Soal Latihan Usbn Smp Ipa Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru
Ilmu merupakan wawasan yang sudah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan wawasan merupakan pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis lantaran belum dicoba dan diuji.
Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) merupakan tes yang berencana untuk menyeleksi kesanggupan seorang mahasiswa atau kandidat dokter. Biasanya ujian tes tertulis, meskipun beberapa mungkin gampang atau komponen praktis, dan sungguh beraneka ragam dalam struktur, isi dan kesusahan tergantung pada subjek, kalangan usia orang yang diuji dan profesi.
Seseorang yang melalui ujian menerima ijazah, suatu surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif merupakan ujian di mana pelamar berkompetisi untuk sejumlah posisi, selaku musuh cuma mesti meraih tingkat tertentu untuk lulus.
Sebagaimana yang kita pahami setiap siswa yang berada di tingkat pendidikan formal niscaya akan mengahadapi yang namanya Ujian selaku bentuk tes terhadap para siswa untuk mengukur sejauh mana kesanggupan siswa tersebut dalam mengerti pelajaran yang sudah di sampaikan oleh para guru, sehingga nantinya akan di sanggup hasil selaku materi penilaian untuk memperbaiki kesanggupan siswa ketingkat yang lebih baik lagi.
Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau biasa disingkat USBN merupakan tata cara penilaian persyaratan pendidikan dasar dan menengah secara nasional untuk meningkatakan persamaan mutu tingkat pendidikan antar wilayah yang ditangani oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia menurut Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional ditangani penilaian selaku bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan terhadap pihak-pihak yang berkepentingan.
Lebih lanjut dinyatakan bahwa penilaian ditangani oleh forum yang berdikari secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menganggap pencapaian persyaratan nasional pendidikan dan proses pemantauan penilaian tersebut mesti ditangani secara berkesinambungan.
Proses pemantauan penilaian tersebut ditangani secara terus menerus dan berkelanjutan pada karenanya akan sanggup membereskan mutu pendidikan. Pembenahan mutu pendidikan dimulai dengan penentuan standar.
Penentuan persyaratan yang terus bertambah dikehendaki akan mendorong kenaikan mutu pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan persyaratan pendidikan merupakan penentuan nilai batas (cut off score).
Seseorang dibilang sudah lulus/kompeten jikalau sudah melalui nilai batas tersebut berupa nilai batas antara akseptor didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan akseptor didik yang belum menguasai kompetensi tertentu.
Bila itu terjadi pada ujian nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara akseptor didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, acara penentuan batas kelulusan disebut standard setting.
Manfaat pengaturan persyaratan ujian tamat :
Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau biasa disingkat USBN merupakan tata cara penilaian persyaratan pendidikan dasar dan menengah secara nasional untuk meningkatakan persamaan mutu tingkat pendidikan antar wilayah yang ditangani oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia menurut Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional ditangani penilaian selaku bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan terhadap pihak-pihak yang berkepentingan.
Lebih lanjut dinyatakan bahwa penilaian ditangani oleh forum yang berdikari secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menganggap pencapaian persyaratan nasional pendidikan dan proses pemantauan penilaian tersebut mesti ditangani secara berkesinambungan.
Proses pemantauan penilaian tersebut ditangani secara terus menerus dan berkelanjutan pada karenanya akan sanggup membereskan mutu pendidikan. Pembenahan mutu pendidikan dimulai dengan penentuan standar.
Penentuan persyaratan yang terus bertambah dikehendaki akan mendorong kenaikan mutu pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan persyaratan pendidikan merupakan penentuan nilai batas (cut off score).
Seseorang dibilang sudah lulus/kompeten jikalau sudah melalui nilai batas tersebut berupa nilai batas antara akseptor didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan akseptor didik yang belum menguasai kompetensi tertentu.
Bila itu terjadi pada ujian nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara akseptor didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, acara penentuan batas kelulusan disebut standard setting.
