Soal Latihan Prakarya Smp Kelas 8 Pg Dan Essay Beserta Jawabannya Lengkap
Ilmu yakni wawasan yang sudah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan wawasan yakni pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis lantaran belum dicoba dan diuji.
Dalam konteks akademis atau profesional, cobaan (atau cobaan untuk pendek) yakni tes yang berencana untuk menyeleksi kesanggupan seorang mahasiswa atau kandidat dokter. Biasanya cobaan tes tertulis, meskipun beberapa mungkin simpel atau komponen praktis, dan sungguh bermacam-macam dalam struktur, isi dan kesusahan tergantung pada subjek, golongan usia orang yang diuji dan profesi.
Seseorang yang melalui cobaan menerima ijazah, suatu surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif yakni cobaan di mana pelamar berkompetisi untuk sejumlah posisi, selaku musuh cuma mesti meraih tingkat tertentu untuk lulus.
Sebagaimana yang kita pahami setiap siswa yang berada di tingkat pendidikan formal niscaya akan mengahadapi yang namanya Ujian selaku bentuk tes kepada para siswa untuk mengukur sejauh mana kesanggupan siswa tersebut dalam mengetahui pelajaran yang sudah di sampaikan oleh para guru, sehingga nantinya akan di sanggup hasil selaku materi penilaian untuk memperbaiki kesanggupan siswa ketingkat yang lebih baik lagi.
Maka menurut Hal tersebut pada postingan kali ini, saya akan menshare tentang Soal latihan Prakarya Sekolah Menengah Pertama Kelas 8 PG dan Essay Beserta Jawabannya Lengkap dengan jumlah 30 Soal. Dimana dalam pembagian soal latihan ini, saya menyajikan 2 bentuk soal soal yang pastinya biasa didapatkan dalam setiap Ujian atau Latihan soal di Sekolah dan mudah2an bisa menolong sobat prakta semua dikala menghadi Ujian, baik itu PAS (Penilaian Akhir Semester ataupun PAT (Penilaian Akhir Tahun).
Soal pada penggalan pertama yakni soal pilihan ganda Prakarya Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 beserta jawabannya dengan jumlah 25 Soal dan pastinya sudah ditambahkan kunci jawabannya agar teman2 semua bisa lebih gampang Untuk menghafalnya dan juga bisa memunculkan rujukan soal dikala cobaan nanti lantaran soal tersebut diambil menurut sumber dari buku mata pelajaran Kurikulum 2013.
Soal pada penggalan Kedua yakni soal essay Prakarya Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 beserta jawabannya dengan jumlah 5 Soal dan pastinya sudah ditambahkan kunci jawabannya supanya teman2 semua bisa lebih gampang Untuk menghafalnya dan juga bisa memunculkan rujukan soal dikala cobaan nanti lantaran soal tersebut diambil menurut sumber dari buku mata pelajaran Kurikulum 2013 Juga.
Mungkin itu saja sedikit ulasan tentang isi postingan yang hendak saya diskusikan kali ini, eksklusif saja kita menuju Soal latihan Prakarya Sekolah Menengah Pertama Kelas 8 PG dan Essay Beserta Jawabannya Lengkap berikut dibawah ini.
Soal latihan Prakarya Sekolah Menengah Pertama kelas 8 PG dan Essay Beserta Jawabannya Lengkap
Adapun soal-soal yang hendak kita diskusikan pada mata pelajaran Prakarya Sekolah Menengah Pertama Kelas 8 PG dan Essay yakni selaku berikut :
A. Soal Pilihan Ganda
1. Berikut yang bukan ialah ciri-ciri limbah keras
A. Praktis diurai di dalam tanah
B. Tidak gampang berubah bentuk
C. Sulit diolah
D. Berwujud keras serta padat
Keterangan berikut digunakan untuk menjawab soal 2 dan 3
a. Plastic
b. Pecahan keramik
c. Pecahan kaca
d. Baja
e. Kulit sapi
f. Tempurung kelapa
g. Tulang belulang sapi
2. Yang ialah limbah keras anorganik adalah
A. a, b, g
B. a, b, d
C. c, d, e
D. e, f, g
3. Yang ialah limbah keras organic adalah
A. a, b, g
B. a, b, c
C. c, d, e
D. e, f, g
4. Sebelum dimasak menjadi materi kerajinan, limbah keras pastinya mesti apalagi dulu lewat beberapa proses. Berikut yang bukan ialah proses pendahuluan pembuatan limbah keras
A. Sanitasi
B. Pembakaran
C. Penghancuran
D. Reboisasi
5. Berikut yang bukan ialah prinsip pembuatan limbah keras
A. Reduce
B. Reuse
C. Redundant
D. Recycle
6. Konsep menghemat limbah keras disebut juga dengan prinsip
A. Reduce
B. Reuse
C. Redundant
D. Recycle
7. Konsep menggunakan kembali limbah keras disebut juga dengan prinsip
A. Reduce
B. Reuse
C. Redundant
D. Recycle
8. Limbah keras yang hamper seluruhnya sanggup dimanfaatkan selaku materi dasar kerajinan adalah
A. Limbah keras anorganik
B. Limbah keras organic
C. Limbah pabrik
D. Limbah rumah tangga
Data berikut digunakan untuk menjawab pertanyaan nomor 9 hingga dengan nomor 12
a. cangkang kerang, tempurung kelapa, sisik ikan, dan tulang ikan.
