yang berbuat salah
    3) melapor terhadap pegawanegeri bila terjadi pelanggaran hukum
    4) tidak mengikuti sobat yang melakukan tawuran antarpelajar
    5) bahagia menggunakan produk mancanegara biar dianggap modern
    6) senantiasa memprioritaskan kepentingan bangsa dan negara

    Dari pernyataan di atas yang tergolong partisipasi penduduk dalam usaha pembelaan negara ditunjukkan dengan nomor ....
    A. 1,3,4 dan 6 C. 2,3,4 dan 5
    B. 1,2,3 dan 5 D. 2,3,4 dan 6

    34. Hak, wewenang, dan keharusan tempat otonom untuk mengendalikan dan mengelola sendiri problem pemerintahan dan kepentingan penduduk setempat sesuai dengan peraturan perundang-undangan yakni pemahaman ....
    A. tempat otonom
    B. otonomi daerah
    C. kebijakan daerah
    D. keharusan daerah

    35. Perhatikan data berikut ini !

    1. peningkatan pelayanan masyarakat
    2. Pemerataan pembangunan di daerah
    3. peningkatan kemakmuran masyarakat
    4. pengumpulan pendapatan masyarakat
    5. Pengembangan kehidupan demokrasi
    6. peningkatan sifat kedaerahan

    Dari data di atas yang ialah arti penting sekaligus tujuan penyelenggaraan otonomi tempat ditunjukkan dengan nomor ....
    A.  1,2,3 dan 5 C. 1,3,5 dan 6
    B.  1,3,4 dan 5 D. 1,3,4 dan 6

    36. Landasan aturan yang mengendalikan mengenai perimbangan keuangan antara pemerintah pusat dan tempat yakni Undang- undang RI nomor ...
    A. 30 tahun 2004 C. 32 tahun 2004
    B. 31 tahun 2004 D. 33 tahun 2004

    37. Perhatikan Data Berikut !

    1. pendidikan
    2. agama
    3. pelestarian lingkungan hidup
    4. pariwisata dan kebudayaan
    5. pertahanan dan keamanan
    6. pajak retribusi


    Dari data di atas problem yang menjadi wewenang pemerintah tempat ditunjukkan dengan nomor ....
    A.  1,2,3 dan 5                C, 2,3,4 dan 5
    B.  1,2,4 dan 6 D. 1,3,4 dan 6

    38. Pelimpahan wewenang pemerintah dari pemerintah pusat terhadap tempat otonom dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia dinamakan ....
    A. sentralisasi C. desentralisasi
    B. dekonsentrasi D. kiprah pembantuan

    39. Segala kebijakan atau peraturan yang menyangkut kepentingan penduduk serta dibentuk oleh lembaga yang berwenang di tempat disebut ....
    A. kebijakan daerah C. kebijakan pemerintah
    B. kebijakan publik D. kebijakan masyarakat

    40. Perhatikan pernyataan di bawah ini !
    1) kebijakan publik sesuai dengan keperluan masyarakat
    2) kebijakan publik sesuai dengan kepentingan masyarakat
    3) kebijakan publik sesuai dengan cita-cita pemerintah
    4) kebijakan publik sesuai dengan aspirasi masyarakat
    5) pemerintah tempat tidak perlu sulit payah dalam merumuskan kepentingan masyarakat
    Berdasarkan pernyataan di atas yang tergolong faedah pentingnya partisipasi penduduk dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik di tempat ditunjukkan dengan nomor ....
    A. 1,2 dan 3 C. 1,2 dan 5
    B. 1,2 dan 4 D. 1,3 dan 5

    41. Apabila kebijakan publik cuma dirumuskan oleh pemerintah tempat tanpa melibatkan partisipasi penduduk , maka akan membuat pengaruh negatif berikut ini ....
    A. penduduk akan patuh terhadap pelaksanaan kebijakan publik tersebut
    B. penduduk akan mendukung  terhadap  pelaksanaan  kebijakan  publik tersebut
    C. timbulnya protes atau penolakan  penduduk terhadap kebijakan publik tersebut
    D. kebijakan publik tersebut akan sanggup dilaksanakan dengan baik