Manfaat pengaturan persyaratan ujian tamat :
- Adanya batas kelulusan setiap mata pelajaran sesuai dengan permintaan kompetensi minimum.
- Adanya persyaratan yang serupa untuk setiap mata pelajaran selaku persyaratan minimum pencapaian kompetensi.
Maka menurut Hal tersebut pada postingan kali ini, saya akan menshare mengenai Soal latihan USBN Sekolah Menengah Pertama IPA Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru dengan jumlah 40 Soal. Dimana dalam soal latihan ini, yakni berupa soal opsi ganda dan pastinya sudah disertakan kunci jawabannya agar Sobat Prakata semua bisa lebih gampang Untuk menghafalnya dan juga bisa membuat referensi soal dikala akan melaksakan USBN tersebut nanti lantaran soal tersebut diambil menurut sumber dari buku mata pelajaran yang dipelajari di Sekolah pada umumnya.
Baca Juga :
- Soal latihan UN Sekolah Menengah Pertama Bahasa Inggris Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap
- Soal latihan UN Sekolah Menengah Pertama Bahasa Indonesia Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap
- Soal latihan UN Sekolah Menengah Pertama Bahasa IPA Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap
- Soal latihan UN Sekolah Menengah Pertama Bahasa Matematika Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap
Mungkin itu saja sedikit ulasan mengenai isi postingan yang mau saya diskusikan kali ini, eksklusif saja kita menuju Soal latihan USBN Sekolah Menengah Pertama IPA Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru berikut dibawah ini.
Soal latihan USBN Sekolah Menengah Pertama IPA Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru
Adapun soal-soal yang mau kita diskusikan pada mata pelajaran IPA Kelas 9 ini selaku materi referensi dikala menghadapi Ujian Sekolah merupakan selaku berikut :
1. Perhatikan gambar alat dan materi serta data pengukurannya berikut!
Besaran fisika yang terukur sesuai dengan data yang diperlihatkan tersebut adalah....
Besaran fisika
Nilai pengukuran
A.Volume zat cair = 79,6 cm³
B.Volume zat cair = 204,6 cm³
C. Massa zat cair = 79,6 gram
D. Massa zat cair = 204,6 gram
2. Perhatikan tabel berikut
Pasangan besaran pokok, satuan SI dan alat ukur yang benar ditunjukkan oleh ....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 2 dan 4
3. Perhatikan tabel sifat benda berikut!
Benda padat, cair dan gas berturut-turut adalah....
A. 1, 2 dan 3
B. 2, 3 dan 4
C. 4, 3 dan 2
D. 4, 2 dan 3
4. Perhatikan pernyataan berikut!
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 3 dan 5
C. 2, 3 dan 4
D. 2, 4 dan 5
5. Berikut ini merupakan nama beberapa zat.
A. 1, dan 3
B. 2 dan 4
C. 4 dan 5
D. 1 dan 2
6. Dua kendaraan beroda empat A dengan B saling mendekati dari jarak 600 m. Mobil A bergerak lurus dengan kecepatan 10 m/s dan kendaraan beroda empat B bergerak dengan kecepatan 15 m/s. Jika kedua kendaraan beroda empat mulai bergerak pada waktu yang sama, kedua kendaraan beroda empat saling berpapasan pada detik ke ….
A. 20
B. 24
C. 30
D. 40
7. Pada benda yang memiliki massa 4 kg melakukan pekerjaan gaya sebesar 8 newton, percepatan yang dialami benda tersebut adalah....
A. 0,5 m/s²
B. 2 m/s²
C. 4 m/s²
D. 12 m/s²
8. Perhatikan gambar !
Sopir kendaraan beroda empat sedan ingin memarkir mobilnya sempurna 3 m di depan kendaraan beroda empat truk yang mula-mula berjarak 10 m dari kedudukan sedan.
Berapa jerih payah yang ditangani oleh kendaraan beroda empat sedan tersebut ?
