Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

#Rpp Dan Silabus K13 Sma Model Kemdikbud Semua Mata Pelajaran Lengkap

Di dalam dunia pendidikan pasti kita sudah tidak ajaib lagi dengan perumpamaan Silabus dan RPP  yang ialah adaministrasi para guru yang mesti dimiliki dalam proses pembelajaran, agar donasi matau penyampaian materi terhadap siswanya bisa berlangsung secara teratur ataupun tersusun dengan tolok ukur yang sudah di tentukan.

Hal ini berencana mudah-mudahan materi yang disampaikan pada siswa bisa berlangsung dengan baik dan pastinya mempermudah juga bagi para guru/pengajar dalam mengecek masalah2 yang dimiliki para siswa pada setiap materi pelajaran yang di sampaikan.


Lantas apa sih bahwasanya silabus dan RPP itu, mungkin bagi sebagian orang yang gres memasuki dunia pendidikan hal ini akan terasa ajaib dan mungkin menilai hal ini seabagai sesauatu yang rumit.

Untuk lebih jelasnya saya akan sedikit memaparkan menganai apa itu silabus dan RPP ?


A. SILABUS


Silabus yakni planning pembelajaran pada suatu golongan mata pelajaran/tema tertentu yang meliputi tolok ukur kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. 

Silabus ialah penjabaran tolok ukur kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Silabus ialah seperangkat planning dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan analisa hasil belajar.

Silabus terdiri dari komponen pokok yang sanggup menjawab pertanyaan berikut :
  1. Kompetensi yang mau ditanamkan terhadap penerima didik lewat suatu kegiatan pembelajaran
  2. kegiatan yang mesti dijalankan untuk menanamkan / membentuk kompetensi tersebut
  3. upaya yang mesti dijalankan untuk mengenali bahwa kompetensi tersebut sudah dimiliki penerima didik

Silabus berharga selaku pedoman sumber pokok dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, mulai dari pengerjaan planning pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan pengembangan tata cara penilaian.

Silabus dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan terdiri dari beberapa komponen, selaku berikut :

1. Standar Kompetensi Mata Pelajaran
Standar kompetensi mata pelajaran yakni batas dan arah kesanggupan yang mesti dimiliki dan sanggup dijalankan oleh penerima didik setelah mengikuti proses pembelajaran suatu mata pelajaran tertentu, kesanggupan yang sanggup dijalankan atau ditampilkan siswa untuk suatu mat pelajaran, kompetensi dalam mata pelajaran tertentu yang mesti dimiliki siswa, kesanggupan yang mesti dimiliki oleh lulusan dalam dalam suatu mata pelajaran tertentu. Standar Kompetensi terdapat dalam Permen Diknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.

2. Kompetensi Dasar
Kompetensi dasar yakni kesanggupan minimal pada tiap mata pelajaran yang mesti diraih siswa. Kompetensi dasar dalam silabus berfungsi untuk mengarahkan guru mengenai sasaran yang mesti diraih dalam pembelajaran.Misalnya, bisa merampungkan diri dengan lingkungan dan sebagainya.Kompetensi Dasar terdapat dalam Permen Diknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.

3. Hasil Belajar
Hasil mencar ilmu yakni kesanggupan siswa dalam menyanggupi suatu tahapan pencapaian pengalaman mencar ilmu dalam suatu kompetensi dasar.Hasil mencar ilmu dalam silabus berfungsi selaku isyarat tentang pergantian sikap yang mau diraih oleh siswa sehubungan dengan kegiatan mencar ilmu yang dilakukan, sesuai dengan kompetensi dasar dan materi tolok ukur yang dikaji.Hasil mencar ilmu bisa berupa pengetahuan, keterampilan,maupun sikap.

