Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 11 SMA/SMK Kurikulum 2013 Semester I dan Semester II Edisi Revisi Terbaru Lengkap

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Berikut materi pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas XI SMA/SMK Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru untuk Semester 1 dan Semester 2 lengkap:

BAB I YOGÀSANAS DALAM SUSASTRA HINDU .........................................1
A. Pengertian dan Hakikat Yogãsanas ..........................................................2
B. Sejarah Yoga dalam Ajaran Hindu ...........................................................8
C. Mengenal dan Manfaat Ajaran Yogãsanas .............................................16
D. Yogãsana dan Etika ................................................................................30
E. Sang Hyang Widhi (Tuhan) dalam Ajaran Yogãsanas ...........................49
F. Mempraktikkan Sikap-sikap Yogãsanas ................................................52
Uji Kompetensi .....................................................................................................60

BAB II YAJŃA DALAM MAHABHARATA .....................................................61
A. Pengertian dan Hakikat Yajña ................................................................62
B. Yajña dalam Mahabharata dan Masa Kini .............................................71
C. Syarat-syarat dan Aturan dalam Pelaksanaan Yajña ..............................75
D. Mempraktikkan Yajña Menurut Kitab Mahabharata dalam Kehidupan 82
Uji Kompetensi ......................................................................................................88

BAB III MOKSHA ...............................................................................................89
A. Ajaran Moksha .......................................................................................90
B. Jalan Menuju Moksha ..........................................................................106
C. Mewujudkan Tujuan Hidup Manusia dan Tujuan Agama Hindu ........124
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti v
D. Tantangan dan Hambatan dalam Mencapai Moksha sesuai dengan
Zamannya “Globalisasi” ......................................................................154
E. Upaya-upaya dalam Mengatasi Hambatan dan Tantangan untuk
Mencapai Moksha Menurut Zamannya ...............................................166
F. Contoh-contoh Orang yang Dipandang Mampu Mencapai Moksha ...180
Uji Kompetensi ....................................................................................................197

BAB IV BHAKTI SEJATI DALAM RAMAYANA .........................................199
A. Ajaran Bhakti Sejati .............................................................................200
B. Bagian-bagian Ajaran Bhakti Sejati ....................................................204
C. Çloka Ajaran Bhakti Sejati dalam Ramayana ......................................211
D. Bentuk Penerapan Bhakti Sejati dalam kehidupan ..............................240
E. Ajaran Bhakti Sejati sebagai Dasar Pembentukan Budi Pekerti yang
Luhur dalam Zaman Global .................................................................269
Uji Kompetensi ....................................................................................................293

BAB V KELUARGA SUKHINAH ....................................................................295
A. Pengertian dan Hakikat Keluarga Sukhinah ........................................295
B. Keluarga Sukhinah dalam Agama Hindu ............................................303
C. Tujuan Wiwaha Menurut Hindu ..........................................................320
D. Sistem Pawiwahan dalam Agama Hindu .............................................326
E. Syarat Sah Suatu Pawiwahan Menurut Hindu .....................................357
F. Kewajiban Suami, Istri, dan Anak dalam Keluarga .............................361
G. Membina Keharmonisan dalam Keluarga ...........................................381
H. Lima Pilar Keluarga Sukhinah .............................................................386
I. Pahala Bagi Anak-anak yang Berbakti kepada Orang Tua ..................395
Uji Kompetensi ....................................................................................................405

DAFTAR PUSTAKA ..........................................................................................404
GLOSARIUM .....................................................................................................407
INDEKS ...............................................................................................................410
PROFIL PENULIS .............................................................................................412
PROFIL PENELAAH ........................................................................................414
PROFIL EDITOR ...............................................................................................415


Sumber https://www.dadangjsn.com/