#Soal Latihan Usbn Kimia Smk/Sma Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru
Ilmu merupakan wawasan yang sudah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan wawasan merupakan pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis alasannya merupakan belum dicoba dan diuji.
Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) merupakan tes yang berniat untuk menyeleksi kesanggupan seorang mahasiswa atau kandidat dokter. Biasanya ujian tes tertulis, meskipun beberapa mungkin gampang atau elemen praktis, dan sungguh beragam dalam struktur, isi dan kesusahan tergantung pada subjek, kalangan usia orang yang diuji dan profesi.
Seseorang yang melalui ujian menerima ijazah, suatu surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif merupakan ujian di mana pelamar berkompetisi untuk sejumlah posisi, selaku musuh cuma mesti meraih tingkat tertentu untuk lulus.
Sebagaimana yang kita pahami setiap siswa yang berada di tingkat pendidikan formal niscaya akan mengahadapi yang namanya Ujian selaku bentuk tes terhadap para siswa untuk mengukur sejauh mana kesanggupan siswa tersebut dalam mengerti pelajaran yang sudah di sampaikan oleh para guru, sehingga nantinya akan di sanggup hasil selaku materi penilaian untuk memperbaiki kesanggupan siswa ketingkat yang lebih baik lagi.
Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau biasa disingkat USBN merupakan metode penilaian persyaratan pendidikan dasar dan menengah secara nasional untuk meningkatakan persamaan kualitas tingkat pendidikan antar wilayah yang ditangani oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia menurut Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian kualitas pendidikan secara nasional ditangani penilaian selaku bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan terhadap pihak-pihak yang berkepentingan.
Lebih lanjut dinyatakan bahwa penilaian ditangani oleh forum yang berdikari secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menganggap pencapaian persyaratan nasional pendidikan dan proses pemantauan penilaian tersebut mesti ditangani secara berkesinambungan.
Proses pemantauan penilaian tersebut ditangani secara terus menerus dan berkelanjutan pada balasannya akan sanggup merapikan kualitas pendidikan. Pembenahan kualitas pendidikan dimulai dengan penentuan standar.
Penentuan persyaratan yang terus bertambah dibutuhkan akan mendorong kenaikan kualitas pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan persyaratan pendidikan merupakan penentuan nilai batas (cut off score).
Seseorang dibilang sudah lulus/kompeten kalau sudah melalui nilai batas tersebut berupa nilai batas antara penerima didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan penerima didik yang belum menguasai kompetensi tertentu.
Bila itu terjadi pada ujian nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara penerima didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, kesibukan penentuan batas kelulusan disebut standard setting.
Manfaat pengaturan persyaratan ujian selesai :
Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau biasa disingkat USBN merupakan metode penilaian persyaratan pendidikan dasar dan menengah secara nasional untuk meningkatakan persamaan kualitas tingkat pendidikan antar wilayah yang ditangani oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia menurut Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian kualitas pendidikan secara nasional ditangani penilaian selaku bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan terhadap pihak-pihak yang berkepentingan.
Lebih lanjut dinyatakan bahwa penilaian ditangani oleh forum yang berdikari secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menganggap pencapaian persyaratan nasional pendidikan dan proses pemantauan penilaian tersebut mesti ditangani secara berkesinambungan.
Proses pemantauan penilaian tersebut ditangani secara terus menerus dan berkelanjutan pada balasannya akan sanggup merapikan kualitas pendidikan. Pembenahan kualitas pendidikan dimulai dengan penentuan standar.
Penentuan persyaratan yang terus bertambah dibutuhkan akan mendorong kenaikan kualitas pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan persyaratan pendidikan merupakan penentuan nilai batas (cut off score).
Seseorang dibilang sudah lulus/kompeten kalau sudah melalui nilai batas tersebut berupa nilai batas antara penerima didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan penerima didik yang belum menguasai kompetensi tertentu.
Bila itu terjadi pada ujian nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara penerima didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, kesibukan penentuan batas kelulusan disebut standard setting.
Manfaat pengaturan persyaratan ujian selesai :
- Adanya batas kelulusan setiap mata pelajaran sesuai dengan permintaan kompetensi minimum.
- Adanya persyaratan yang serupa untuk setiap mata pelajaran selaku persyaratan minimum pencapaian kompetensi.
Maka menurut Hal tersebut pada postingan kali ini, saya akan menshare mengenai Soal latihan USBN SMK/SMA Mata Pelajaran KIMIA Beserta Jawabannya Lengkap, Terbaru dengan jumlah 45 Soal. Dimana dalam soal latihan ini, yakni berupa 40 soal opsi ganda serta 5 soal essay dan pastinya sudah ditambahkan kunci jawabannya agar Sobat Prakata semua bisa lebih gampang Untuk menghafalnya dan juga bisa memicu acuan soal di saat akan melaksakan USBN tersebut nanti alasannya merupakan soal tersebut diambil menurut sumber dari buku mata pelajaran yang dipelajari di Sekolah pada umumnya.
