#Soal Latihan Usbn Fisika Smk/Sma Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru
Ilmu yakni wawasan yang sudah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan wawasan yakni pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis alasannya yakni belum dicoba dan diuji.
Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) yakni tes yang berniat untuk menyeleksi kesanggupan seorang mahasiswa atau kandidat dokter. Biasanya ujian tes tertulis, meskipun beberapa mungkin gampang atau elemen praktis, dan sungguh bermacam-macam dalam struktur, isi dan kesusahan tergantung pada subjek, kalangan usia orang yang diuji dan profesi.
Seseorang yang melalui ujian menemukan ijazah, suatu surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif yakni ujian di mana pelamar berkompetisi untuk sejumlah posisi, selaku musuh cuma mesti meraih tingkat tertentu untuk lulus.
Sebagaimana yang kita pahami setiap siswa yang berada di tingkat pendidikan formal niscaya akan mengahadapi yang namanya Ujian selaku bentuk tes terhadap para siswa untuk mengukur sejauh mana kesanggupan siswa tersebut dalam mengerti pelajaran yang sudah di sampaikan oleh para guru, sehingga nantinya akan di sanggup hasil selaku materi penilaian untuk memperbaiki kesanggupan siswa ketingkat yang lebih baik lagi.
Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau biasa disingkat USBN yakni metode penilaian tolok ukur pendidikan dasar dan menengah secara nasional untuk meningkatakan persamaan kualitas tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia menurut Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian kualitas pendidikan secara nasional dilakukan penilaian selaku bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan terhadap pihak-pihak yang berkepentingan.
Lebih lanjut dinyatakan bahwa penilaian dilakukan oleh forum yang berdikari secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menganggap pencapaian tolok ukur nasional pendidikan dan proses pemantauan penilaian tersebut mesti dilakukan secara berkesinambungan.
Proses pemantauan penilaian tersebut dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan pada kesudahannya akan sanggup merapikan kualitas pendidikan. Pembenahan kualitas pendidikan dimulai dengan penentuan standar.
Penentuan tolok ukur yang terus bertambah dikehendaki akan mendorong kenaikan kualitas pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan tolok ukur pendidikan yakni penentuan nilai batas (cut off score).
Seseorang dibilang sudah lulus/kompeten bila sudah melalui nilai batas tersebut berupa nilai batas antara penerima didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan penerima didik yang belum menguasai kompetensi tertentu.
Bila itu terjadi pada ujian nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara penerima didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, acara penentuan batas kelulusan disebut standard setting.
Manfaat pengaturan tolok ukur ujian simpulan :
Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau biasa disingkat USBN yakni metode penilaian tolok ukur pendidikan dasar dan menengah secara nasional untuk meningkatakan persamaan kualitas tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia menurut Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian kualitas pendidikan secara nasional dilakukan penilaian selaku bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan terhadap pihak-pihak yang berkepentingan.
Lebih lanjut dinyatakan bahwa penilaian dilakukan oleh forum yang berdikari secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menganggap pencapaian tolok ukur nasional pendidikan dan proses pemantauan penilaian tersebut mesti dilakukan secara berkesinambungan.
Proses pemantauan penilaian tersebut dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan pada kesudahannya akan sanggup merapikan kualitas pendidikan. Pembenahan kualitas pendidikan dimulai dengan penentuan standar.
Penentuan tolok ukur yang terus bertambah dikehendaki akan mendorong kenaikan kualitas pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan tolok ukur pendidikan yakni penentuan nilai batas (cut off score).
Seseorang dibilang sudah lulus/kompeten bila sudah melalui nilai batas tersebut berupa nilai batas antara penerima didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan penerima didik yang belum menguasai kompetensi tertentu.
Bila itu terjadi pada ujian nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara penerima didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, acara penentuan batas kelulusan disebut standard setting.
Manfaat pengaturan tolok ukur ujian simpulan :
- Adanya batas kelulusan setiap mata pelajaran sesuai dengan permintaan kompetensi minimum.
- Adanya tolok ukur yang serupa untuk setiap mata pelajaran selaku tolok ukur minimum pencapaian kompetensi.