b. Limbah kayu pinus, kayu albasia, kayu kamper
c. Tulang ternak; sapi, kerbau, kambing
d. Pecahan kaca, pecahan keramik, potongan logam, aneka plastic bekas perabot
9. Limbah keras yang berasal dari tempat perkotaan adalah
A. a
B. b
C. c
D. d
10. Limbah keras yang berasal dari tempat pegunungan adalah
A. a
B. b
C. c
D. d
11. Limbah keras yang berasal dari tempat pertanian adalah
A. a
B. b
C. c
D. d
12. Limbah keras yang berasal dari tempat pesisir adalah
A. a
B. b
C. c
D. d
13. Berikut yang bukan ialah produk kerajinan dari limbah berupa cangkang berskala sedang
A. Tirai
B. Replica hewan
C. Pelapis tempat sabun
D. Miniatur bangunan
14. Berikut yang bukan ialah produk kerajinan dari sisik ikan
A. Anting-anting
B. Sandal
C. Kalung
D. Alat tulis
15. Kondisi air pada dikala ini sudah sungguh memperihatinkan. Hal ini disebabkan khususnya oleh
A. Polusi udara
B. Polusi suara
C. Polusi tanah
D. Semakin bertambahnya jumlah penduduk
16. Berikut yang bukan ialah tujuan dari penjernihan air
A. Menghilangkan gas-gas terlarut
B. Menghilangkan rasa yang tidak enak
C. Membasmi kuman pathogen yang berbahaya
D. Menambah kadar karbondioksida dalam air
17. Pembuatan saringan air yang paling sederhana yakni dari bahan
A. Kapas
B. Kain katun
C. Keramik
D. Arang
18. Proses penjernihan air dengan cara mengisikan oksigen ke dalam air disebut dengan
A. Pemurnian oksigen
B. Aerasi
C. Abrasi
D. Reboisasi
19. Metode penjernihan air dengan cara saringan pasir cepat adalah
A. saringan air yang dibentuk dengan menggunakan lapisan pasir pada penggalan atas dan watu pada penggalan bawah
B. saringan air yang dibentuk dengan menggunakan atas lapisan pasir pada penggalan atas dan watu pada penggalan bawah
C. Saringan air yang dibentuk dengan menggunakan materi dari keramik
D. Saringan air yang dibentuk dengan menggunakan materi dari kain katun
20. Metode penjernihan air dengan cara saringan pasir lambat adalah
A. saringan air yang dibentuk dengan menggunakan lapisan pasir pada penggalan atas dan watu pada penggalan bawah
B. saringan air yang dibentuk dengan menggunakan atas lapisan pasir pada penggalan atas dan watu pada penggalan bawah
C. Saringan air yang dibentuk dengan menggunakan materi dari keramik
D. Saringan air yang dibentuk dengan menggunakan materi dari kain katun
21. yang dapat mengadopsi dan menghilangkan partikel-partikel lumpur serta logam yang terkandung dalam air limbah suspensi, dengan partikel kotoran terbang di dalam air adalah