A. 30 J
B. 150 J
C. 350 J
D. 500 J
9. Sebuah kendaraan beroda empat bergerak dari titik A ke titik B dan ke titik C seumpama gambar.
Jika kecepatan kendaraan beroda empat dari titik A ke titk B 20 km/jam dan kecepatan dari titik B ke titik C 40 km/jam maka perbandingan energi kinetik yang dimiliki kendaraan beroda empat di saat bergerak antara titik A ke B dengan antara titik B ke C merupakan ….
A. 1 : 4
B. 1 : 2
C. 2 : 1
D. 4 : 1
10. Perhatikan pesawat sederhana berikut !
Jika AB = 1/3 BC, maka besar gaya F minimum yang melakukan pekerjaan pada alat tesebut merupakan ....
A. 10 Newton
B. 27 Newton
C. 33 Newton
D. 90 Newton
11. Pada dikala kita berada di dalam ruangan tertutup dengan suhu 59 0 F, maka kita mencicipi ….
A. Sangat Panas
B. Panas
C. Hangat
D. Dingin
12. Es sebanyak 500 gram bersuhu –5oC dipanaskan sehingga mengalami proses seumpama pada grafik.
Untuk merubah semua es menjadi air dikehendaki kalor sebanyak ….
A. 170.000 J
B. 175.250 J
C. 164.750 J
D. 15.750 J
13. Perhatikan gambar empat balok berikut.
Urutan tekanan paling besar ke terkecil yang disebabkan oleh balok adalah
A. 2-4-1-3
B. 3-2-1-4
C. 4-3-1-2
D. 3-1-4-2
14. Perhatikan pernyataan mengenai planet berikut.
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 1 dan 3
D. 2 dan 4
15. Perhatikan gambar bandul yang berayun dari A-O-B-O-A secara terus menerus. Jika waktu yang dikehendaki dari A ke B 0,25 sekon, berapa frekuensi bandul tersebut?
A. 0.25 Hz
B. 0.50 Hz
C. 2 Hz
D. 4 Hz
16. Jika gelombang P-Q terjadi selama 0,5 sekon. Berapakah cepat rambat gelombang ini?
A. 1 m/s
B. 8 m/s
C. 4 m/s
D. 16 m/s
17. Dari suatu kapal dipancarkan suara ke dasar maritim dan ternyata suara pantul terdeteksi sehabis 2 sekon. Jika kecepatan suara di air maritim 1400 m/s, maka dalamnya maritim merupakan ….
A. 350 m
B. 700 m
C. 1400 m
D. 2800 m
18. Sebuah benda terletak di depan lensa positip dengan jarak titik 6 cm seumpama gambar berikut.
Bayangan yang terbentuk merupakan ….
A. Nyata, 4,5 cm di belakang lensa.
B. Maya, 9 cm di depan lensa.
C. Maya, 9 cm di belakang lensa.
D. Nyata, 9 cm di belakang lensa.
19. Pada rangkaian listrik berikut lampu L1, L2, L3, dan L4 merupakan sama. Pernyataan yang benar untuk rangkaian tersebut merupakan :
A. Jika saklar saklar S3 ditutup, maka cuma lampu L1 dan L2 yang menyala.
B. Jika saklar S1 dan S3 ditutup, maka lampu L1 dan L2 menyala.
C. Jika saklar S2 dan S3 ditutup, maka cuma lampu L3 dan L4 menyala.
D. Jika saklar S2 dan S3 ditutup, maka cuma lampu L1 dan L2 menyala.
20. Tiga magnet cincin dipasang pada batang kayu sehingga sanggup terbang seumpama gambar. Urutan yang benar kutub-kutub magnet tersebut merupakan ....
Besaran fisika yang terukur sesuai dengan data yang diperlihatkan tersebut adalah....
Besaran fisika
Nilai pengukuran
A.Volume zat cair = 79,6 cm³
B.Volume zat cair = 204,6 cm³
C. Massa zat cair = 79,6 gram
D. Massa zat cair = 204,6 gram
2. Perhatikan tabel berikut
Pasangan besaran pokok, satuan SI dan alat ukur yang benar ditunjukkan oleh ....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 2 dan 4
3. Perhatikan tabel sifat benda berikut!
Benda padat, cair dan gas berturut-turut adalah....