Mungkin itu saja sedikit ulasan mengenai isi postingan yang mau saya diskusikan kali ini, pribadi saja kita menuju Soal latihan USBN SMK/SMA Mata Pelajaran Kimia Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru berikut dibawah ini.
Soal latihan USBN SMK/SMA Mata Pelajaran Kimia Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru
Adapun soal-soal USBN yang mau kita diskusikan pada mata pelajaran Kimia ini selaku materi acuan di saat menghadapi Ujian Sekolah merupakan selaku berikut :
A. Soal Pilihan Ganda
1. Berikut ini tergolong proses pergeseran materi :- Singkong menjadi tape
- Gula larut dalam air
- Kayu menjadi meja
- Seng larut dalam asam sulfat
- Kertas dibakar
A. 2, 3, 5
B. 1, 2, 3
C. 2, 3, 4
D. 2, 4, 5
E. 1, 4, 5
2. Berikut ini merupakan pola materi :
- Air
- Natrium
- Karbondioksida
- Besi
- Phospor
A. 1 dan 3
B. 2 dan 4
C. 1 dan 5
D. 2 dan 3
E. 2 dan 5
3. Berikut merupakan lambang dari elemen Karbon dan Kalsium berturut-turut....
A. Ca dan C
B. C dan Ca
C. Co dan C
D. Cr dan Ca
E. Cs dan C
4. Di antara materi berikut yang merupakan senyawa ....
A. Posfor
B. Kalium
C. Timbal
D. Air
E. Perak
5. Pada reaksi pembakaran metana:
Nilai angka koefisien dari a,b,c, dan d dari reaksi tersebut berturut-turut ....
A. 1, 2, 2
B. 1, 2, 2, 1
C. 1, 2, 1, 2
D. 2, 2, 1, 1
E. 2, 1, 1, 2
6. Berikut ini merupakan pasangan isobar ...
7. Konfigurasi elektron dari elemen 19K ...
A. 2, 8, 10
B. 2, 8,7, 3
C. 2, 8, 8, 2
D. 2, 8, 8, 1
E. 2, 8, 18
8. Unsur 36Kr terletak pada golongan dan periode...
A. IV A ; 8
B. VIII A ; 4
C. VIII A ; 1
D. VIII A ; 2
E. IV A ;4
9. Jumlah mol dari 1,6 gram CH4 ...( Ar C = 12, H = 1 )
A. 0,5 mol
B. 0,25 mol
C. 0,2 mol
D. 0,01 mol
E. 0,1 mol
10. Banyaknya volume dari 0,5 mol H2 ( STP ) ...
A. 2,24 Liter
B. 22,4 Liter
C. 11,2 Liter
D. 1,12 liter
E. 1112 liter
11. Senyawa berikut ini merupakan senyawa ion....
A. NH3
B. CCl4
C. H2
D. NaCl
E. HCl
12. Rumus kimia yang terbentuk dari ikatan kovalen antara 6X dengan 8Y ....
A. X2Y
B. X3Y
C. XY
D. XY2
E. XY3
13. Massa molekul relatif dari senyawa H2SO4 ...( Ar. H = 1; S = 32; O = 16 )
A. 108
B. 98
C. 88
D. 68
E. 48
14. Berdasarkan pelepasan dan pengikatan elektron, reaksi reduksi merupakan....
A. Reaksi pengikatan elektron
B. Reaksi pelepasan elektron
C. Reaksi pengikatan oksigen
D. Reaksi pelepasan oksigen
E. Reaksi serah terima elektron
15. Diketahui reaksi redoks :
Yang mengalami oksidasi ....
A. Mg
B. Mg2+
C. Zn
D. Zn2+
E. Zn dan Mg
16. Diketahui reaksi redoks :
zat yang berperan oksidator ...
A. H2
B. Cu
C. CuO
D. H2O
E. O
17. Sebanyak 0,8 gram metana, CH4 dilarutkan dalam 500 mL air, ( Ar C = 12, H = 1). Tentukan molaritas larutan tersebut....
A. 0,02 M
B. 0,2 M
C. 0,001 M
D. 0,1 M
E. 0,01 M
18. Diketahui reaksi :
Entalpi reaksi pada pembentukan 0,5 mol CO ....
A. – 788 kJ
B. + 197 kJ
C. – 197 Kj
D. + 788 kJ
E. – 394 kJ
19. Senyawa berikut tergolong senyawa alkana ....
A. C2 H6
B. C4 H8
C. C5H8
D. C6H12
E. C7H12
20. Perhatikan senyawa hidrokarbon berikut !
Nama dari senyawa di atas ....