A. biji kelor
B. tawas
C. kapur gamping
D. arang batok kelapa
22. Bahan yang berfungsi untuk mengoptimalkan pH air adalah
A. Biji kelor
B. Tawas
C. Kapur gamping
D. Arang batok kelapa
23. Untuk menghasilkan alat penjernih air dari materi alami tidak diperlukan keahlian selaku berikut
A. Memotong
B. Mengukir
C. Melubangi
D. Menyambung
24. Fungsi pasir zeolit adalah
A. Penyaring air dan penambah oksigen dalam air
B. Menyaring lumpur dan tanah
C. Membunuh kuman dan bakteri
D. Mencegah polusi air
25. Bahan penjernih air buatan yang berfungsi untuk membunuh kuman dan kuman adalah
A. Karbon aktif
B. Karbon pasif
C. Pasir zeolit
D. Klorin
1. Sebut dan jelaskan proses pembuatan sederhana materi dari limbah keras !!
Jawab :
2. Sebut dan jelaskan hal-hal yang mesti kalian amati dalam menghasilkan kerajinan dari materi tempurung kelapa!
Jawab :
3. Sebut dan jelaskan bagaimana cara menghasilkan kerajinan dari materi limbah kaca! Jawab:
4. Jelaskanlah proses penyaringan air dengan cara graffiti-led filtering system
Jawab :
Gravity-fed filtering system ialah adonan dari Saringan Pasir Cepat (SPC) dan Saringan Pasir Lambat (SPL). Air higienis dihasilkan lewat dua tahap.
Pertama-tama air disaring menggunakan Saringan Pasir Cepat (SPC). Air hasil penyaringan tersebut dan kemudian akibatnya disaring kembali menggunakan Saringan Pasir Lambat. Dengan dua kali penyaringan tersebut diinginkan mutu air higienis yang dihasilkan tersebut sanggup lebih baik.
Untuk mengantisipasi debit air hasil penyaringan yang keluar dari Saringan Pasir Cepat, sanggup digunakan beberapa Saringan Pasir Lambat.
5. Jelaskan mekanisme atau tahapan dalam menghasilkan alat penjernih air dengan materi alami!
Jawab :
A. Praktis diurai di dalam tanah
B. Tidak gampang berubah bentuk
C. Sulit diolah
D. Berwujud keras serta padat
Keterangan berikut digunakan untuk menjawab soal 2 dan 3
a. Plastic
b. Pecahan keramik
c. Pecahan kaca
d. Baja
e. Kulit sapi
f. Tempurung kelapa
g. Tulang belulang sapi
2. Yang ialah limbah keras anorganik adalah
A. a, b, g
B. a, b, d
C. c, d, e
D. e, f, g
3. Yang ialah limbah keras organic adalah
A. a, b, g
B. a, b, c
C. c, d, e
D. e, f, g
4. Sebelum dimasak menjadi materi kerajinan, limbah keras pastinya mesti apalagi dulu lewat beberapa proses. Berikut yang bukan ialah proses pendahuluan pembuatan limbah keras
A. Sanitasi
B. Pembakaran
C. Penghancuran
D. Reboisasi
5. Berikut yang bukan ialah prinsip pembuatan limbah keras
A. Reduce
B. Reuse
C. Redundant
D. Recycle
6. Konsep menghemat limbah keras disebut juga dengan prinsip
A. Reduce
B. Reuse
C. Redundant
D. Recycle
7. Konsep menggunakan kembali limbah keras disebut juga dengan prinsip
A. Reduce
B. Reuse
C. Redundant
D. Recycle
8. Limbah keras yang hamper seluruhnya sanggup dimanfaatkan selaku materi dasar kerajinan adalah
A. Limbah keras anorganik
B. Limbah keras organic
C. Limbah pabrik
D. Limbah rumah tangga
Data berikut digunakan untuk menjawab pertanyaan nomor 9 hingga dengan nomor 12
a. cangkang kerang, tempurung kelapa, sisik ikan, dan tulang ikan.
