Soal Latihan Usbn Smp B. Indonesia Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru
Ilmu merupakan wawasan yang sudah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan wawasan merupakan pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis alasannya merupakan belum dicoba dan diuji.
Dalam konteks akademis atau profesional, cobaan (atau cobaan untuk pendek) merupakan tes yang berencana untuk menegaskan kesanggupan seorang mahasiswa atau kandidat dokter. Biasanya cobaan tes tertulis, walaupun beberapa mungkin simpel atau komponen praktis, dan sungguh bermacam-macam dalam struktur, isi dan kesusahan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.
Seseorang yang melalui cobaan memperoleh ijazah, suatu surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif merupakan cobaan di mana pelamar berkompetisi untuk sejumlah posisi, selaku musuh cuma mesti meraih tingkat tertentu untuk lulus.
Sebagaimana yang kita ketahui setiap siswa yang berada di tingkat pendidikan formal niscaya akan mengahadapi yang namanya Ujian selaku bentuk tes terhadap para siswa untuk mengukur sejauh mana kesanggupan siswa tersebut dalam mengerti pelajaran yang sudah di sampaikan oleh para guru, sehingga nantinya akan di sanggup hasil selaku materi penilaian untuk memperbaiki kesanggupan siswa ketingkat yang lebih baik lagi.
Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau biasa disingkat USBN merupakan metode penilaian standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional untuk meningkatakan persamaan mutu tingkat pendidikan antar tempat yang dijalankan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia menurut Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dijalankan penilaian selaku bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan terhadap pihak-pihak yang berkepentingan.
Lebih lanjut dinyatakan bahwa penilaian dijalankan oleh forum yang berdikari secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menganggap pencapaian standar nasional pendidikan dan proses pemantauan penilaian tersebut mesti dijalankan secara berkesinambungan.
Proses pemantauan penilaian tersebut dijalankan secara terus menerus dan berkelanjutan pada kesudahannya akan sanggup membereskan mutu pendidikan. Pembenahan mutu pendidikan dimulai dengan penentuan standar.
Penentuan standar yang terus bertambah diinginkan akan mendorong kenaikan mutu pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan standar pendidikan merupakan penentuan nilai batas (cut off score).
Seseorang dibilang sudah lulus/kompeten bila sudah melalui nilai batas tersebut berupa nilai batas antara penerima didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan penerima didik yang belum menguasai kompetensi tertentu.
Bila itu terjadi pada cobaan nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara penerima didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, kesibukan penentuan batas kelulusan disebut standard setting.
Manfaat pengaturan standar cobaan simpulan :
Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau biasa disingkat USBN merupakan metode penilaian standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional untuk meningkatakan persamaan mutu tingkat pendidikan antar tempat yang dijalankan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia menurut Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dijalankan penilaian selaku bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan terhadap pihak-pihak yang berkepentingan.
Lebih lanjut dinyatakan bahwa penilaian dijalankan oleh forum yang berdikari secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menganggap pencapaian standar nasional pendidikan dan proses pemantauan penilaian tersebut mesti dijalankan secara berkesinambungan.
Proses pemantauan penilaian tersebut dijalankan secara terus menerus dan berkelanjutan pada kesudahannya akan sanggup membereskan mutu pendidikan. Pembenahan mutu pendidikan dimulai dengan penentuan standar.
Penentuan standar yang terus bertambah diinginkan akan mendorong kenaikan mutu pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan standar pendidikan merupakan penentuan nilai batas (cut off score).
Seseorang dibilang sudah lulus/kompeten bila sudah melalui nilai batas tersebut berupa nilai batas antara penerima didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan penerima didik yang belum menguasai kompetensi tertentu.
Bila itu terjadi pada cobaan nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara penerima didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, kesibukan penentuan batas kelulusan disebut standard setting.
Manfaat pengaturan standar cobaan simpulan :
- Adanya batas kelulusan setiap mata pelajaran sesuai dengan permintaan kompetensi minimum.
- Adanya standar yang serupa untuk setiap mata pelajaran selaku standar minimum pencapaian kompetensi.
Maka menurut Hal tersebut pada postingan kali ini, saya akan menshare mengenai Soal latihan USBN Sekolah Menengah Pertama B. Indonesia Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru dengan jumlah 50 Soal. Dimana dalam soal latihan ini, yakni berupa soal opsi ganda dan pastinya sudah ditambahkan kunci jawabannya supaya Sobat Prakata semua bisa lebih gampang Untuk menghafalnya dan juga bisa memunculkan acuan soal sewaktu akan melaksakan USBN tersebut nanti alasannya merupakan soal tersebut diambil menurut sumber dari buku mata pelajaran yang dipelajari di Sekolah pada umumnya.
Baca Juga :
- Soal latihan UN Sekolah Menengah Pertama Bahasa Inggris Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap
- Soal latihan UN Sekolah Menengah Pertama Bahasa Indonesia Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap
- Soal latihan UN Sekolah Menengah Pertama IPA Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap
- Soal latihan UN Sekolah Menengah Pertama Matematika Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap
Mungkin itu saja sedikit ulasan mengenai isi postingan yang mau saya diskusikan kali ini, pribadi saja kita menuju Soal latihan USBN Sekolah Menengah Pertama B. Indonesia Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru berikut dibawah ini.
Soal latihan USBN Sekolah Menengah Pertama B. Indonesia Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru
Adapun soal-soal yang mau kita diskusikan pada mata pelajaran B. Indonesia Kelas 9 ini selaku materi acuan sewaktu menghadapi Ujian Sekolah merupakan selaku berikut :
1.Cermatilah teks berikut!