A. 1, 2 dan 3
B. 2, 3 dan 4
C. 4, 3 dan 2
D. 4, 2 dan 3
4. Perhatikan pernyataan berikut!
- Nasi menjadi basi
- Es mencair
- Besi berkarat
- Kaca pecah
- Air menguap
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 3 dan 5
C. 2, 3 dan 4
D. 2, 4 dan 5
5. Berikut ini merupakan nama beberapa zat.
- udara
- gula pasir
- air laut
- air murni
- emas
A. 1, dan 3
B. 2 dan 4
C. 4 dan 5
D. 1 dan 2
6. Dua kendaraan beroda empat A dengan B saling mendekati dari jarak 600 m. Mobil A bergerak lurus dengan kecepatan 10 m/s dan kendaraan beroda empat B bergerak dengan kecepatan 15 m/s. Jika kedua kendaraan beroda empat mulai bergerak pada waktu yang sama, kedua kendaraan beroda empat saling berpapasan pada detik ke ….
A. 20
B. 24
C. 30
D. 40
7. Pada benda yang memiliki massa 4 kg melakukan pekerjaan gaya sebesar 8 newton, percepatan yang dialami benda tersebut adalah....
A. 0,5 m/s²
B. 2 m/s²
C. 4 m/s²
D. 12 m/s²
8. Perhatikan gambar !
Sopir kendaraan beroda empat sedan ingin memarkir mobilnya sempurna 3 m di depan kendaraan beroda empat truk yang mula-mula berjarak 10 m dari kedudukan sedan.
Berapa jerih payah yang ditangani oleh kendaraan beroda empat sedan tersebut ?
A. 30 J
B. 150 J
C. 350 J
D. 500 J
9. Sebuah kendaraan beroda empat bergerak dari titik A ke titik B dan ke titik C seumpama gambar.
Jika kecepatan kendaraan beroda empat dari titik A ke titk B 20 km/jam dan kecepatan dari titik B ke titik C 40 km/jam maka perbandingan energi kinetik yang dimiliki kendaraan beroda empat di saat bergerak antara titik A ke B dengan antara titik B ke C merupakan ….
A. 1 : 4
B. 1 : 2
C. 2 : 1
D. 4 : 1
10. Perhatikan pesawat sederhana berikut !
Jika AB = 1/3 BC, maka besar gaya F minimum yang melakukan pekerjaan pada alat tesebut merupakan ....
A. 10 Newton
B. 27 Newton
C. 33 Newton
D. 90 Newton
11. Pada dikala kita berada di dalam ruangan tertutup dengan suhu 59 0 F, maka kita mencicipi ….
A. Sangat Panas
B. Panas
C. Hangat
D. Dingin
12. Es sebanyak 500 gram bersuhu –5oC dipanaskan sehingga mengalami proses seumpama pada grafik.
Untuk merubah semua es menjadi air dikehendaki kalor sebanyak ….
A. 170.000 J
B. 175.250 J
C. 164.750 J
D. 15.750 J
13. Perhatikan gambar empat balok berikut.
Urutan tekanan paling besar ke terkecil yang disebabkan oleh balok adalah
A. 2-4-1-3
B. 3-2-1-4
C. 4-3-1-2
D. 3-1-4-2
14. Perhatikan pernyataan mengenai planet berikut.
- Merkurius merupan Planet paling kecil.
- Sabuk Asteroid terletak antara palnet Mars dan Bumi.
- Venus merupakan planet yang paling bersahabat dengan bumi.
- Uranus tenar selaku planet bercincin.
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 1 dan 3
D. 2 dan 4
15. Perhatikan gambar bandul yang berayun dari A-O-B-O-A secara terus menerus. Jika waktu yang dikehendaki dari A ke B 0,25 sekon, berapa frekuensi bandul tersebut?