    42. Globalisasi menampilkan pengaruh yang sungguh besar terhadap kehidupan mayarakat, pernyataan berikut yang tidak terkait dengan pemahaman globalisasi yakni ....
    A. mendunia                         C. dunia seakan tanpa batas
    B. kurun kesejagatan D. nasional

    43. Salah satu teladan arti pentingnya globalisasi bagi bangsa Indonesia yakni ....
    A. meningkatnya sumber daya insan Indonesia lewat kemajuan IPTEK
    B. berkembangnya pola hidup konsumerisme dan hedonisme
    C. masuknya unsur-unsur budaya global sanggup mengambil alih budaya setempat dan nasional
    D. berkembangnya gerakan penentangan dan kendali terhadap pemerintahan secara radikal dan anarkis

    44. Kebijakan politik mancanegara Indonesia menganut politik mancanegara bebas aktif artinya yakni ....
    A. Indonesia senantiasa menjadi penengah terhadap negara yang bersengketa
    B. Indonesia ikut aktif berupaya bikin ketertiban dunia
    C. Indonesia ikut memihak salah satu negara yang bersengketa
    D. Indonesia tidak berpartisipasi dalam menanggulangi sengketa internasional

    45. Salah satu pengaruh negatif globalisasi terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yakni ....
    A. memudahkan penduduk dalam berinteraksi dan berkomunikasi
    B. meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja masyarakat
    C. penyebaran nilai-nilai demokrasi yang menghalangi pemerintahan otoriter
    D. berkembangnya nilai-nilai konsumerisme, sikap perorangan dan pergantian gaya hidup

    46. Tindakan di bawah ini yang tidak tergolong upaya dalam merespon pengaruh negatif globalisasi yakni ....
    A. memperkuat sikap mental keimanan dan ketaqwaan
    B. menerima dan mengikuti segala komponen imbas global agar dianggap bangsa yang modern
    C. meningkatkan kemandirian, keswasembadaan dan tidak menggantungkan diri pada bangsa lain
    D. memperkokoh sikap kebangsaan dan cinta tanah air

    47. Pengertian prestasi diri yakni ....
    A. segala sesuatu yang sudah diraih oleh seseorang secara optimal dari hasil usaha dan kerja kerasnya
    B. kesanggupan yang ada atau dimiliki dalam diri seseorang
    C. segala sesuatu yang hendak diraih dan dusahakan oleh seseorang secara maksimal
    D. kesanggupan yang sanggup dikembangkan dalam hidup seseorang

    48. Perhatikan data berikut !
    1) aktif dan kreatif
    2) pemalas
    3) bersusah payah dan bertanggung jawab
    4) cepat putus asa
    5) berjiwa mandiri
    6) bersifat masa bodoh
    7) berfikir jauh ke depan

    Dari data di atas yang tergolong keistimewaan yang terdapat dalam diri seseorang selaku potensi diri ditunjukkan dengan nomor ....
    A. 1,2,3,4 dan 6 C. 1,2,4,5 dan 7
    B. 1,3,5 dan 7 D. 2,3,5,6 dan 7

    49. Sifat yang senantiasa meningkat mengikuti kemajuan jaman tanpa berhenti untuk berkreasi dalam meraih tujuan tanpa mengabaikan norma yang ada dinamakan ....
    A. optimis dan kegairahan semangat
    B. dinamis dan kreatif
    C. memiliki idealisme
    D. sikap ksatria

    50. Di bawah ini yang tergolong kiprah penting prestasi diri bagi keistimewaan bangsa adalah....
    A. menghalangi peningkatkan tarap hidup bangsa dan negara
    B. memperlemah stabilitas nasional
    C. sanggup mengharumkan nama baik bangsa dan negara di dunia internasional
    D. memperlambat pembangunan nasional


    Demikianlah postingan mengenai Soal latihan USBN Sekolah Menengah Pertama Pkn Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru ini, mudah-mudahan berharga buat Sobat Praktakita yang sedang mencari rujukan mengenai soal2 dari mata pelajaran Pkn Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pengerjaan soal ataupun jawabannya. mudah-mudahan bisa berharga dan bisa digunakan selaku materi untuk belajar. Terima Kasih .


    Sumber http://prakatakita.blogspot.com/