Biografi Mario Teguh
"Salam Super" itulah kata-kata pembuka yang lazim diucapkan oleh Mario Teguh sewaktu ia mulai membawakan jadwal di Metro TV yang bertajuk 'Mario Teguh Golden Ways'. Terkenal selaku motivator terbaik di Indonesia yang mempunyai kepribadian yang pintar serta bisa memotivasi banyak orang lewat rangkaian kata-kata bijaknya sehingga ia makin banyak disenangi oleh orang-orang.Makna kata bercetak miring tebal pada kutipan teks tersebut merupakan …
A. Orang yang bertugas mengingatkan orang lain biar senantiasa melaksanakan perbuatan baik.
B. Orang yang bertugas menolong seseorang dalam menyelesaikan duduk problem pribadinya.
C. Orang yang memunculkan timbulnya dorongan pada orang lain untuk melaksanakan sesuatu.
D. Orang yang menghidupkan semangat seseorang biar berasil dalam menjalankan usahanya.
Bacalah kutipan teks berikut untuk menjawab soal nomor 2 dan 3! Kelestarian Lingkungan Hidup
Lingkungan merupakan sesuatu yang ada di sekeliling insan yang sanggup memengaruhi kehidupan manusia. Lingkungan hidup merupakan kesatuan ruang dengan benda dan kesatuan makhluk hidup tergolong insan terlibat di dalamnya. Manusia mesti menyadari bahwa lingkungan merupakan fasilitas pengembangan hidup yang mesti dijaga kelestariannya.
Dalam lingkungan hidup terdapat ekosistem, yakni tatanan unsur lingkungan hidup yang merupakan kesatuan utuh menyeluruh dan saling memengaruhi dalam membentuk keseimbangan, stabilitas, dan produktivitas lingkungan hidup. Lingkungan hidup sanggup dibedakan menjadi tiga, yakni unsur hayati (biotik), unsur sosial budaya, dan unsur fisik (abiotik). Unsur hayati (biotik), yakni unsur lingkungan hidup yang berisikan makhluk hidup, seumpama manusia, hewan, tumbuhan dan jasad renik. Unsur sosial budaya, yakni lingkungan sosial dan budaya yang dibentuk oleh insan berupa metode nilai, gagasan, dan kepercayaan dalam sikap selaku makhluk
sosial. Unsur fisik (abiotik), yakni unsur lingkungan hidup yang berisikan makhluk tak hidup, seumpama tanah, air, iklim, udara dan lain sebagainya. Keberadaan unsur ini sungguh besar bagi kelancaran hidup segenap kehidupan di bumi.
2. Informasi yang sesuai dengan isi teks tersebut merupakan ….
A. Tanpa adanya unsur lingkungan hidup, insan tidak hidup di bumi ini.
B. Unsur abiotik tidak terlampau kokoh terhadap kelancaran hidup manusia.
C. Unsur sosial budaya diciptakan oleh insan untuk kelestarian kehidupan di bumi.
D. Lingkungan hidup yang termasuk unsur biotik, sosial budaya, dan abiotik mesti dijaga kelestariannya.
3. Simpulan isi teks tersebut merupakan ...
A. Manusia mesti mempertahankan kelestarian lingkungan hidup.
B. Manusia sanggup mempergunakan seluruh isi lingkungan hidup.
C. Seluruh unsur lingkungan hidup saling mempengaruhi demi kehidupan manusia.
D. Unsur biotik, sosial budaya, dan abiotik mesti dimanfaatkan insan secara seimbang.
Cermatilah teks berikut kemudian jawablah soal nomor 4 dan 5!
Ternyata jeruk nipis berharga dalam mengobati batuk. Buah ini mempunyai kandungan berupa minyak asiri dan zat yang sanggup berharga mengendalikan otot-otot pernapasan sehingga bisa meredakan batuk. Adapun cara penggunaannya yakni dengan cara meminum air perasan dari jeruk nipis yang sanggup diaduk dengan madu, kecap atau gula sehingga rasa asamnya berkurang.
4. Ide pokok teks tersebut merupakan ....
A. faedah jeruk nipis
B. kandungan jeruk nipis
C. gabungan jeruk nipis
D. cara penggunaan jeruk nipis
5. Isi yang tersirat pada pecahan teks tersebut merupakan ....
A. Jeruk nipis sanggup diaduk dengan zat lainnya
B. Jeruk nipis sanggup ditanam di pekarangan rumah
C. Jeruk nipis mempunyai khasiat untuk mempertahankan kesehatan
D. Jeruk nipis lebih berharga dibandingkan jeruk lainnya
6. Bacalah kutipan teks berikut!
Perlunya Resapan Air untuk Mencegah Banjir
Banjir sudah menjadi kesibukan tahunan bagi penduduk Indonesia. Tidak heran bila pemerintah berjuang keras dan mengeluarkan ongkos yang sungguh besar untuk menyelesaikan duduk problem ini. Membangun akses air yang elok merupakan salah satu cara pemerintah menanggulangi banjir. Namun, itu semua tidak akan berhasil apabila tidak diimbangi dengan pembangunan tempat resapan air. Jadi, resapan air ini merupakan syarat mutlak untuk menanggulangi banjir.Pendapat yang mendukung kutipan isi teks tersebut merupakan ...
A. Solusi tersebut cuma akan memboroskan duit negara.
B. Solusi seumpama itu sudah sempurna sehingga mesti secepatnya direalisasikan.
C. Solusi yang diseleksi pemerintah tidak akan bisa menanggulangi banjir.
D. Solusi tersebut masuk akal, tetapi sulit membangun resapan air di perkotaan.
7. Cermatilah teks berikut!
Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita sudah mengenal tumbuhan pengecap buaya serta manfaatnya. Manfaat tumbuhan yang berjulukan latin Aloe Vera ini tidak cuma selaku penyubur rambut, tetapi juga berharga bagi kesehatan. Tumbuhan tanpa buah ini mempunyai ciri-ciri, seumpama daun berupa panjang, tebal, dan berwarna hijau. Daunnya mengandung serat bening selaku daging.