A. 0.25 Hz
B. 0.50 Hz
C. 2 Hz
D. 4 Hz
16. Jika gelombang P-Q terjadi selama 0,5 sekon. Berapakah cepat rambat gelombang ini?
A. 1 m/s
B. 8 m/s
C. 4 m/s
D. 16 m/s
17. Dari suatu kapal dipancarkan suara ke dasar maritim dan ternyata suara pantul terdeteksi sehabis 2 sekon. Jika kecepatan suara di air maritim 1400 m/s, maka dalamnya maritim merupakan ….
A. 350 m
B. 700 m
C. 1400 m
D. 2800 m
18. Sebuah benda terletak di depan lensa positip dengan jarak titik 6 cm seumpama gambar berikut.
Bayangan yang terbentuk merupakan ….
A. Nyata, 4,5 cm di belakang lensa.
B. Maya, 9 cm di depan lensa.
C. Maya, 9 cm di belakang lensa.
D. Nyata, 9 cm di belakang lensa.
19. Pada rangkaian listrik berikut lampu L1, L2, L3, dan L4 merupakan sama. Pernyataan yang benar untuk rangkaian tersebut merupakan :
A. Jika saklar saklar S3 ditutup, maka cuma lampu L1 dan L2 yang menyala.
B. Jika saklar S1 dan S3 ditutup, maka lampu L1 dan L2 menyala.
C. Jika saklar S2 dan S3 ditutup, maka cuma lampu L3 dan L4 menyala.
D. Jika saklar S2 dan S3 ditutup, maka cuma lampu L1 dan L2 menyala.
20. Tiga magnet cincin dipasang pada batang kayu sehingga sanggup terbang seumpama gambar. Urutan yang benar kutub-kutub magnet tersebut merupakan ....
A. X Y Z
U U S
B. X Y Z
S U S
C. X Y Z
U S S
D. X Y Z
S U U
21. Sekelompok siswa sedang mengadakan pengamatan di suatu kolam dan di peroleh data berikut :
1. air
2. tumbuhan eceng gondok
3. lumpur
4. ikan mas
5. lele
6. gelembung udara
Komponen biotik di tunjukkan oleh nomor ....
A. 2, 4 dan 5
B. 2, 4 dan 6
C. 3, 5 dan 6
D. 1, 3 dan 5
22. Perhatikan gambar berikut!
Urutan langkah cara mengunakan mikroskop yang benar merupakan ....
A. 2, 3, 4, 5, 6, dan 1
B. 3, 1, 2, 5, 4, dan 6
23. Perhatikan gambar berikut!
Ciri hidup yang di tunjukkan oleh gambar tersebut merupakan ....
A. bergerak
B. peka terhadap rangsang
C. tumbuh
D. meningkat biak
24. Perhatikan pernyataan berikut!
1. memiliki akar tunggang dan besar
2. tulang daun lurus berupa pita
3. batang memiliki jaringan kambium
4. extra bunga jumlahnya berkelipatan 3
5. biji berkeping dua
Pernyataan yang merupakan ciri-ciri dari flora dikotil merupakan ....
A. 1, 2 dan 4
B. 1, 3 dan 5
C. 2, 3 dan 4
D. 3, 4 dan 5
25. Perhatikan gambar berikut!
Bagian sel yang berfungsi untuk mengontrol seluruh acara sel merupakan ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
26. Perhatikan gambar berikut!
Hubungan interaksi antara kedua mahluk hidup tersebut merupakan ....
A. mutualisme
B. komensalisme
C. parasitisme
D. antibiosis
27. Perhatikan gambar berikut!
Interaksi antara makluh hidup pada gambar tersebut merupakan ....
A. mutualisme
B. komensalisme
C. parasitisme
D. antibiosis
28. Perhatikan gambar berikut!
Usaha yang sanggup ditangani biar tidak terjadi pencemaran seumpama ditunjukkan oleh gambar adalah....
