40 Soal Kelas 5 Tema 5 (Ekosistem) & Tanggapan (Pilgan, Esai, Uraian)
Contoh latihan soal tematik soal kelas 5 SD MI tema 5 (ekosistem) subtema 2 (hubungan antar makhluk hidup dalam ekosistem) dan kunci balasan kurikulum 2013 revisi terbaru. Sesuai dengan judul artikel di atas, pada kali ini, kami akan membagikan pola latihan soal kelas 5 SD MI, yaitu soal pembelajaran tematik.
Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengkaitkan beberapa mata pelajaran menjadi satu, sehingga siswa memperoleh pengalaman yang bermakna. Nah, untuk tema yang akan kami sampaikan ini yaitu tema 5 yang berisi wacana ekosistem.
Jika anda menghendaki untuk membuka soal subtema 1, Silahkan buka : Soal Kelas 5 Tema 5 Subtema 1. Sedangkan jikalau ingin membuka pembelajaran yang lain dalam soal subtema 2 ini, Silahkan buka : Soal tema 5 subtema 2 pembelajaran 1-2, dan Soal tema 5 subtema 2 pembelajaran 5-6. Kami sangat menyarankan anda untuk benar-benar membuka latihan soal tersebut. Ya selain untuk melatih kemampuan berpikir, juga untuk menambah khasanah dan wawasan soal. Makara tidak kaget saat kan dihadapkan oleh soal ulangan harian, UTS, hingga UAS tema 5 kelas 5.
Ada tiga jenis soal yang kami sediakan dalam latihan soal tematik kelas 5 ini, yaitu soal pilihan ganda/ pilgan (multiple choice), soal essay/ esai, dan soal uraian. Dengan beragamnya jenis soal yang kami bagikan, akan bisa melatih ketajaman berpikir, khususnya kepada para siswa.
Memang dalam artikel ini sudah kami sediakan kunci jawaban/ pembahasan soal. Namun, kami tetap berharap biar pembaca berkenan untuk mencoba menjawab sendiri pertanyaan yang kami sediakan. Bukannya apa. Tetapi kami khawatir ada yang salah pada kunci balasan soal tema 5 subtema 2 ini. Jika anda menjumpai ada yang salah, mohon masukannya untuk menghubungi kami melalui kolom komentar, dengan cara memasukkan nomor balasan yang salah.
LINK DOWNLOAD sudah kami sediakan, jikalau anda merasa bahwa latihan soal ini cocok dengan kebutuhan pendidikan di sekolah. Cukup klik saja tombol yang ada pada final artikel. Maka anda akan diarahkan ke halaman download soal. Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini soal tematik tema 5 subtema 2 (hubungan antar makhluk hidup dalam ekosistem).