Meskipun sejak dahulu dipahami mempunyai banyak khasiat, belum banyak yang mengenali bahwa tumbuhan ini dapat menjadi komoditas yang menguntungkan. Komoditas yang berbahan pengecap buaya, di antaranya obat untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit, jus pengecap buaya atau gel selaku obat pencahar yang bagus dan sungguh menolong jikalau mengalami sembelit, ramuan penyubur rambut, juga selaku minuman yang menyehatkan.
Ringkasan paragraf tersebut adalah....
A. Lidah buaya berharga selaku penyubur rambut juga untuk kesehatan.
B. Lidah buaya sungguh berharga untuk mengobati banyak sekali macam penyakit.
C. Lidah buaya selain berharga juga menjadi komoditas yang menguntungkan.
D. Lidah buaya mempunyai ciri-ciri tertentu dan nilai komoditas yang menguntungkan.
8. Bacalah kutipan teks berikut!
Kutipan teks I
Gamelan Jawa
Yogyakarta merupakan tempat yang paling sempurna untuk menikmati gamelan. Di kota ini Anda sanggup menikmati gamelan model aslinya. Gamelan yang meningkat di Yogyakarta merupakan Gamelan Jawa yakni musik yang biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang, dan gong. Musik yang tercipta pada Gamelan Jawa berasal dari paduan bunyi gong, kenong, dan alat musik Jawa lainnya.Gamelan Jawa berlawanan dengan Gamelan Bali ataupun Gamelan Sunda. Gamelan Jawa mempunyai nada yang lebih lembut dan slow, berlawanan dengan Gamelan Bali yang rancak dan Gamelan Sunda yang sungguh mendayu-dayu dan didominasi bunyi seruling. Perbedaan itu wajar, alasannya merupakan Jawa mempunyai persepsi hidup tersendiri yang diungkapkan dalam irama musik gamelannya. Adanya perbedaan gamelan Jawa, Bali, ataupun Sunda mengindikasikan bahwa masing-masing tempat mempunyai persepsi hidup dan budaya sehingga kokoh pada gamelannya.
Kutipan teks II
KEKERINGAN
Kekeringan merupakan kondisi kehabisan air yang sungguh ekstrim dalam waktu lama. Kekeringan timbul tanpa sanggup diprediksi secara tepat. Di Indonesia, hujan turun secara tidak merata walaupun kebanyakan hujan terjadi di seluruh kawasan negeri. Selain itu, hujan tidak terjadi dalam waktu yang bersamaan. Di kawasan barat, hujan sudah turun, tetapi di kawasan timur belum turun hujan. Kekeringan biasanya timbul bila suatu kawasan secara terus-menerus mengalami curah hujan di bawah rata-rata. Musim kemarau yang panjang akan menjadi malapetaka apabila memunculkan suatu kawasan kehilangan sumber pendapatan akhir gangguan pada pertanian dan ekosistem yang ditimbulkannya.Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan teks tersebut adalah....
9. Bacalah teks berikut!
1) Penerbit Wayang mempublikasikan buku modern yang berjudul Sudah Saatnya Menjadi Penulis Hebat. 2) Buku ini ditulis oleh Bendi Derajat. 3) Judulnya menarik, isinya lengkap, bahasanya ringan dan gampang dipahami serta berharga bagi pembaca. 4) Hanya saja buku tersebut memakai banyak perumpamaan akademik yang menyibukkan dipahami pembaca awam.
Kelemahan karya sastra yang terdapat pada ulasan buku tersebut ditandai nomor...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
Bacalah kutipan cerpen berikut kemudian jawablah soal nomor 10 s.d. 13!
Langit menjadi kelabu. Awan hitam mulai tak bisa lagi membendung butiran air. Matahari pergi. Sinarnya pun tak berbekas. Di samping rumah Nada, nampak Dio masih asyik bermain dengan merpatinya. Nada tersenyum menatapnya dari balik jendela kamarnya. Ya, tetangganya itu memang sungguh menggemari merpati. Bahkan di samping rumahnya ada suatu sangkar merpati yang cukup luas miliknya sendiri. Ia biasa menyebutnya istana Merpati Dara Dori. Begitu banyak jenis merpati yang ia piara. Semuanya sepasang. Ada merpati lokal, merpati kipas, merpati gondok, merpati Lahore, dan masih banyak lagi. Namun, di antara semua merpatinya, merpati setempat berwarna seputih saljulah yang paling ia sukai. Dara dan Dori.
10. Makna kata “membendung” pada kutipan cerpen tersebut merupakan ….
A. menahan
B. menampung
C. membentengi
D. mengumpulkan
11. Pernyataan yang sesuai dengan isi cerpen tersebut merupakan …
A. Merpati yang paling Dio Gemari merupakan merpati Lahore.
B. Dio seorang yang menggemari banyak sekali jenis burung merpati.
C. Kandang burung yang ada sengaja dibentuk untuk Dara dan Dori.
D. Nada membenci kalau Dio memelihara banyak burung merpati.
12. Kutipan cerpen tersebut merupakan pecahan alur ...
A. pengenalan
B. komplikasi
C. klimaks
D. penyelesaian
13. Latar situasi yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut merupakan .…
A. mendung
B. hujan
C. dingin
D. sunyi
Bacalah kutipan cerpen berikut kemudian jawablah soal nomor 14 s.d.17!
“Nada, minggu depan kita mesti pindah ke Jogjakarta. Ayah dipindahtugaskan di sana.” Bagaikan petir di siang bolong menyambar Nada yang saat itu juga itu pribadi membisu mematung. “Kenapa mendadak, Bunda? Nada senang tinggal di sini. Apa Nada tidak dapat tetap tinggal di sini? Sekolah Nada gimana?” “Tidak bisa, sayang. Kamu mau tinggal sama siapa di sini? Masalah sekolah, semua sudah diurus Ayah. Kamu cuma tinggal mengemasi barang-barangmu.” Nada terdiam. Tak mungkin bisa ia membantah. Minggu depan ia mesti meninggalkan tempat ini. Tepat di hari ulang tahun Dio yang ke-18. Terasa berat untuknya meninggalkan tempat ini. Terlalu banyak ingatan yang terukir. Semakin terasa berat sewaktu mesti meninggalkan Dio.