A. mencampakkan limbah ke maritim dalam sehingga kondusif bagi penduduk
B. menjalankan pembuatan limbah sebelum dibuang ke perairan
C. menciptakan sumur yang dalam untuk memuat limbah tersebut
D. menanami jenis tumbuhan paku untuk menguraikan limbah tersebut
29. Perhatikan gambar berikut!
Hubungan antar tulang yang di tunjuk oleh karakter Z sanggup digerakan ....
A. ke segala arah
B. satu arah dampai 180 o
C. memutar
D. ke dua arah
30. Perhatikan gambar berikut!
Enzim yang berfungsi merubah amilum menjadi glukosa dihasilkan oleh organ yang ditunjukkan nomor ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
31. Perhatikan gambar berikut!
Pada potongan yang ditunjuk dengan karakter X udara pernafasan akan mengalami proses....
A. pertukaran antara gas O2 dan CO2
B. pengaturan kelembaban dengan kenaikan gas O2
C. pengaturan suhu udara yang masuk di dalam
D. pergeseran kebosanan udara yang masuk
32. Perhatikan gambar berikut!
proses peredaran darah kecil adalah....
A. 1 – 4 - 2 – 3 - 5
B. 2 - 3 – 4 - 5 - 6
C. 3 – 5– 1 – 5 – 8
D. 5 – 8 – 10 – 9 – 1
33. Perhatikan gambar berikut!
Bagian yang ditunjuk olehHuruf A berfungsi ....
A. menyimpan udara hasil respirasi
B. melindungi jaringan di bawahnya
C. menyimpan cadangan makanan
D. tempat berlangsungnya proses fotosintesis
34. Perhatikan gambar percobaan berikut!
Kesimpulan dari percobaan tersebut adalah....
A. tumbuhan Hydrilla sungguh penting dalam proses fotosintesis
B. hasil proses tersebut dihasilkan gas CO2 dalam air
C. gas O2 menjadi materi dasar dalam proses fotosintesis
D. air dalam tabung tidak kokoh dalam fotosintesis
35. Perhatikan gambar!
Pada potongan yang ditunjuk dengan tanda panah berjalan ....
A. Filtrasi darah sehingga terbentuk filtral glomerulus
B. Penyerapan kembali zat-zat yang masih diperlukan
C. Reabsorbsi oleh dinding tubulus kontortus proksimal
D. augmentasi, sehingga terbuangnya seluruh zat sampah
36. Perhatikan gambar berikut!
Fungsi potongan yang ditunjuk oleh karakter P adalah....
A. menciptakan hormon testeteron
B. memproduksi hasil estrogen dan progesteron
C. tempat terjadinya proses pembuahan
D. tempat berkembangnya janin
37. Persilangan antara tumbuhan ercis berbatang tinggi dengan tumbuhan ercis berbatang pendek menciptakan tanamana ercis (F1) berbatang tinggi. Apabila F1 dibiarkan menyerbuk sendiri, berapa persenkah F2 yang berbatang tinggi heterozigotik?
A. 25%
B. 50%
C. 75%
D. 100%
38. Kemajuan bioteknologi bisa merubah peradaban dunia sehingga menyejahterakan kehidupan manusia. Namun sesuai dengan perkembangannya pemanfaatan bioteknologi sudah berpengaruh pada mutu lingkungan dimana insan hidup didalamnya. Berikut rujukan efek negatif terhadap lingkungan dari pemanfatan bioteknologi :
A. Dikembangkannya tumbuhan transgenik yang tahan terhadap hama
B. Pengolahan biji besi dengan mempergunakan basil Thiobacillus ferrookxidans
C. Ditemukan serangga mutan yang tahan terhadap insektisida
D. Meningkatnya keragaman hayati dalam lingkungan
39. Contoh produk masakan bertuliskan komposisi materi produk tersebut diantaranya: sakarin, karamel, erythrosine, NaCl, susu skim nabati, NaHCO3. Termasuk materi kimia alami yang disertakan pada produk masakan tersebut adalah....