4. Indikator Hasil Belajar
Indikator hasil mencar ilmu yakni ciri penanda ketercapain kompetensi dasar.Indikator dalam silabus berfungsi selaku gejala yang berbincang terjadinya pergantian sikap pda diri siswa.Tanda-tanda ini lebih spesifik dan lebih sanggup diperhatikan dalam diri siswa, sasaran kompetensi dasar tersebut sudah tercukupi atau tercapai.

5. Materi Pokok
Materi pokok yakni pokok-pokok materi yang mesti dipelajari siswa selaku fasilitas pencapaian kompetensi dasar dan yang mau dinilai dengan menggunakan instrumen analisa yang disusun menurut indikator  pencapaian belajar.Secara umum  materi pokok sanggup diklasifikasikan menjadi empat jenis,yaitu  fakta,konsep,prisip,dan prosedur.

6. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran yakni bentuk atau pola biasa kegiatan pembelajaran yang mau dilaksanakan.Strategi pembelajaran meliputi kegiatan  tatap wajah dan non tatap wajah (pengalaman belajar).

7.  Alokasi Waktu
Alokasi waktu yakni waktu yang dikehendaki untuk menguasai masing-masing kompetensi dasar.

8. Adanya Penilaian
Penilaian yakni jenis, bentuk, dan instrumen yang digunakan untuk mengenali atau mengukur  kesuksesan mencar ilmu siswa.

9. Sarana dan Sumber Belajar
Sarana dan sumber mencar ilmu yakni fasilitas dan sumber mencar ilmu yang digunakan dalam proses mencar ilmu mengajar.

B. RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)


Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yakni planning yang menggambarkan mekanisme dan pengorganisasian pembelajaran untuk meraih satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus.  Lingkup Rencana Pembelajaran terluas meliputi satu kompetensi dasar yang terdiri atas satu indicator atau beberapa indicator untuk satu kali konferensi atau lebih.

RPP ialah antisipasi yang mesti dijalankan guru sebelum mengajar. Persiapan disini sanggup diartikan antisipasi tertulis maupun antisipasi mental, suasana emosional yang ingin dibangun, lingkungan mencar ilmu yang produktif, tergolong meyakinkan pembelajar untuk mau terlibat secara penuh. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan silabus mempunyai perbedaan, walaupun dalam hal tertentu mempunyai persamaan. 

Silabus menampung hal-hal yang perlu dijalankan siswa untuk merampungkan suatu kompetensi secara utuh, artinya di dalam suatu silabus adakalanya beberapa kompetensi yang sejalan akan disatukan sehingga anggapan waktunya belum tahu niscaya berapa konferensi yang mau dilakukan. Sementara itu, planning pelaksanaan pembelajaran yakni penggalan-penggalan kegiatan yang perlu dijalankan oleh guru untuk setiap pertemuan. Didalamnya mesti terlihat langkah-langkah apa yang perlu dijalankan oleh guru untuk meraih ketuntasan kompetensi serta langkah-langkah berikutnya setelah konferensi selesai.

Adapun Tujuan dan Fungsi RPP yakni selaku berikut :
  1. Mempermudah, memperlancar dan memajukan hasil proses mencar ilmu mengajar
  2. Dengan menyusun planning pembelajaran secara profesional, sistematis dan berdaya guna, maka guru akan bisa melihat, mengamati, menganalisis, dan memprediksi jadwal pembelajaran selaku kerangka kerja yang logis dan terencana.

Sementara itu, fungsi planning pembelajaran yakni selaku contoh bagi guru untuk mengerjakan kegiatan mencar ilmu mengajar ( kegiatan pembelajaran ) mudah-mudahan lebih terarah dan berlangsung secara efektif dan efisien. Dengan kata lain planning pelaksanaan pembelajaran berperan selaku scenario proses pembelajaran. Oleh sebab itu, planning pelaksanaan pembelajaran hendaknya bersifat luwes (fleksibel) dan member kemungkinan bagi guru untuk menyesuaikan dengan respon siswa dalam proses pembelajaran yang sesungguhnya.