Maka menurut Hal tersebut pada postingan kali ini, saya akan menshare perihal Soal latihan USBN SMK/SMA Mata Pelajaran FISIKA Beserta Jawabannya Lengkap, Terbaru dengan jumlah 35 Soal. Dimana dalam soal latihan ini, yakni berupa soal opsi ganda dan pastinya sudah ditambahkan kunci jawabannya agar Sobat Prakata semua bisa lebih gampang Untuk menghafalnya dan juga bisa mengakibatkan rujukan soal di saat akan melaksakan USBN tersebut nanti alasannya yakni soal tersebut diambil menurut sumber dari buku mata pelajaran yang dipelajari di Sekolah pada umumnya.
Mungkin itu saja sedikit ulasan perihal isi postingan yang mau saya diskusikan kali ini, eksklusif saja kita menuju Soal latihan USBN SMK/SMA Mata Pelajaran FISIKA Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru berikut dibawah ini.
Soal latihan USBN SMK/SMA Mata Pelajaran Fisika Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru
Adapun soal-soal USBN yang mau kita diskusikan pada mata pelajaran Fisika ini selaku materi rujukan di saat menghadapi Ujian Sekolah yakni selaku berikut :
1. Di bawah ini yang ialah satuan besaran pokok yang sesuai dengan metode Standar Internasional yakni ….
A. cm, gram, dan detik
B. Celsius, watt, dan jam
C. Gram, celcius dan detik
D. Kilogram, celcius, dan detik
E. Kilogram, kelvin, dan detik
2. Dimensi dari Gaya adalah…
A. MLT-1
C. ML-1T-1
D. ML2T-2
E. M-1L3T-2
3. Sebuah kendaraan beroda empat bergerak dengan kecepatan 20 m/s ,kemudian direm hingga sehabis 20 detik kendaraan beroda empat berhenti, perlambatan yang dialami adalah….
A. 0,2 m/s2
B. 0,4 m/s2
C. 0,5 m/s2
D. 0,8 m/s2
E. 1 m/s2
4. Buah kelapa jatuh dari pohonnya setinggi 20 m dari tanah. Jika percepatan gravitasi bumi 10 m/s2. Maka waktu yang dikehendaki kelapa untuk hingga di tanah adalah…..
A. 2 detik
B. 1,4 detik
C. 1,2 detik
D. 1,0 detik
E. 0,8 detik
5. Resultan gaya yang melakukan pekerjaan pada benda sama dengan nol. Maka benda akan ….
A. Bergerak lurus beraturan
B. Bergerak lurus berubah beraturan.
C. Bergerak lurus berubah beraturan diperlambat.
D. Bergerak melingkar
E. Bergerak melingkar beraturan
6. Sebuah balok bermassa 50 kg semula dalam keadan diam, kemudian didorong dengan gaya tetap 100 N, percepatan yang dialami adalah...
A. 10 m/ss2
B. 7,5 m/s2
C. 5 m/s2
D. 2 m/s2
E. 1 m/s2
7. Dibawah ini yang bukan ialah jenis kesetimbangan adalah….
A. Kesetimbangan stabil
B. Kesetimbangan labil
C. Kesetimbangan netral
D. Kesetimbangan indiferensi
E. Keseimbangan normal
8. Sifat benda yang memungkinkan benda kembali pada bentuknya semula sehabis gaya yang melakukan pekerjaan pada benda tersebut dihilangkan adalah…
A. emisivitas
B. elastisitas
C. strain
D. plastisitas
E. stress
9. Sebuah benda dengan massa 8 kg, bila pergantian kecepatannya 4 m/s. Besar Impulsnya adalah…..
A. 4 N.s
B. 12 N.s
C. 24 N.s
D. 30 N.s
E. 32 N.s
10. Besar koefisien restitusi pada tumbukan lenting tepat adalah….
A. e = 0
B. e = 1
C. e £ 1
D. e ³ 1
E. 0 < e < 1
106 J/kg, kalor jenis air 4.200 J/(kgºC) dan tekanan udara pada di sekarang ini 1 atmosfir, maka kalor yang dikehendaki untuk proses B – C yakni ....