A. subak
B. terasering
C. irigasi
D. abrasi
2. Asas yang dipakai pada sistem irigasi subak ialah ....
A. gotong royong dan kerja sama
B. gotong royong dan mufakat
C. kolaborasi dan kepedulian
D. kolaborasi dan keadilan
3. Sistem irigasi subak dipimpin oleh seorang pengatur yang disebut …
A. Perangkat desa
B. Subak
C. Pekaseh
D. Kepala desa
4. Sistem irigasi subak diakui sebagai salah satu warisan dunia pada tahun …
A. 2017
B. 2014
C. 2012
D. 2016
5. Wilayah Indonesia dibagi menjadi ... waktu
A. 1 bagian
B. 3 bagian
C. 4 bagian
D. 2 bagian
6. Gunung Sinabung merupakan salah satu ketampakan alam yang terletak di wilayah …
A. Aceh
B. Sumatera Barat
C. Padang
D. Sumatera Utara
7. Berikut ini yang bukan termasuk kenampakan alam ialah …
A. Gunung
B. Pelabuhan
C. Sungai
D. Danau
8. Garis yang menghubungkan antara kutub utara dan kutub selatan disebut juga ..
A. Lintang
B. Dunia
C. Khatulistiswa
D. Bujur
9. Gunung berapi pada peta digambarkan dengan …
A. Kotak merah
B. Garis merah
C. Segitiga merah
D. Segitiga hitam
10. Bahasa pemersatu bangsa Indonesia ialah …
A. Bahasa melayu
B. Bahasa Indonesia
C. Bahasa ibu
D. Bahasa daerah
11. Salah satu perilaku besar hati terhadap Indonesia ialah …
A. Melestarikan budaya luar negeri
B. Sering pergi ke luar negeri
C. Mencintai produk dalam negeri
D. Suka masakan luar negerl
12. Secara tidak sengaja kau menjatuhkan tempat pensil temanmu di kelas, perilaku kau sebaiknya ialah …
A. Meminta maaf dan memberikannya
B. Pergi begitu saja
C. Minta maaf dan membiarkannya
D. Membiarkan saja
13. Di bawah ini ialah pola slkap untuk menjaga keutuhan wilayah NKRI, kecuali …
A. Menggantungkan negara asing
B. Rela berkorban untuk kepentingan negara
C. Menjaga persatuan dan kesatuan
D. Bangga dengan tanah alr Indonesia
14. Era kebangkitan nasional yang ditandai dengan berdirinye Budi Utomo pada tahun …
A. 1909
B. 1928
C. 1908
D. 1918
15. Ronda malam untuk menjaga keamanan di lingkungan …
A. Kelurahan
B. Sekolah
C. Keluarga
D. Masyarakat
16. Penculikan terhadap dua tokoh bangsa Indonesia yang paling terkemuka oleh perjaka pejuang Indonesia terjadi pada tanggal …
A. 15 Agustus 1945
B. 18 Agustus 1945
C. 17 Agustus 1945
D. 16 Agustus 1945
17. Dibawah ini yang termasuk golongan muda dalam Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ialah …
A. Mbah Diro, B.M. Diah, dan Sukarni
B. Mr. Achmad Soebardjo, Drs. Mohammad Hatta, dan Mbah Diro
C. Sukarni, Ir. Soekarno, Drs. Mohammad Hatta
D. Ir. Soekarno, Drs. Mohammad Hatta, dan Mr. Achmad Soebardjo
18. Tiga orang pemimpin golongan muda yang merumuskan naskah proklamasi ialah …
A. Mbah Diro, B.M Diah, dan Sukarni
B. Mr. Achmad Soebardjo, Drs. Mohammad Hatta, dan Mbah Diro
C. Sukarni, Ir. Soekarno, Drs. Mohammad Hatta
D. Ir Soekarno, Drs Mohammad Hatta, dan Mr. Achmad Soebardjo
19. Tempat pembacaan proklamasi kemerdekaan ialah ...
A. Jalan pegangsaan limur No. 56 Jakarta
B. Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta
C. Jalan pegangsaan no 56 Jakarta
D. Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta
Bacalah teks berikut untuk soal nomor 20-25!