14. Makna simbol petir di siang bolong pada kutipan cerpen tersebut adalah....
A. merasa sedih
B. merasa bingung
C. sungguh terkejut
D. merasa heran
15. Amanat yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut merupakan ...
A. Sebagai anak mesti patuh pada kedua orang tua.
B. Lakukan perintah orang bau tanah walaupun dengan terpaksa!
C. Ikhlaskan diri kita dalam melakukan sesuatu pekerjaan!
D. Setiap keputusan biar dibicarakan apalagi dahulu dengan keluarga!
16. Penyebab terjadinya pertentangan pada kutipan cerpen tersebut merupakan ...
A. Perasaan berat hati Nada mesti meninggalkan Dio.
B. Nada merasa resah dengan duduk problem sekolahnya.
C. Kepindahan tempat kiprah ayah Nada yang mendadak.
D. Nada merasa berat meninggalkan tempat tinggal yang sekarang.
17. Akibat pertentangan yang terjadi pada kutipan cerpen tersebut adalah...
A. Nada membisu mematung selama satu minggu.
B. Nada mesti secepatnya mengemasi barang-barang miliknya.
C. Meskipun merasa berat, minggu depan Nada mesti ikut pindah ke Yogyakarta.
D. Ayah dan ibu Nada mesti mencari tempat tinggal dan sekolah gres untuk Nada.
18. Bacalah kutipan fabel berikut!
Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan fabel tersebut diawali dengan ....
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan fabel tersebut adalah….
Cermatilah kutipan fabel berikut untuk menjawab soal nomor 20 s.d.22!
Kupu-Kupu Berhati Mulia
Di suatu hutan ada seekor semut berjalan-jalan di taman. Ia sungguh senang alasannya merupakan bisa berjalan-jalan menyaksikan taman yang indah. Sang semut berkeliling taman sambil menyapa binatang-binatang yang berada di taman itu. Ia menyaksikan suatu kepompong di atas pohon. Sang semut mengejek bentuk kepompong yang jelek dan tidak dapat pergi ke mana-mana “Hei, kepompong alangkah jelek nasibmu. Kamu cuma bisa menggantung di ranting itu. Ayo jalan-jalan, lihat dunia yang luas ini. Bagaimana nasibmu jikalau ranting itu patah?” Sang semut senantiasa membanggakan dirinya yang dapat pergi ke tempat ia suka. Bahkan, sang semut kokoh mengangkat beban yang lebih besar dari tubuhnya. Sang semut merasa bahwa dirinya merupakan binatang yang paling hebat. Si kepompong cuma membisu saja mendengar usulkan tersebut.Pada suatu pagi sang semut kembali berjalan ke taman itu. Karena hujan, genangan lumpur terdapat di mana-mana. Lumpur yang licin menghasilkan semut tergelincir dan jatuh ke dalam lumpur.
Sang semut nyaris karam dalam genangan lumpur itu. Semut berteriak sekencang mungkin untuk meminta bantuan. “ Tolong, bantu aku! Aku mau tenggelam, tolong..., tolong...!” Untunglah sewaktu itu ada seekor kupu-kupu yang melayang melintas. Kemudian, kupu- kupu menjulurkan suatu ranting ke arah semut. “Semut, peganglah erat-erat ranting itu! Nanti saya akan mengangkat ranting itu.” Lalu, sang semut memegang erat ranting itu. Si kupu-kupu mengangkat ranting itu dan menurunkannya di tempat yang aman. Kemudian, sang semut berterima kasih terhadap kupu-kupu alasannya merupakan kupu-kupu sudah menyelamatkan nyawanya. Ia memuji kupu-kupu selaku binatang yang jago dan terpuji. Mendengar kebanggaan itu, kupu-kupu berkata terhadap semut. “Aku merupakan kepompong yang pernah kau ejek,” kata si kupu-kupu. Ternyata, kepompong yang dahulu diejek sudah menyelamatkan dirinya. Akhirnya, sang semut berjanji terhadap kupu-kupu bahwa beliau tidak akan mencibir semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di taman itu.
20. Komentar yang sempurna terhadap isi fabel tersebut merupakan ...
A. Cerita kurang memukau alasannya merupakan berisi hal-hal yang tidak sanggup diterima oleh nalar sehat pembaca.
B. Isi dongeng elok alasannya merupakan mengajarkan terhadap pembaca biar jangan arogan dan tidak
balas dendam.
C. Isi dongeng tersebut cukup bagus, tetapi sayang sekali pesan moralnya tidak terang untuk dimengerti
oleh pembaca.
D. Isi dongeng elok walaupun dalam kehidupan sehari-hari pesan moral dalam dongeng tersebut
sulit untuk dijalankan.
21. Komentar yang sempurna terhadap pola pengembangan kutipan fabel tersebut adalah...
A. Pola pengembangan fabel tersebut dimulai dengan memunculkan duduk problem yang mesti tertuntaskan oleh tokoh semut.
B. Pola pengembangan dongeng tersebut dimulai dengan memperlihatkan lokasi alasannya merupakan di dalam kutipan fabel dimunculkan lokasi dongeng yakni di suatu hutan.
C. Pola pengembangan dongeng tersebut dimulai dengan mengidentifikasi garis besar dongeng alasannya merupakan dengan membaca kutipan fabel tersebut pembaca sanggup mengenali garis besar ceritanya.
D. Pola pengembangan dongeng tersebut dimulai dengan mengisyaratkan ketegangan (bahaya) alasannya merupakan di dalam kutipan fabel tersebut tokoh menghadapi hal yang membahayakan.
22. Komentar yang sempurna terhadap penggunaan bahasa kutipan fabel tersebut adalah...
A. Banyak memakai kata-kata yang memiliki arti kiasan sehingga menyusahkan pembaca dalam mengerti isi dongeng tersebut.
B. Bahasa yang digunakan dalam fabel tersebut merupakan bahasa sehari-hari sehingga pembaca gampang dalam mengerti isi fabel tersebut.