Air sebanyak 2 kg bersuhu 60 ºC akan diuapkan, Jika kalor uap air 2,27 x
A. 336 kilojoule
B. 4.540 kilojoule
C. 4.876 kilojoule
D. 5.212 kilojoule
E. 6.540 kilojoule
12. Sebuah dongkrak hidrolik mempunyai penampang yang diameternya masing – masing 2 mm dan 100 mm. gaya minimum yang mesti dilakukan pada penampang kecil dongkrak tersebut untuk mengangkat kendaraan beroda empat yang massanya 600 kg adalah…(g = 10 m/det2 )
A. 12 N
B. 20 N
C. 120 N
D. 1200 N
E. 12.000 N
13. Gaya Archimedes yang melakukan pekerjaan pada suatu benda di dalam zat cair seimbang dengan……
A. berat zat cair
B. berat zat cair dan volume benda
C. berat dan massa jenis zat cair
D. volume benda yang tercelup dan massa jenis zat cair
E. massa jenis , volume benda yang tercelup dan percepatan grafitasi bumi
14. Sebuah pipa mempunyai penampang yang berlainan seumpama gambar. Jika luas penampang A1 = 20 cm2 dan luas penampang A2 = 5 cm2 , kecepatan aliran fluida pada penampang A1 yakni 2 m/s, maka kecepatan aliran pada penampang A2 adalah……..
A. 5 m/s
B. 8 m/s
C. 9 m/s
D. 10 m/s
E. 11 m/s
15. Sejumlah gas ideal dipanaskan pada tekanan tetap 2.104 N/m2. Sehingga volumenya berubah dari 20 m3 menjadi 30m3, jerih payah luar yang dilakukan gas yakni ….
A. 1.105 J
B. 2.105 J
C. 1.106 J
D. 2.106 J
E. 1.107 J
16. Panas yang masuk pada mesin Carnot 1000 J dan panas yang keluar 600 J. Efisiensi mesin tersebut .....
A. 20%
B. 30%
C. 40%
D. 50%
E. 60%
17. Sebuah pegas bergetar dengan frekuensi 0,5 Hz. Waktu yang diperlukan untuk mengerjakan 30 getaran adalah....
A. 15 detik
B. 30 detik
C. 60 detik
D. 90 detik
E. 150 detik
18. Grafik berikut memperlihatkan simpangan dari suatu titik dalam satu medium selaku fungsi waktu di saat suatu gelombang lewat lewat medium. Jika panjang gelombang tersebut 6 m, maka cepat rambat gelombangnya yakni ….
A. 3 m/s
B. 6 m/s
C. 8 m/s
D. 12 m/s
E. 14 m/s
19. Periode getaran pada ayunan sederhana sanggup digunakan untuk menetukan percepatan grafitasi bumi. Besar periode getaran diputuskan oleh…
A. Massa bandul dan panjang tali.
B. Panjang tali dan percepatan grafitasi bumi.
C. Massa jenis tali dan panjang tali.
D. Massa tali dan percepatan grafitasi bumi.
E. Besar tali dan panjang tali
20. Solenoida terdiri dari 4000 lilitan/m mengalir arus 2 Ampere . Kuat magnet ditengah tengah solenoida adalah…..(µo = 4π. 10-7 Wb/Am)
A. 1,6 π. 10-3 Wb/m2
B. 3,2 . 10-3 Wb/m2
C. 3,2 π. 10-3 Wb/m2
D. 6,4 π. 10-3 Wb/m2
E. 6,4 10-3 Wb/m2
21. Pada gambar berikut ini arah gaya Lorentz yang cocok yakni menuju ke....
A. atas
B. bawah
C. kanan
D. kiri
E. masuk bidang gambar
22. Diberikan suatu cermin cekung dengan jarak titik konsentrasi f dan jari-jari kelengkungan R, suatu benda yang tingginya h cm ditaruh pada jarak S didepan cermin. jarak bayangan yang terbentuk oleh cermin adalah...