Sistem Irigasi Subak
20. Ide pokok pada paragraf kedua pada teks bacaan di atas ialah …
A. Sistem subak meraih penghargaan dari UNESCO
B. Asas yang dipakai yaitu gotong royong dan keadilan
C. Sistem irigasi subak
D. Peran pekaseh dalam sistem irigasi subak
21. Pokok pikiran paragraf 1 pada teks bacaan di atas ialah …
A. Sistem irigasi subak dipimpin oleh masyarakat Bali
B. Sistem irigasi Subak dipimpin oleh seorang pekaseh
C. Sekumpulan petani di Bali yang mengelola sistem irigasi yang ada di sebuah daerah persawahan disebut Subak.
D. Mereka mengatur dan memberitahukan ketersediaan air para areal persawahan kelompoknya.
22. Ide pokok pada paragraf ketiga pade teks bacaan di atas ialah …
A. Sistem ingasi subak dibangun semenjak seratus tahun lalu
B. Peranan pekaseh
C. Sistem irigasi dibangun untuk mengatasi kasus air irigasi
D. Sistem inigasi subak meraih penghargaan UNESCO
23. Kalimat utama pada paragraph kedua yaitu ….
A. Sistem subak dibangun sebagai bentuk kemandirian
B. Sistem irigasi subak dipimpin oleh seorang pengatur yang disebut pengaseh atau klean subak
C. Para Pekaseh bekerja sama dengan kepala des dan perangkat desa dalam menjalankan tugasnya
D. Sistem irigasi subak dipimpin oleh masyarakat Bali
24. Di bawah ini penggunaan tanda baca dan aksara kapital pada kalimat yang benar ialah …
A. Sistem yang dipakai pada irigasi subak yaitu "pinjam air.
B. Sistem yang dipakai pada irigasi subak yaitu pinjam air
C. Benarkah sistem subak diakui unesco pada tahun 2012?
D. Benarkah sistem subak diakui UNESCO pada tahun 2012?
25. Berkut ini penggunaan tanda baca dan aksara kapital yang sempurna ialah …
A. irigasi dipimpin oleh Seorang Pekaseh.
B. Sistem irigasi subak dibangun oleh masyarakat bali
C. Subak diakui sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO.
D. irigasi Subak dibangun atas asas kerjasama dan keadilan
2. Organisasi yang mengurusi segala hal yang berafiliasi dengan pendidikan, sains dan kebudayaan ialah ...
3. Pidato proklamasi Kemerdekaan Indonesia disampaikan oleh …
4. Lagu kebangsaan Indonesia Raya diciptakan oleh …
5. Naskah proklamasi diketik oleh ….
6. Ketampakan alam di permukaan bumi dibagi menjadi dua yaitu …
7. Berdasarkan letak astronomis, wilayah Indonesia beriklim …
8. Waduk merupakan salah satu kenampakan di permukaan bumi, kenampakan itu ialah ….
9. Fungsi ronda malam ialah …
10. Salah satu pola persatuan di lingkungan sekolah ialah …
2. Mengapa Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta diculik oleh para pejuang?
3. Apa isi dari Proklamasi Kemerdekan Indonesia? Tuliskan!
4. Sebutkan lima pola kenampakan alam!
5. Apa perbedaan gunung dan pegunungan?
6. Sebutkan salah satu perilaku menjaga dan melestarikan budaya di lingkugan masyarakat?
1. Subak
2. UNESCO
3. Ir Soekarno
4. W.R. Supratman
5. Sayuti Melik
6. Kenampakan alam dan kenampakan buatan
7. Tropis
8. Kenampakan buatan
9. Menjaga keamanan lingkungan masyarakat
10. Mengerjakan kiprah kelompok secara bersama-sama
Jawaban Soal Uraian
1. Mengatur dan memberitahukan ketersediaan air pada areal persawahan kelompoknya
2. Agar kedua tokoh penting tersebut terhindar dari imbas dan tekanan pemerintah pendudukan Jepang
3. Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.
4. Gunung, bukit, sungai, pegunungam dan hutan
5. Gunung ialah bukit yang sangatbesar dan tinggi, sedangkan pegunungan ialah rangkaian gunung yang saling menyambung
6. Gotong royong
Jawaban Soal Pilihan Ganda
1 A 6 D 11 C 16 D 21 C
2 D 7 B 12 A 17 A 22 C
3 C 8 D 13 A 18 D 23 B
4 C 9 C 14 C 19 D 24 D
5 B 10 B 15 D 20 D 25 C
Orang lain juga membuka :
1. Soal Tematik Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 (Hubungan Antar Makhluk dalam Ekosistem)
2. 45 Soal + Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 (Hubungan Makhluk)
Demikian pola latihan soal tematik kelas 5 SD MI tema 5 (ekosistem) subtema 2 (hubungan antar makhluk hidup dalam ekosistem) dan kunci jawaban/ pembahasan soal. LINK DOWNLOAD soal SD MI sudah kami sediakan di bawah ini jikalau ada yang ingin mendownload soal SD MI di atas. Sumber http://alifqofrahamzah.blogspot.com/
Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengkaitkan beberapa mata pelajaran menjadi satu, sehingga siswa memperoleh pengalaman yang bermakna. Nah, untuk tema yang akan kami sampaikan ini yaitu tema 5 yang berisi wacana ekosistem.
Soal Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 (Hubungan Antar Makhluk Hidup) & Jawaban
Dalam pembelajaran tema 5 kelas 5, ada beberapa subtema yang dipelajari, antara lain : Subtema 1, Subtema 2, dan Subtema 3. Untuk latihan soal ini, kami akan membagikan soal subtema 2 yaitu tentang kekerabatan antar makhluk hidup dalam ekosistem. Sedangkan pembelajaran yang kami bagikan yang kami bagikan yaitu pembelajaran 3-4.Jika anda menghendaki untuk membuka soal subtema 1, Silahkan buka : Soal Kelas 5 Tema 5 Subtema 1. Sedangkan jikalau ingin membuka pembelajaran yang lain dalam soal subtema 2 ini, Silahkan buka : Soal tema 5 subtema 2 pembelajaran 1-2, dan Soal tema 5 subtema 2 pembelajaran 5-6. Kami sangat menyarankan anda untuk benar-benar membuka latihan soal tersebut. Ya selain untuk melatih kemampuan berpikir, juga untuk menambah khasanah dan wawasan soal. Makara tidak kaget saat kan dihadapkan oleh soal ulangan harian, UTS, hingga UAS tema 5 kelas 5.