b. Limbah kayu pinus, kayu albasia, kayu kamper
c. Tulang ternak; sapi, kerbau, kambing
d. Pecahan kaca, pecahan keramik, potongan logam, aneka plastic bekas perabot
9. Limbah keras yang berasal dari tempat perkotaan adalah
A. a
B. b
C. c
D. d
10. Limbah keras yang berasal dari tempat pegunungan adalah
A. a
B. b
C. c
D. d
11. Limbah keras yang berasal dari tempat pertanian adalah
A. a
B. b
C. c
D. d
12. Limbah keras yang berasal dari tempat pesisir adalah
A. a
B. b
C. c
D. d
13. Berikut yang bukan ialah produk kerajinan dari limbah berupa cangkang berskala sedang
A. Tirai
B. Replica hewan
C. Pelapis tempat sabun
D. Miniatur bangunan
14. Berikut yang bukan ialah produk kerajinan dari sisik ikan
A. Anting-anting
B. Sandal
C. Kalung
D. Alat tulis
15. Kondisi air pada dikala ini sudah sungguh memperihatinkan. Hal ini disebabkan khususnya oleh
A. Polusi udara
B. Polusi suara
C. Polusi tanah
D. Semakin bertambahnya jumlah penduduk
16. Berikut yang bukan ialah tujuan dari penjernihan air
A. Menghilangkan gas-gas terlarut
B. Menghilangkan rasa yang tidak enak
C. Membasmi kuman pathogen yang berbahaya
D. Menambah kadar karbondioksida dalam air
17. Pembuatan saringan air yang paling sederhana yakni dari bahan
A. Kapas
B. Kain katun
C. Keramik
D. Arang
18. Proses penjernihan air dengan cara mengisikan oksigen ke dalam air disebut dengan
A. Pemurnian oksigen
B. Aerasi
C. Abrasi
D. Reboisasi
19. Metode penjernihan air dengan cara saringan pasir cepat adalah
A. saringan air yang dibentuk dengan menggunakan lapisan pasir pada penggalan atas dan watu pada penggalan bawah
B. saringan air yang dibentuk dengan menggunakan atas lapisan pasir pada penggalan atas dan watu pada penggalan bawah
C. Saringan air yang dibentuk dengan menggunakan materi dari keramik
D. Saringan air yang dibentuk dengan menggunakan materi dari kain katun
20. Metode penjernihan air dengan cara saringan pasir lambat adalah
A. saringan air yang dibentuk dengan menggunakan lapisan pasir pada penggalan atas dan watu pada penggalan bawah
B. saringan air yang dibentuk dengan menggunakan atas lapisan pasir pada penggalan atas dan watu pada penggalan bawah
C. Saringan air yang dibentuk dengan menggunakan materi dari keramik
D. Saringan air yang dibentuk dengan menggunakan materi dari kain katun
21. yang dapat mengadopsi dan menghilangkan partikel-partikel lumpur serta logam yang terkandung dalam air limbah suspensi, dengan partikel kotoran terbang di dalam air adalah
A. biji kelor
B. tawas
C. kapur gamping
D. arang batok kelapa
22. Bahan yang berfungsi untuk mengoptimalkan pH air adalah
A. Biji kelor
B. Tawas
C. Kapur gamping
D. Arang batok kelapa
23. Untuk menghasilkan alat penjernih air dari materi alami tidak diperlukan keahlian selaku berikut
A. Memotong
B. Mengukir
C. Melubangi
D. Menyambung
24. Fungsi pasir zeolit adalah
A. Penyaring air dan penambah oksigen dalam air
B. Menyaring lumpur dan tanah
C. Membunuh kuman dan bakteri
D. Mencegah polusi air
25. Bahan penjernih air buatan yang berfungsi untuk membunuh kuman dan kuman adalah
A. Karbon aktif
B. Karbon pasif
C. Pasir zeolit
D. Klorin
B. SOAL Essay
1. Sebut dan jelaskan proses pembuatan sederhana materi dari limbah keras !!
Jawab :
- Pemilahan materi limbah, Seleksi materi limbah keras perlu dilaksanakan sebelum proses produksi.
- Pembersihan limbah, Keadaan limbah keras umumnya tidak cukup bersih. Oleh lantaran itu, perlu dilaksanakan pembersihan dengan menggunakan detergen biar zat bekas masakan atau minuman sanggup larut dan limbah keras menjadi bersih.
- Pengeringan, Pengeringan dilaksanakan secara konvensional yakni menggunakan sinar matahari eksklusif atau sanggup juga secara eksklusif dengan dibersihkan menggunakan lap kering.
- Pewarnaan, Pewarnaan pada limbah keras sanggup dilaksanakan dengan cara disem- prot atau dikuas dengan cat.
- Pengeringan sehabis pewarnaan, Setelah diberi warna, materi limbah mesti dikeringkan kembali dengan sinar matahari eksklusif atau diangin-anginkan.
- Penghalusan materi biar siap pakai, Bahan limbah yang sudah kering sanggup difinishing biar gampang di- proses menjadi karya. Proses finishing juga banyak sekali macam cara- nya, mirip dipotong, ditempa, dilem, digerinda, dan diamplas.