A. Sakarin dan susu skim nabati
B. NaHCO3 dan karamel
C. Karamel dan NaCl
D. erythrosine dan susu skim nabati
40. Rokok, minuman keras, serta alkohol yang mengandung etil etanol, inhalen merupakan kalangan zat adiktif yang mengusik kerja tata cara saraf pusat. Berdasar kandungan zat tersebut maka efek yang diakibatkan bagi pengguna adalah....
A. membuat efek ketagihan dan ketergantungan
B. meminimalisir rasa sakit pada pasca operasi
C. membuat efek halusinasi yang berlebih
D. meminimalisir perasaan tertekan dan menenangkan
U U S
B. X Y Z
S U S
C. X Y Z
U S S
D. X Y Z
S U U
21. Sekelompok siswa sedang mengadakan pengamatan di suatu kolam dan di peroleh data berikut :
1. air
2. tumbuhan eceng gondok
3. lumpur
4. ikan mas
5. lele
6. gelembung udara
Komponen biotik di tunjukkan oleh nomor ....
A. 2, 4 dan 5
B. 2, 4 dan 6
C. 3, 5 dan 6
D. 1, 3 dan 5
22. Perhatikan gambar berikut!
Urutan langkah cara mengunakan mikroskop yang benar merupakan ....
A. 2, 3, 4, 5, 6, dan 1
B. 3, 1, 2, 5, 4, dan 6
C. 1, 2, 3, 4, 5, dan 6
D. 1, 2, 6, 3, 4, dan 523. Perhatikan gambar berikut!
Ciri hidup yang di tunjukkan oleh gambar tersebut merupakan ....
A. bergerak
B. peka terhadap rangsang
C. tumbuh
D. meningkat biak
24. Perhatikan pernyataan berikut!
1. memiliki akar tunggang dan besar
2. tulang daun lurus berupa pita
3. batang memiliki jaringan kambium
4. extra bunga jumlahnya berkelipatan 3
5. biji berkeping dua
Pernyataan yang merupakan ciri-ciri dari flora dikotil merupakan ....
A. 1, 2 dan 4
B. 1, 3 dan 5
C. 2, 3 dan 4
D. 3, 4 dan 5
25. Perhatikan gambar berikut!
Bagian sel yang berfungsi untuk mengontrol seluruh acara sel merupakan ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
26. Perhatikan gambar berikut!
Hubungan interaksi antara kedua mahluk hidup tersebut merupakan ....
A. mutualisme
B. komensalisme
C. parasitisme
D. antibiosis
27. Perhatikan gambar berikut!
Interaksi antara makluh hidup pada gambar tersebut merupakan ....
A. mutualisme
B. komensalisme
C. parasitisme
D. antibiosis
Usaha yang sanggup ditangani biar tidak terjadi pencemaran seumpama ditunjukkan oleh gambar adalah....
A. mencampakkan limbah ke maritim dalam sehingga kondusif bagi penduduk
B. menjalankan pembuatan limbah sebelum dibuang ke perairan
C. menciptakan sumur yang dalam untuk memuat limbah tersebut
D. menanami jenis tumbuhan paku untuk menguraikan limbah tersebut
29. Perhatikan gambar berikut!
Hubungan antar tulang yang di tunjuk oleh karakter Z sanggup digerakan ....
A. ke segala arah
B. satu arah dampai 180 o
C. memutar
D. ke dua arah
30. Perhatikan gambar berikut!
Enzim yang berfungsi merubah amilum menjadi glukosa dihasilkan oleh organ yang ditunjukkan nomor ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
31. Perhatikan gambar berikut!
Pada potongan yang ditunjuk dengan karakter X udara pernafasan akan mengalami proses....
A. pertukaran antara gas O2 dan CO2
B. pengaturan kelembaban dengan kenaikan gas O2
C. pengaturan suhu udara yang masuk di dalam
D. pergeseran kebosanan udara yang masuk
32. Perhatikan gambar berikut!
proses peredaran darah kecil adalah....