Ada tiga jenis soal yang kami sediakan dalam latihan soal tematik kelas 5 ini, yaitu soal pilihan ganda/ pilgan (multiple choice), soal essay/ esai, dan soal uraian. Dengan beragamnya jenis soal yang kami bagikan, akan bisa melatih ketajaman berpikir, khususnya kepada para siswa.
Memang dalam artikel ini sudah kami sediakan kunci jawaban/ pembahasan soal. Namun, kami tetap berharap biar pembaca berkenan untuk mencoba menjawab sendiri pertanyaan yang kami sediakan. Bukannya apa. Tetapi kami khawatir ada yang salah pada kunci balasan soal tema 5 subtema 2 ini. Jika anda menjumpai ada yang salah, mohon masukannya untuk menghubungi kami melalui kolom komentar, dengan cara memasukkan nomor balasan yang salah.
LINK DOWNLOAD sudah kami sediakan, jikalau anda merasa bahwa latihan soal ini cocok dengan kebutuhan pendidikan di sekolah. Cukup klik saja tombol yang ada pada final artikel. Maka anda akan diarahkan ke halaman download soal. Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini soal tematik tema 5 subtema 2 (hubungan antar makhluk hidup dalam ekosistem).
Soal Pilihan Ganda Kelas 5 Tema 5 (Ekosistem)
1. Sekumpulan petani di Bali yang mengelola sistem irigasi yang ada di sebuah daerah persawahan disebut …A. subak
B. terasering
C. irigasi
D. abrasi
2. Asas yang dipakai pada sistem irigasi subak ialah ....
A. gotong royong dan kerja sama
B. gotong royong dan mufakat
C. kolaborasi dan kepedulian
D. kolaborasi dan keadilan
3. Sistem irigasi subak dipimpin oleh seorang pengatur yang disebut …
A. Perangkat desa
B. Subak
C. Pekaseh
D. Kepala desa
4. Sistem irigasi subak diakui sebagai salah satu warisan dunia pada tahun …
A. 2017
B. 2014
C. 2012
D. 2016
5. Wilayah Indonesia dibagi menjadi ... waktu
A. 1 bagian
B. 3 bagian
C. 4 bagian
D. 2 bagian
6. Gunung Sinabung merupakan salah satu ketampakan alam yang terletak di wilayah …
A. Aceh
B. Sumatera Barat
C. Padang
D. Sumatera Utara
7. Berikut ini yang bukan termasuk kenampakan alam ialah …
A. Gunung
B. Pelabuhan
C. Sungai
D. Danau
8. Garis yang menghubungkan antara kutub utara dan kutub selatan disebut juga ..
A. Lintang
B. Dunia
C. Khatulistiswa
D. Bujur
9. Gunung berapi pada peta digambarkan dengan …
A. Kotak merah
B. Garis merah
C. Segitiga merah
D. Segitiga hitam
10. Bahasa pemersatu bangsa Indonesia ialah …
A. Bahasa melayu
B. Bahasa Indonesia
C. Bahasa ibu
D. Bahasa daerah
11. Salah satu perilaku besar hati terhadap Indonesia ialah …
A. Melestarikan budaya luar negeri
B. Sering pergi ke luar negeri
C. Mencintai produk dalam negeri
D. Suka masakan luar negerl
12. Secara tidak sengaja kau menjatuhkan tempat pensil temanmu di kelas, perilaku kau sebaiknya ialah …
A. Meminta maaf dan memberikannya
B. Pergi begitu saja
C. Minta maaf dan membiarkannya
D. Membiarkan saja
13. Di bawah ini ialah pola slkap untuk menjaga keutuhan wilayah NKRI, kecuali …
A. Menggantungkan negara asing
B. Rela berkorban untuk kepentingan negara
C. Menjaga persatuan dan kesatuan
D. Bangga dengan tanah alr Indonesia
14. Era kebangkitan nasional yang ditandai dengan berdirinye Budi Utomo pada tahun …
A. 1909
B. 1928
C. 1908
D. 1918
15. Ronda malam untuk menjaga keamanan di lingkungan …
A. Kelurahan
B. Sekolah
C. Keluarga
D. Masyarakat
16. Penculikan terhadap dua tokoh bangsa Indonesia yang paling terkemuka oleh perjaka pejuang Indonesia terjadi pada tanggal …