2. Sebut dan jelaskan hal-hal yang mesti kalian amati dalam menghasilkan kerajinan dari materi tempurung kelapa!
Jawab :
- Pilihlah tempurung kelapa yang sudah sungguh-sungguh bau tanah dan kering dengan ciri penggalan potongannya berwarna kehitaman.
- Bersihkan serabut berangasan di permukaan tempurung kelapa menggunakan pecahan beling atau pisau. Lakukan langkah ini dengan hati-hati.
- Bersihkan sisa serabut halus pada permukaan tempurung menggunakan amplas kasar, kemudian gunakan amplas halus untuk menghaluskan permukaan tempurung secara merata.
- Agar permukaan tempurung mengilap, kau sanggup menggosok permukaan tempurung menggunakan daun kering secara berulang hingga terlihat mengilap. Cara lain yang dapat ditempuh dengan mengecatnya menggunakan cat pernis.
- Potong tempurung sesuai dengan contoh kerajinan yang hendak dibentuk menggunakan gergaji besi.
3. Sebut dan jelaskan bagaimana cara menghasilkan kerajinan dari materi limbah kaca! Jawab:
- Kumpulkan pecahan beling dalam karung dan dipukul-pukul dari luar menggunakan kayu. Ukuran serpihan beling tidak terlampau halus cukup hingga bongkahan kecil-kecil saja biar gampang dicetak.
- Siapkan cetakan beling yang yang dibikin dari keramik yang dibakar hingga suhu melampaui suhu bakar kaca, biar beling sanggup di- bentuk mirip cetakan.
- Lapisi cetakan menggunakan kaolin atau alumina yang dicair- kan biar pada dikala meleleh beling tidak melekat pada keramik dan gampang dilepas dari cetakan.
- Bakar beling yang sudah dimasukkan dalam cetakan ke dalam tungku keramik. Bakar hingga suhu 650-9000C tergantung ke- tebalan kaca.
- Siapkan tataan untuk asesoris mirip cincin atau kalung. Masuk- kan beling yang sudah dicetak dalam tataan cincin atau kalung.
4. Jelaskanlah proses penyaringan air dengan cara graffiti-led filtering system
Jawab :
Gravity-fed filtering system ialah adonan dari Saringan Pasir Cepat (SPC) dan Saringan Pasir Lambat (SPL). Air higienis dihasilkan lewat dua tahap.
Pertama-tama air disaring menggunakan Saringan Pasir Cepat (SPC). Air hasil penyaringan tersebut dan kemudian akibatnya disaring kembali menggunakan Saringan Pasir Lambat. Dengan dua kali penyaringan tersebut diinginkan mutu air higienis yang dihasilkan tersebut sanggup lebih baik.
Untuk mengantisipasi debit air hasil penyaringan yang keluar dari Saringan Pasir Cepat, sanggup digunakan beberapa Saringan Pasir Lambat.
5. Jelaskan mekanisme atau tahapan dalam menghasilkan alat penjernih air dengan materi alami!
Jawab :
- Menentukan atau tentukan versi bentuk dan ukuran alat penjernih air yang hendak dibuat, sehabis sebelumnya mengerjakan penelitian alur cara kerja penjernih air, baik lewat pelatihan, internet atau informasi wacana alat penjernih air yang ada di tempat setempat.
- Membuat skema gambar benda yang hendak dibentuk dan gambar teknik yang dilengkapi dengan ukuran.
- Menentukan dan merencanakan alat tangan (hand tools) yang hendak digunakan dan materi alam apa saja yang diinginkan selaku penyaring serta selaku wadah air, kanal penghubung pipa, selang atau bambu maupun keran yang dibutuhkan.
- Menentukan langkah menghasilkan alat penjernih air, yakni menyeleksi penggalan mana yang hendak dibentuk apalagi dahulu.
- Membuat dan merakit alat penjernih air sesuai rencana.
- Menguji ialah penggalan penting dalam pengerjaan alat penjernih air dan dilanjutkan dengan menyempurnakan.
Demikianlah postingan mengenai Soal latihan Prakarya Sekolah Menengah Pertama Kelas 8 PG dan Essay Beserta Jawabannya Lengkap ini, mudah-mudahan berfaedah buat teman2 yang sedang mencari rujukan tentang soal2 dari mata pelajaran Prakarya Kelas 8 Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pengerjaan soal ataupun jawabannya. mudah-mudahan bisa berfaedah dan bisa digunakan selaku materi untuk belajar. Terima Kasih .