C. Kalimat yang digunakan dalam fabel menggunakan kalimat yang panjang- panjang sehingga menjemukan pembaca.
D. Fabel tersebut banyak memakai perumpamaan dan peribahasa yang menyibukkan dipahami oleh pembaca.
23. Cermatilah kalimat berikut!
Kekeringan yang terjadi terlalu usang sanggup mempunyai pengaruh pada turunnya ... tumbuhan dan merugikan petani.
Kata yang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut merupakan ....
A. produksi
B. produsen
C. konsumsi
D. konsumen
24. Perhatikan teks berikut!
Membuat Puding Kelapa Muda
- Sediakan agar-agar, gula,santan, kelapa muda,vanili, dan telur kemudian kocok.
- [.........]
- Setelah mendidih, masukkan agar-agar, santan, gula, kelapa muda, dan telur yang sudah dikocok.
- Biarkan hingga mendidih kembali, kemudian angkat.
- Tuanglah ke dalam cetakan.
Kalimat yang sempurna untuk melengkapi teks tersebut merupakan ...
A. Biarkan cuek dalam lemari.
B. Masak air hingga mendidih.
C. Masak adonan dengan api sedang.
D. Biarkan mengeras, kemudian sajikan.
25. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
Cara Mematikan Komputer
- Tutup semua jadwal atau aplikasi yang sedang aktif
- Klik sajian “Turn Off Computer”
- Klik tombol “Start” dengan mouse pada sajian Dekstop
- Diamkan beberapa sewaktu hingga komputer padam.
- Pada kotak pembicaraan “Turn Off Computer”, klik tombol “Turn Off”
- Cabut kabel listrik dari jala-jala listrik
- Tekan tombol OFF pada monitor untuk memadamkan monitor
- Tutup dengan penutup
Kalimat-kalimat tersebut sanggup disusun menjadi teks laporan yang padu dengan urutan nomor….
A. 1-3-2-4-5-7-6-8
B. 1-3-2-5-4-7-6-8
C. 1-2-3-4-5-7-6-8
D. 1-2-4-3-6-5-7-8
26. Cermatilah kalimat rumpang berikut!
Upaya mendekatkan lokasi tempat tinggal dengan lokasi kesibukan merupakan salah satu ...yang sanggup dijalankan dalam menangani kemacetan.
Kata yang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut merupakan ....
A. solusi
B. alternatif
C. pemikiran
D. perkiraan
27. Cermatilah teks berikut!
Di dataran rendah yang kering, tumbuhan mangga sanggup memperoleh sinar matahari selama 12 jam sarat sepanjang tahun. [...] Semakin intensif sinar matahari, kian manis buah yang dihasilkan. Dengan sinar matahari sarat selama 12 jam, tumbuhan mangga sanggup leluasa membentuk karbohidrat dan gula.
Kalimat yang sempurna untuk melengkapi teks tersebut merupakan ...
A. Sinar matahari berperan dalam penyerbukan bunga.
B. Sinar matahari berharga bagi penyuburan tanaman.
C. Sinar matahari menolong dalam penyebaran buah.
D. Sinar matahari berperan untuk pembentukan buah.
28. Bacalah teks berikut!
Kelebihan novel ini menghasilkan para pembaca sanggup mengintrospeksi diri mengenai keharusan seorang anak memuliakan seorang ibu. Pembaca bisa lebih tahu perasaan seorang ibu sewaktu anak-anaknya tidak berpihak padanya. Novel ini juga dibungkus dengan bahasa yang gampang dipahami sehingga para pembaca tidak sulit untuk memahaminya.
[...]
Novel ini cocok dibaca oleh semua golongan biar semua tahu bahwa ibu merupakan satu-satunya orang yang nrimo mencintai kita tanpa pamrih, syarat, dan memperoleh kita kapanpun. Ibu berkorban tanpa meminta imbalan bahkan kita tidak sadar dan tidak tahu bahwa seorang ibulah yang senantiasa mendoakan kita di manapun kita berada. Karena seorang ibu senantiasa menghendaki anaknya sukses. Saat ibu telah tiada cuma doa anak yang soleh dan solehahlah yang mau senantiasa menyertainya. Mari kita doakan ibu kita.
Paragraf berisi kehabisan yang sempurna untuk melengkapi teks tersebut merupakan ...
A. Hanya sungguh disayangkan masih terdapat penulisan kata-kata yang kurang tepat. Meskipun begitu novel ini tetap disarankan untuk dibaca. Karena dengan membaca novel ini akan memperbesar rasa sayang kita terhadap seorang ibu.
B. Pada permulaan kisah novel ini, sang penulis Wahyu Derapriyangga menceritakan usaha seorang ibu yakni Restiana untuk menghidupi dan mendidik anak- anaknya setelah suaminya meninggal.
C. Kenyataan pahit yang ia alami itu bermula dari suaminya yang meninggal alasannya merupakan kecelakaan, sewaktu menyebrangi jalan sewaktu menjemput si Sulung di sekolahnya. Ayahnya menghembuskan nafas terakhirnya di pangkuan si Sulung.
D. Jangan Buang Ibu Nak, merupakan novel karya Wahyu Derapriyangga yang menceritakan mengenai usaha seorang ibu yang tinggal di Ibu kota. Ia berjulukan Restiana,ia mesti menghidupi ketiga orang anaknya yakni Sulung,Tengah dan Bungsu.
29. Bacalah teks berikut!
Kegiatan mencar ilmu merupakan kesibukan yang mesti dijalankan secara berkala oleh pelajar. Dengan kata lain, mencar ilmu merupakan kesibukan wajib bagi pelajar. Belajar tidak cuma dijalankan di kelas, tetapi Anda juga bisa melakukannya secara berdikari maupun berdiskusi kelompok di tempat lain.