A. 15 Agustus 1945
B. 18 Agustus 1945
C. 17 Agustus 1945
D. 16 Agustus 1945
17. Dibawah ini yang termasuk golongan muda dalam Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ialah …
A. Mbah Diro, B.M. Diah, dan Sukarni
B. Mr. Achmad Soebardjo, Drs. Mohammad Hatta, dan Mbah Diro
C. Sukarni, Ir. Soekarno, Drs. Mohammad Hatta
D. Ir. Soekarno, Drs. Mohammad Hatta, dan Mr. Achmad Soebardjo
18. Tiga orang pemimpin golongan muda yang merumuskan naskah proklamasi ialah …
A. Mbah Diro, B.M Diah, dan Sukarni
B. Mr. Achmad Soebardjo, Drs. Mohammad Hatta, dan Mbah Diro
C. Sukarni, Ir. Soekarno, Drs. Mohammad Hatta
D. Ir Soekarno, Drs Mohammad Hatta, dan Mr. Achmad Soebardjo
19. Tempat pembacaan proklamasi kemerdekaan ialah ...
A. Jalan pegangsaan limur No. 56 Jakarta
B. Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta
C. Jalan pegangsaan no 56 Jakarta
D. Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta
Bacalah teks berikut untuk soal nomor 20-25!
Sistem Irigasi Subak
Subak merupakan sekumpulan petani di Bali yang mengelola sistem irigasi yang ada di sebuah daerah persawahan. Kawasan persawahan itu biasanya dibatasi oleh kenampakan alam menyerupai sungai, jurang, atau kenampakan lain yang terang terlihat. Satu kelompok subak biasanya mempunyai satu sumber air yang mengalir ke sebuah sungai yang melewati atau berada bersahabat dengan persawahannya. Para anggota kelompok subak menggunakan sistem gotong royong dan saling bantu dengan cara "meminjam air", bukan utang piutang. Dengan demikian, setiap anggota harus bertanggung jawab terhadap penggunaan air juga terhadap petani lain sesama anggota Subak.
Sistem irigasi subak dipimpin oleh seorang pengatur yang disebut pekaseh atau klean subak. Para pekaseh bekerja sama dengan para kepala desa dan perangkat desa dalam menjalankan tugasnya. Para pekaseh ini diangkat oleh petani, bukan oleh perangkat desa. Mereka mengatur dan memberitahukan ketersediaan air pada areal persawahan kelompoknya. Apabila kekurangan air, sistem pinjam air dijalankan biar semua petani mendapat air yang cukup untuk sawahnya.
Sistem irigasi subak dibangun oleh masyarakat Bali semenjak beratus tahun kemudian sebagai bentuk kemandirian masyarakat dalam mengatasi kasus air irigasi. Semua kasus pertanian dibahas secara musyawarah dan perencanaan yang baik termasuk di dalamnya membahas planning pengairan, cara menjaga kualitas air, jumlah air yang akan dialirkan, dan waktu pengairan, termasuk siapa saja yang akan menlakukannya. Subak tidak hanya memperhatikan sistem irigasi, tetapi juga memperhatikan asas kolaborasi dan keadilan dengan menggunakan sistem meminjam air kepada anggotanya. Dengan demikian, tidaklah megherankan jikalau pada tahun 2012, subak diakui sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization). Pengakuan ini menjadi sebuah kebanggan bagi bangsa Indonesia.