A. 1 – 4 - 2 – 3 - 5
B. 2 - 3 – 4 - 5 - 6
C. 3 – 5– 1 – 5 – 8
D. 5 – 8 – 10 – 9 – 1
33. Perhatikan gambar berikut!
Bagian yang ditunjuk olehHuruf A berfungsi ....
A. menyimpan udara hasil respirasi
B. melindungi jaringan di bawahnya
C. menyimpan cadangan makanan
D. tempat berlangsungnya proses fotosintesis
34. Perhatikan gambar percobaan berikut!
Kesimpulan dari percobaan tersebut adalah....
A. tumbuhan Hydrilla sungguh penting dalam proses fotosintesis
B. hasil proses tersebut dihasilkan gas CO2 dalam air
C. gas O2 menjadi materi dasar dalam proses fotosintesis
D. air dalam tabung tidak kokoh dalam fotosintesis
35. Perhatikan gambar!
Pada potongan yang ditunjuk dengan tanda panah berjalan ....
A. Filtrasi darah sehingga terbentuk filtral glomerulus
B. Penyerapan kembali zat-zat yang masih diperlukan
C. Reabsorbsi oleh dinding tubulus kontortus proksimal
D. augmentasi, sehingga terbuangnya seluruh zat sampah
36. Perhatikan gambar berikut!
Fungsi potongan yang ditunjuk oleh karakter P adalah....
A. menciptakan hormon testeteron
B. memproduksi hasil estrogen dan progesteron
C. tempat terjadinya proses pembuahan
D. tempat berkembangnya janin
37. Persilangan antara tumbuhan ercis berbatang tinggi dengan tumbuhan ercis berbatang pendek menciptakan tanamana ercis (F1) berbatang tinggi. Apabila F1 dibiarkan menyerbuk sendiri, berapa persenkah F2 yang berbatang tinggi heterozigotik?
A. 25%
B. 50%
C. 75%
D. 100%
38. Kemajuan bioteknologi bisa merubah peradaban dunia sehingga menyejahterakan kehidupan manusia. Namun sesuai dengan perkembangannya pemanfaatan bioteknologi sudah berpengaruh pada mutu lingkungan dimana insan hidup didalamnya. Berikut rujukan efek negatif terhadap lingkungan dari pemanfatan bioteknologi :
A. Dikembangkannya tumbuhan transgenik yang tahan terhadap hama
B. Pengolahan biji besi dengan mempergunakan basil Thiobacillus ferrookxidans
C. Ditemukan serangga mutan yang tahan terhadap insektisida
D. Meningkatnya keragaman hayati dalam lingkungan
39. Contoh produk masakan bertuliskan komposisi materi produk tersebut diantaranya: sakarin, karamel, erythrosine, NaCl, susu skim nabati, NaHCO3. Termasuk materi kimia alami yang disertakan pada produk masakan tersebut adalah....
A. Sakarin dan susu skim nabati
B. NaHCO3 dan karamel
C. Karamel dan NaCl
D. erythrosine dan susu skim nabati
40. Rokok, minuman keras, serta alkohol yang mengandung etil etanol, inhalen merupakan kalangan zat adiktif yang mengusik kerja tata cara saraf pusat. Berdasar kandungan zat tersebut maka efek yang diakibatkan bagi pengguna adalah....
A. membuat efek ketagihan dan ketergantungan
B. meminimalisir rasa sakit pada pasca operasi
C. membuat efek halusinasi yang berlebih
D. meminimalisir perasaan tertekan dan menenangkan
Demikianlah postingan mengenai Soal Latihan USBN Sekolah Menengah Pertama IPA Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru ini, mudah-mudahan berharga buat Sobat Praktakita yang sedang mencari referensi mengenai soal2 dari mata pelajaran IPA Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pengerjaan soal ataupun jawabannya. mudah-mudahan bisa berharga dan bisa digunakan selaku materi untuk belajar. Terima Kasih .