Sebagian siswa kesusahan dalam mengendalikan waktu mencar ilmu secara efisien dan efektif dikarenakan ketidaktahuannya dalam mengendalikan jadwal. Padahal hal ini merupakan suatu yang sungguh penting untuk diperhatikan. Karena jikalau waktu mencar ilmu dikontrol dengan benar, maka mencar ilmu pun akan lebih efisien dan efektif.
Buatlah jadwal belajar. Hal yang paling penting di sini merupakan penyusunan jadwal belajar. Cobalah untuk menghasilkan jadwal mencar ilmu dan sesuaikan dengan jumlah pelajaran yang mau Anda pelajari. Dengan begitu Anda akan sanggup menyusun jadwal mencar ilmu yang diadaptasi dengan waktu mencar ilmu Anda.
Tetapkan waktu mencar ilmu Anda. Hal yang tak kalah penting merupakan menegaskan waktu belajar. Cobalah untuk menegaskan waktu mencar ilmu yang sesuai dengan patokan mencar ilmu Anda. Tanyalah pada dirimu sendiri. Untuk pelajaran yang Anda anggap sukar lebih baik pelajari apalagi dahulu dan buatlah takaran mencar ilmu yang lebih usang biar Anda bisa mengerti pelajaran tersebut. Ulangi pelajaran yang Anda sanggup di kelas. Hal ini dijalankan biar pelajaran yang Anda sanggup tidak cepat hilang atau Anda lupakan.
Jangan membuang-buang waktu luang. Manfaatkan waktu luang yang Anda miliki dengan sebaik-baiknya. Atur waktu mencar ilmu Anda, sesuaikan dengan jumlah pelajaran, gunakan batas-batas waktu dalam mempelajari tiap-tiap pelajaran. Jangan terlalu memforsir waktu Anda untuk belajar. Atur waktu Anda untuk refreshing dan luangkan waktu untuk beribadah dan berdoa.
Perubahan teks tersebut menjadi teks mekanisme yang sempurna merupakan ...
A. Langkah-langkah mencar ilmu efektif
- Susunlah jadwal belajar!
- Manfaatkan waktu luang dengan sebaik-baiknya!
- Aturlah waktu mencar ilmu dengan menyesuaikan jadwal mencar ilmu di sekolah!
- Gunakan batas-batas waktu dalam mempelajari tiap-tiap mata pelajaran!
- Janganlah terlalu memforsir waktu untuk belajar!
- Jangan lupa berdoa!
B. Langkah-langkah mencar ilmu efektif
- Susunlah jadwal belajar!
- Manfaatkan waktu luang dengan sebaik-baiknya!
- Aturlah waktu mencar ilmu dengan menyesuaikan jumlahjam mata pelajaran!
- Gunakan batas-batas waktu dalam mempelajari tiap-tiap mata pelajaran!
- Janganlah terlalu memforsir waktu untuk belajar!
- Atur waktu untuk refreshing dan beribadah!
C. Langkah-langkah mencar ilmu efektif
- Susunlah jadwal belajar!
- Manfaatkan waktu luang dengan sebaik-baiknya!
- Aturlah waktu mencar ilmu dengan menyesuaikan jumlah mata pelajaran!
- Gunakan batas-batas waktu dalam mempelajari tiap-tiap mata pelajaran!
- Janganlah terlalu memforsir waktu untuk belajar!
- Atur waktu untuk refreshing, beribadah, dan berdoa!
D. Langkah-langkah mencar ilmu efektif
- Susunlah jadwal belajar!
- Manfaatkan waktu luang dengan sebaik-baiknya!
- Aturlah waktu mencar ilmu dengan menyesuaikan jumlah mata pelajaran!
- Gunakan batas-batas waktu dalam mempelajari tiap-tiap mata pelajaran!
- Janganlah terlalu memforsir waktu untuk belajar!
- Atur waktu untuk refreshing!
30. Perhatikan data-data berikut!
- Anoa binatang endemik Sulawesi
- Anoa maskot Sulawesi Tenggara
- Anoa tergolong fauna peralihan
- Anoa terancam punah
- Populasi sekitar 5.000 ekor
- Perburuan Anoa untuk diambil kulit, tanduk, dagingnya.
Teks laporan yang sesuai dengan data-data tersebut merupakan ...
A. Sejak tahun 1960-an, anoa berada dalam status terancam punah. Anoa merupakan binatang endemik Sulawesi, sekaligus maskot provinsi Sulawesi Tenggara. Berdasarkan letak persebarannya, binatang ini tergolong fauna peralihan. Dalam lima tahun terakhir populasi anoa menurun secara drastis. Anoa sering dikejar untuk diambil kulit, tanduk dan dagingnya. Diperkirakan sewaktu ini terdapat kurang dari 5000 ekor yang masih bertahan hidup.
B. Anoa merupakan maskot provinsi Sulawesi Tenggara. Sejak tahun 1960-an, anoa berada dalam status terancam punah.Berdasarkan letak persebarannya, binatang ini tergolong fauna peralihan. Dalam lima tahun terakhir populasi anoa menurun secara drastis. Diperkirakan sewaktu ini terdapat kurang dari 5000 ekor yang masih bertahan hidup. Anoa sering dikejar untuk diambil kulit dan dagingnya.
C. Anoa merupakan binatang endemik Sulawesi. Berdasarkan letak persebarannya, binatang ini tergolong fauna peralihan. Sejak tahun 1960-an, anoa berada dalam status terancam punah. Dalam lima tahun terakhir populasi anoa menurun secara drastis. Diperkirakan sewaktu ini terdapat kurang dari 5000 ekor yang masih bertahan hidup. Anoa sering dikejar untuk diambil tanduk dan dagingnya.