A. 2,2 dimetil pentana
B. 2,3 metil butana
C. 2,2 dimetil butane
D. 2,3 dimetil pentana
E. 2,3 dimetil butana
21. Berikut yang merupakan isomer Heksena merupakan ....
A. 2 metil pentana
B. 2 metil 1 pentena
C. 3 metil butena
D. 2,3 dimetil 1 pentena
E. 3,3 dimetil 1pentena
22. Senyawa 2,3 dimetil butana merupakan isomer dari senyawa ....
A. Dekana
B. Nonana
C. Oktana
D. Heptana
E. Heksana
23. Berikut merupakan sifat – sifat elemen :
- Bervalensi 6
- Bervalensi 4
- Membentuk ikatan ion
- Membentuk ikatan kovalen
- Mudah melepas elektron
A. 1 dan 5
B. 2 dan 4
C. 3 dan 4
D. 3 dan 5
E. 4 dan 5
24. Berikut merupakan pernyataan mengenai kesetimbangan :
- Berjalan dua arah ( bolak-balik)
- Berjalan satu arah ( tidak sanggup balik )
- sifat makroskopis tidak berubah
- laju ke arah kanan tidak sama dengan laju ke arah kiri
- laju ke arah kanan sama dengan laju ke arah kiri
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 4
C. 1, 2, dan 5
D. 2, 3, dan 4
E. 2, 3, dan 5
25. Pada reaksi kesetimbangan berikut,
Jika suhu dinaikkan, maka akan terbentuk proses berikut…
A. N2 akan berkurang
B. H2 akan berkurang
C. N2dan H2akan bertambah
D. NH3 akan bertambah
E. NH3 tetap
26. Pada metode tertutup dan suhu tertentu terdapat kesetimbangan :
Pada di saat setimbang terdapat 0,2 mol/liter HBr , 0,1 mol/liter H dan 0,1 mol/liter Br . Harga tetapan kesetimbangan merupakan ....
A. 0,5
B. 0,25
C. 0,3
D. 0,2
E. 0,1
Persamaan laju reaksi dari data percobaan di atas merupakan ....
A. V = k[ A ] [ B ]2
B. V = k[ A ] [ B ]
C. V = k[ A ]2 [ B ]
D. V = k[ A ]2 [ B ]2
E. V = k[ A ]2
28. Diketahui aneka macam peryataan mengenai tugas katalis dalam proses reaksi selaku berikut,
- Mengubah prosedur dan hasil reaksi
- Tidak ikut bereaksi dalam proses reaksi
- Ikut bereaksi tetapi sanggup diperoleh kembali pada selesai reaksi
- Ikut bereaksi dan tidak sanggup diperoleh pada selesai reaksi
A. 2 dan 4
B. 2 dan 3
C. 1 dan 3
D. 1 dan 4
E. 1 dan 2
29. Berikut ini beberapa rumus kimia asam :
- HBr
- CH3COOH
- HNO3
- HCN
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4
E. 1 dan 3
30. pH dari larutan 0,1 M HCl ...
A. 5
B. 4
C. 3
D. 2
E. 1
31. pH dari larutan Ca(OH)2, 0,05 M ...
A. 10
B. 11
C. 12
D. 13
E. 14
32. Polimer ini digunakan selaku materi pembuat perlengkapan rumah tangga anti lengket ....
A. Teflon
B. Propena
C. Asetilena
D. PVC
E. Isoprena
33. Polimer yang cuma sanggup dipanaskan beberapa kali tergolong jenis polimer...
A. Termostatik
B. Termoplastik
C. Termosetting
D. Kopolimer
E. Homopolimer
34. Polimer yang terbentuk dari monomer-monomer berlainan disebut ...
A. Homopolimer
B. Termoset
C. Kopolimer
D. Termostatik
E. Termoplastik
35. Berikut yang merupakan pasangan polimer alam ....
A. PVC dan tetoron
B. Polistirena dan PVC
C. Nylon 66 dan polistirena
D. Nylon 66 dan teflon
E. Selulosa dan karet
36. Berikut ini merupakan sifat koloid ...
A. Jernih
B. Tidak stabil
C. Kasar
D. Stabil
E. homogen
37. Fase terdispersi dan medium pendispersi dari debu ...
A. padat dalam gas
B. padat dalam cair
C. padat dalam padat
D. Cair dalam gas
E. Cair dalam cair
38. Penyerapan permukaan pada metode koloid disebut.....
A. gerak Brown
B. efek Tyndal
C. koagulasi
D. Elektroforesis
E. Adsorbsi
39. Minyak bumi merupakan larutan yang sanggup di pisahkan dengan cara...
A. Kristalisasi ( pengkristalan )
B. Kromatografi
C. Destilasi ( penyulingan )
D. Filtrasi ( penyaringan )
E. Sublimasi ( penyubliman )
40. Pertamax merupakan jenis bensin yang memiliki angka oktan....
A. 80
B. 85
C. 92
D. 95
E. 100
B. Soal Essay
1. Jelaskan 3 perbedaan sifat asam dan basa !2. Tulis reaksi ionisasi senyawa H3PO4!
3. Dalam suatu tabung reaksi terdapat 2 mol NaCl, tentukan massa NaCl (Ar Na = 23, Cl = 35,5)
4. Tentukan rumus struktur senyawa 3-metil heptana!
5. Tulis persamaan termokimia dari reaksi antara 1 mol Fe2O3 dengan karbon(C) membentuk besi ( Fe) dan karbon monoksida(CO) membutuhkan kalor 621 kJ.
Jawaban