A. 6 cm
B. 12 cm
C. 24 cm
D. 36 cm
E. 48 cm
23. Bayangan dari suatu benda terbuat oleh cermin cembung adalah....
A. selalu di belakang cermin
B. selalu diperbesar
C. kadang-kadang diperkecil
D. kadang-kadang terbalik
E. kadang-kadang nyata
24. Sebuah bayangan benda terbentuk pada jarak 1 m di belakang lensa berkekuatan 5 dioptri. Letak benda terhadap lensa tersebut adalah...
A. 0,25 m
B. 0,30 m
C. 0,35 m
D. 0,40 m
E. 0,45 m
25. Dua bola bermuatan +20 µC dan -24 µC terpisah pada jarak 12 cm. Bila k = 9 x 109 Nm2/C2, maka gaya tarik menawan kedua muatan adalah……
A. 0,03 N
B. 0,27 N
C. 30 N
D. 270 N
E. 300 N
26. Besarnya mempunyai efek medan listrik di suatu titik yang berjarak 25 cm dari suatu muatan listrik sebesar 0,4µC yakni ....
A. 5,76 x 105 N/C
B. 5,76 x 104 N/C
C. 5,76 x 103 N/C
D. 5,76 x 10-4 N/C
E. 5,76 x 10-3 N/C
27. Dua kapasitor mempunyai kapasitas sama besar dihubungkan paralel, kapasitas rangkaian menjadi....
A. setengah kali kapasitansi tiap kapasitor
B. dua kali kapasitansi tiap kapasitor
C. sama seumpama satu kapasitor
D. satu setengah kali tiap kapasitor
E. Dua setengah kali setiap kapasitor
28. Dari gambar disamping jika R1 = 2 ohm, R2 = 2 ohm, R3 = 2 ohm dan V =12 Volt, maka besar arus pada R3 adalah….
A. 1 A
B. 2 A
C. 3 A
D. 4 A
E. 5 A
29. Dalam suatu penghantar mengalir muatan 300 coulomb selama ½ menit. Kuat arus yang mengalir sebesar ....
A. 150 Ampere
B. 75 Ampere
C. 50 Ampere
D. 25 Ampere
E. 10 Ampere
30. Generator pembangkit listrik terdapat kumparan yang berisikan 2000 lilitan dengan luas penampang 0,02 m2 berotasi dengan frekwensi 50 Hz, bila mempunyai efek medan magnet yang perihal kumparan yakni 0,05 Wb/m2 maka GGL induksi yang dihasilkan adalah…..
A. 62,8 Volt
B. 628 Volt
C. 125,6 Volt
D. 1256 Volt
E. 2512 Volt
31. Jaringan listrik PLN dialirkan dari gardu induk menuju rumah-rumah memakai rangkaian listrik secara...
A. Seri
B. Paralel
C. Seri paralel
D. Semi seri
E. Semi paralel
32. Pernyataan-pernyataan berikut yang berhubungan dengan di saat terjadi kondisi resonansi pada rangkaian RLC:
(1) reaktansi induktif > reaktansi kapasitif
(2) reaktansi induktif = reaktansi kapasitif
(3) impedansi sama dengan nol
(4) impedansi sama dengan persoalan R
yang benar adalah….
A. (1) dan (3)
B. (2) dan (3)
C. (1) dan (4)
D. (2) dan (4)
E. (1) dan (2)
33. Besarnya gaya tarik antar dua buah muatan +12mC dan -20mC yang berada diudara pada jarak 12 meter satu dengan yang yang lain adalah....
A. 0,00015 N
B. 0,0015 N
C. 0,015 N
D. 1,5 N
E. 15 N
34. Tiga buah kapasitor masing-masing 2μF, 4 μF, dan 10μF dirangkai paralel, kemudian dihubungkan dengan baterai 10 V. Muatan tiap kapasitor adalah....
A. 185 μC
B. 160 μC
C. 96 μC
D. 16 μC
E. 11,7 μC
35. Jumlah lilitan di N2 pada transformator adalah…
A. 55 lilitan
B. 60 lilitan
C. 90 lilitan
D. 110 lilitan
E. 220 lilitan