D. Anoa merupakan binatang endemik Sulawesi, sekaligus maskot provinsi Sulawesi Tenggara. Berdasarkan letak persebarannya, binatang ini tergolong fauna peralihan. Sejak tahun 1960-an, anoa berada dalam status terancam punah. Dalam lima tahun terakhir populasi anoa menurun secara drastis. Diperkirakan sewaktu ini terdapat kurang dari 5000 ekor yang masih bertahan hidup. Anoa sering dikejar untuk diambil kulit, tanduk dan dagingnya.
31. Perhatikan kalimat berikut!
Saya akan dongeng mengenai pengalaman saya sewaktu kiprah di desa.
Kesalahan penggunaan kata pada kalimat tersebut merupakan kata ....
A. dongeng dan ketika
B. dongeng dan tugas
C. akan dan tugas
D. mengenai dan ketika
32. Kalimat yang tidak efektif adalah...
A. Para penumpang harap mengeluarkan duit dengan duit pas.
B. Jika ingin menolong orang lain, segerakanlah, jangan kau tunda-tunda lagi.
C. Sambil melepas letih sejenak, Yanti membaca buku novel itu hingga tamat.
D. Pemerintah mengimbau anak balita di lingkungan kita biar tidak lupa diimunisasi.
33. Perhatikan paragraf berikut!
(1) Pantai Gili Terawangan berada di kawasan Lombok. (2) Pantai ini mempunyai tata keindahan alam maritim yang sanggup memancing kehadiran wisatawan yang mendambakan situasi nyaman, tenang, jauh dari hingar bingar kota. (3) Khusus bagi mereka yang kegemaran menyelam, Pantai Gili Terawangan seakan merupakan akuarium alam ukuran raksasa. (4) Pantai Terawangan tempat yang sesuai untuk beternak penyu.
Kalimat yang tidak padu pada paragraf tersebut ditandai nomor....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
34. Perhatikan kalimat berikut!
Pemerintah akan menggalakkan kembali kesibukan ... biar pembangunan sanggup dilaksanakan secara merata di seluruh Indonesia.
Istilah yang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut adalah….
A. imigrasi
B. emigrasi
C. urbanisasi
D. transmigrasi
35. Perhatikan kalimat berikut!
Ilmu yang kita temukan di forum pendidikan, mesti kita .....dalam kehidupan sehari- hari.
Kata berimbuhan yang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut adalah….
A. menterapkan
B. menerapkan
C. mengetrapkan
D. mengeterapkan
36. Perhatikan kalimat berikut!
Di golongan pelajar sudah berkembang kebiasaan ... buku bacaan
Kata ulang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut adalah....
A. tukar-menukar
B. tukar-tukaran
C. menukar-nukar
D. tukaran-tukaran
37. Perhatikan kalimat berikut!
Kita mesti sanggup merubah kebiasaan yang kurang terpuji, menjadi kebiasaan yang baik.
Perbaikan kata yang dicetak miring pada kalimat tersebut merupakan ...
A. mengubah
B. merubahi
C. berubah
D. perubahan
38. Perhatikan kalimat berikut!
Juara kontes futsal diduduki oleh tim dari Sekolah Menengah Pertama Prestasi.
Perbaikan kalimat tersebut biar menjadi kalimat efektif merupakan ...
A. Juara kontes futsal merupakan tim Sekolah Menengah Pertama Prestasi.
B. Juara dari kontes futsal merupakan tim Sekolah Menengah Pertama Prestasi.
C. Juara kontes futsal merupakan tim dibandingkan dengan Sekolah Menengah Pertama Prestasi.
D. Juara kontes futsal dimenangkan oleh tim dari Sekolah Menengah Pertama Prestasi.
39. Perhatikan paragraf berikut!
1) Kenakalan dewasa merupakan duduk problem yang mesti menjadi tanggung jawab semua pihak. 2) Pihak yang berkepentingan dan paling utama merupakan orang tua. 3) Orang bau tanah saya sungguh memperhatikan awalnya. 4) Selain itu, sekolah juga ikut berperan menghemat kenakalan remaja, terutama lewat jadwal panduan konseling.
Agar paragraf tersebut menjadi padu, kalimat yang mesti dihilangkan ditandai nomor ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
40. Perhatikan kalimat berikut!
Dewi Sartika meninggal 11 September 1947 dan pemakaman di Tasikmalaya.
Alasan ketidaktepatan penggunaan kata yang digaris bawahi pada kalimat tersebut adalah....
A. kata pemakaman diganti dimakamkan
B. kata pemakaman diganti penguburan
C. kata pemakaman diganti dikuburkan
D. Kata pemakaman diganti diistirahatkan
41. Perhatikan kalimat berikut!
Andrea Hirata menulis beberapa buku-buku novel yang sungguh laris sekali di pasaran.
Alasan ketidakefektifan kalimat tersebut merupakan …
A. Kata beberapa buku-buku maknanya berlebihan sehingga perlu dihilangkan kata beberapa.
B. Kata beberapa buku-buku maknanya berlebihan sehingga perlu dihilangkan kata buku-buku.
C. Kata sungguh laris sekali maknanya berlebihan sehingga perlu dihilangkan kata sungguh atau sekali.
D. Kata beberapa buku-buku dan sungguh laris sekali maknanya berlebihan sehingga perlu dihilangkan kata beberapa atau salah satu kata buku dan dihilangkan kata sungguh atau sekali.
42. Perhatikan paragraf yang tidak padu berikut!
1) Prestasi mencar ilmu yang bikin puas sanggup dicapai oleh setiap siswa jikalau mereka sanggup mencar ilmu secara wajar, terhindar dari banyak sekali ancaman, hambatan, dan gangguan. 2) Salah satu pola ancaman tersebut merupakan kurangnya motivasi mencar ilmu siswa. 3) Pada tingkat tertentu memang ada siswa yang sanggup menangani kesusahan belajarnya, tanpa mesti melibatkan orang lain. 4) Akan tetapi, pada kasus-kasus tertentu, alasannya merupakan siswa belum bisa menangani kesusahan belajarnya, maka santunan guru atau orang lain sungguh diinginkan oleh siswa tersebut.