20. Ide pokok pada paragraf kedua pada teks bacaan di atas ialah …
A. Sistem subak meraih penghargaan dari UNESCO
B. Asas yang dipakai yaitu gotong royong dan keadilan
C. Sistem irigasi subak
D. Peran pekaseh dalam sistem irigasi subak
21. Pokok pikiran paragraf 1 pada teks bacaan di atas ialah …
A. Sistem irigasi subak dipimpin oleh masyarakat Bali
B. Sistem irigasi Subak dipimpin oleh seorang pekaseh
C. Sekumpulan petani di Bali yang mengelola sistem irigasi yang ada di sebuah daerah persawahan disebut Subak.
D. Mereka mengatur dan memberitahukan ketersediaan air para areal persawahan kelompoknya.
22. Ide pokok pada paragraf ketiga pade teks bacaan di atas ialah …
A. Sistem ingasi subak dibangun semenjak seratus tahun lalu
B. Peranan pekaseh
C. Sistem irigasi dibangun untuk mengatasi kasus air irigasi
D. Sistem inigasi subak meraih penghargaan UNESCO
23. Kalimat utama pada paragraph kedua yaitu ….
A. Sistem subak dibangun sebagai bentuk kemandirian
B. Sistem irigasi subak dipimpin oleh seorang pengatur yang disebut pengaseh atau klean subak
C. Para Pekaseh bekerja sama dengan kepala des dan perangkat desa dalam menjalankan tugasnya
D. Sistem irigasi subak dipimpin oleh masyarakat Bali
24. Di bawah ini penggunaan tanda baca dan aksara kapital pada kalimat yang benar ialah …
A. Sistem yang dipakai pada irigasi subak yaitu "pinjam air.
B. Sistem yang dipakai pada irigasi subak yaitu pinjam air
C. Benarkah sistem subak diakui unesco pada tahun 2012?
D. Benarkah sistem subak diakui UNESCO pada tahun 2012?
25. Berkut ini penggunaan tanda baca dan aksara kapital yang sempurna ialah …
A. irigasi dipimpin oleh Seorang Pekaseh.
B. Sistem irigasi subak dibangun oleh masyarakat bali
C. Subak diakui sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO.
D. irigasi Subak dibangun atas asas kerjasama dan keadilan
Soal Essay/ Esai Tema 5 Subtema 2 (Hubungan Antar Makhluk Hidup)
1. Sistem pengaturan air di Bali disebut...2. Organisasi yang mengurusi segala hal yang berafiliasi dengan pendidikan, sains dan kebudayaan ialah ...
3. Pidato proklamasi Kemerdekaan Indonesia disampaikan oleh …
4. Lagu kebangsaan Indonesia Raya diciptakan oleh …
5. Naskah proklamasi diketik oleh ….
6. Ketampakan alam di permukaan bumi dibagi menjadi dua yaitu …
7. Berdasarkan letak astronomis, wilayah Indonesia beriklim …
8. Waduk merupakan salah satu kenampakan di permukaan bumi, kenampakan itu ialah ….
9. Fungsi ronda malam ialah …
10. Salah satu pola persatuan di lingkungan sekolah ialah …
Soal Uraian Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 (Hubungan Antar Makhluk Hidup dalam Ekosistem)
1. Apa saja kiprah pekaseh?2. Mengapa Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta diculik oleh para pejuang?
3. Apa isi dari Proklamasi Kemerdekan Indonesia? Tuliskan!
4. Sebutkan lima pola kenampakan alam!
5. Apa perbedaan gunung dan pegunungan?
6. Sebutkan salah satu perilaku menjaga dan melestarikan budaya di lingkugan masyarakat?
Kunci Jawaban Soal Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 (Hubungan antar Makhluk Hidup)
Jawaban Soal Essay/ Esai1. Subak
2. UNESCO
3. Ir Soekarno
4. W.R. Supratman
5. Sayuti Melik
6. Kenampakan alam dan kenampakan buatan
7. Tropis
8. Kenampakan buatan
9. Menjaga keamanan lingkungan masyarakat
10. Mengerjakan kiprah kelompok secara bersama-sama
Jawaban Soal Uraian
1. Mengatur dan memberitahukan ketersediaan air pada areal persawahan kelompoknya
2. Agar kedua tokoh penting tersebut terhindar dari imbas dan tekanan pemerintah pendudukan Jepang
3. Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.
4. Gunung, bukit, sungai, pegunungam dan hutan
5. Gunung ialah bukit yang sangatbesar dan tinggi, sedangkan pegunungan ialah rangkaian gunung yang saling menyambung
6. Gotong royong
Jawaban Soal Pilihan Ganda
1 A 6 D 11 C 16 D 21 C
2 D 7 B 12 A 17 A 22 C
3 C 8 D 13 A 18 D 23 B
4 C 9 C 14 C 19 D 24 D
5 B 10 B 15 D 20 D 25 C
Orang lain juga membuka :
1. Soal Tematik Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 (Hubungan Antar Makhluk dalam Ekosistem)
2. 45 Soal + Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 (Hubungan Makhluk)
Demikian pola latihan soal tematik kelas 5 SD MI tema 5 (ekosistem) subtema 2 (hubungan antar makhluk hidup dalam ekosistem) dan kunci jawaban/ pembahasan soal. LINK DOWNLOAD soal SD MI sudah kami sediakan di bawah ini jikalau ada yang ingin mendownload soal SD MI di atas. Sumber http://alifqofrahamzah.blogspot.com/