Itulah sedikit ulasan menegnai apa itu silabus dan RPP. Pada peluang kali ini saya akan menshare contoh dari pada RPP dan Silabus K13 Sekolah Menengan Atas Versi Kemdikbud Semua Mata pelajaran Lengkap yang mudah2an dapat menjadi acuan bagi kawan prakta semua yang sedang mencari contohnya.

Tidak cuma itu, kawan prakta semua bisa mengambil contoh RPP dan Silabus K13 Sekolah Menengan Atas Versi Kemdikbud Semua Mata pelajaran Lengkap secara cuma2 dimana file Silabus dan RPP ini berupa file Doc dan Pdf yang di gambung dalam suatu folder dengan format zip, agar bisa proses pengambilan datanya bisa sekaligus.

RPP dan Silabus K13 Sekolah Menengan Atas Versi Kemdikbud Semua Mata pelajaran Lengkap


Berikut ini ialah contoh RPP dan Silabus K13 Sekolah Menengan Atas Versi Kemdikbud Semua Mata pelajaran Lengkap


1. Mata Pelajaran modern 2018
  • Download Kurikulum K13 Sekolah Menengan Atas Mapel SBK  Silabus  – RPP
  • Download Kurikulum K13 Sekolah Menengan Atas Mapel Prakarya Silabus RPP
  • Download Kurikulum K13 Sekolah Menengan Atas Mapel MTK SilabusRPP
  • Download Kurikulum K13 Sekolah Menengan Atas Mapel Penjaskes Silabus RPP
  • Download Kurikulum K13 Sekolah Menengan Atas Mapel PKn Silabus  – RPP
  • Download Kurikulum2013 Sekolah Menengan Atas Mapel Sejarah Indonesia Silabus  – RPP
  • Download Kurikulum K13 Sekolah Menengan Atas Mapel Pend. Agama & Budi Pekerti SilabusRPP
  • Download Kurikulum K13 Sekolah Menengan Atas Mapel B. Indonesia Silabus RPP
  • Download Kurikulum K13 Sekolah Menengan Atas Mapel B. Inggris SilabusRPP

2. Mata Pelajaran Matematika dan IPA modern 2018
  • Download Kurikulum K13 Sekolah Menengan Atas Mapel Matematika  Silabus RPP
  • Download Kurikulum K13 Sekolah Menengan Atas Mapel Biologi SilabusRPP
  • Download Kurikulum K13 Sekolah Menengan Atas Mapel Fisika Silabus   – RPP
  • Download Kurikulum K13 Sekolah Menengan Atas Mapel Kimia Silabus RPP

3. Mata Pelajaran IPS modern 2018
  • Download Kurikulum K13 Sekolah Menengan Atas Mapel Ekonomi SilabusRPP
  • Download Kurikulum K13 Sekolah Menengan Atas Mapel Geografi SilabusRPP
  • Download Kurikulum K13 Sekolah Menengan Atas Mapel Sejarah SilabusRPP
  • Download Kurikulum K13 Sekolah Menengan Atas Mapel Sosiologi Silabus  – RPP

4. Mata Pelajaran EKONOMI

5. Mata Pelajaran ANTROPOLOGI

6. Mata Pelajaran BAHASA INDONESIA PEMINATAN

7. Mata Pelajaran BAHASA ASING


Demikianlah postingan mengenai RPP dan Silabus K13 Sekolah Menengan Atas Versi Kemdikbud Semua Mata pelajaran Lengkap ini, mudah-mudahan berharga buat Sobat prakta semua yang sedang mencari acuan mengenai silabus dan RPP K13 Sekolah Menengan Atas Versi Kemdikbud Semua Mata pelajaran. Maaf apabila terdapat kesalahan dalam contoh Silabus dan RPP nya. mudah-mudahan bisa berharga dan bisa digunakan sebagaimana mestinya. silahkan datangi terus prakatakita blog. Terima kasih.

Sumber http://prakatakita.blogspot.com/