Alasan ketidakpaduan paragraf tersebut adalah....
A. Kalimat ke-1 tidak berhubungan dengan kalimat ke-2, 3, dan 4.
B. Kalimat ke-2 tidak berhubungan dengan kalimat ke-1, 3, dan 4.
C. Kalimat ke-3 tidak berhubungan dengan kalimat ke-1, 2, dan 4.
D. Kalimat ke-4 tidak berhubungan dengan kalimat ke-1, 2, dan 3.
43. Perhatikan kalimat berikut!
Kemarin Dea berbelanja tahu 1) Bandung dan beras 2) cianjur 3) ditoko 4) Harapan.
Kesalahan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut ditandai nomor .…
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4
44. Perhatikan kalimat berikut!
(1) Sebelum mengikuti cobaan saya berbelanja alat-alat menulis, pulpen, penggaris, dan pensil.
(2) Saya sanggup menjawab soal-soal UN itu, alasannya merupakan saya mencar ilmu dengan rajin.
(3) Jumlah soal mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan lima puluh butir soal.
(4) Soal mata pelajaran Bahasa Indonesia nomor 1, 2, dan 3 tergolong soal yang mudah.
Kesalahan penggunaan tanda baca terdapat pada kalimat nomor .…
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
45. Cermati kalimat berikut!
(1) Mulai bulan Nopember kami mengikuti pendalaman materi ujian.
(2) Dua hari sebelum pelaksanaan ujian, saya memperoleh jadwal ujian.
(3) Mass media tidak diperbolehkan meliput sewaktu cobaan berlangsung.
(4) Prosentase kehadiran penerima cobaan tahun ini lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu.
Penggunaan ejaan yang sempurna terdapat pada kalimat bernomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
46. Cermati kalimat berikut!
Ibu Fat berpesan sebelum mengikuti ujian, Ibu berharap kalian mencar ilmu dengan sungguh-sungguh.
Penggunaan tanda baca yang sempurna pada kalimat tersebut merupakan …
A. Ibu Fat berpesan, “Sebelum mengikuti ujian, Ibu berharap kalian mencar ilmu dengan sungguh-sungguh.”
B. Ibu Fat berpesan; “Sebelum mengikuti ujian, Ibu berharap kalian mencar ilmu dengan sungguh-sungguh.”
C. Ibu Fat berpesan: “Sebelum mengikuti ujian, Ibu berharap kalian mencar ilmu dengan sungguh-sungguh.”
D. Ibu Fat berpesan, “Sebelum mengikuti ujian, Ibu berharap kalian mencar ilmu dengan sungguh-sungguh”
47. Cermati kalimat berikut!
Kios photo copy dan apotik Asri beralamat di Jalan Rambutan.
Perbaikan ejaan pada kalimat tersebut yang sempurna merupakan …
A. Kios photocopi dan Apotik Asri beralamat di Jalan Rambutan.
B. Kios photokopi dan Apotik Asri beralamat di Jalan Rambutan.
C. Kios fotocopy dan Apotek Asri beralamat di Jalan Rambutan.
D. Kios fotokopi dan Apotek Asri beralamat di Jalan Rambutan.
48. Cermati kalimat berikut!
Tiga orang karyawan perusahaan itu diPHK, alasannya merupakan mereka melaksanakan kesalahan.
Perbaikan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut yang sempurna merupakan …
A. Tiga orang karyawan perusahaan itu diPHK alasannya merupakan mereka melaksanakan kesalahan.
B. Tiga orang karyawan perusahaan itu di-PHK, alasannya merupakan mereka melaksanakan kesalahan.
C. Tiga orang karyawan perusahaan itu di-PHK alasannya merupakan mereka melaksanakan kesalahan.
D. Tiga orang karyawan perusahaan itu, di-PHK alasannya merupakan mereka melaksanakan kesalahan.
49. Perhatikan kalimat berikut!
Kwantitas dan kwalitas padi tahun ini diinginkan lebih baik dibandingkan dengan tahun kemarin.
Alasan ketidaktepatan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut merupakan …
A. Kata kwantitas dan kwalitas sebaiknya ditulis kuantitas dan mutu sesuai dengan pedoman EYD.
B. Kata diinginkan sebaiknya ditulis di harapkan alasannya merupakan di merupakan suatu awalan.
C. Kata kwantitas dan diinginkan sebaiknya kuantitas dan di harapkan sesuai dengan pedoman EYD.
D. Kata diinginkan dan dibandingkan dengan sebaiknya ditulis di harapkan dan dari pada sesuai dengan kebiasaan penduduk sewaktu menulis.
50. Cermati kalimat berikut!
Harga novel „Ayah‟ karya Andrea Hirata merupakan Rp.100.000,00.
Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut merupakan alasannya merupakan …
A. Tanda apostrof („...‟) sebaiknya diganti garis bawah dan tanda titik (.)di belakang rupiah dihilangkan saja alasannya merupakan tidak cocok dengan pedoman EYD.
B. Tanda apostrof („...‟) diganti tanda petik dua (“...”) dan tanda koma (,) pada jumlah duit dihilangkan alasannya merupakan tidak bermakna.
C. Tanda apostrof dihilangkan dan tanda titik (.) di belakang abreviasi rupiah dihilangkan sesuai dengan pedoman EYD.
D. Tanda apostrof diganti tanda petik dua (“...”) dan tanda titik (.) di belakang abreviasi rupiah dihilangkan sesuai dengan pedoman EYD.
Demikianlah postingan mengenai Soal latihan USBN Sekolah Menengah Pertama B. Inonesia Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru ini, mudah-mudahan berharga buat Sobat Praktakita yang sedang mencari acuan mengenai soal2 dari mata pelajaran B. Indonesia Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pengerjaan soal ataupun jawabannya. mudah-mudahan bisa berharga dan bisa digunakan selaku materi untuk belajar. Terima Kasih .
Sumber http://prakatakita.blogspot.com/