Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Latihan Usbn Smp Seni Budaya Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru

Ilmu merupakan wawasan yang sudah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan wawasan merupakan pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis alasannya merupakan belum dicoba dan diuji.

Dalam konteks akademis atau profesional, cobaan (atau cobaan untuk pendek) merupakan tes yang berencana untuk menyeleksi kesanggupan seorang mahasiswa atau kandidat dokter. Biasanya cobaan tes tertulis, meskipun beberapa mungkin gampang atau bagian praktis, dan sungguh beraneka ragam dalam struktur, isi dan kesusahan tergantung pada subjek, kalangan usia orang yang diuji dan profesi.


Seseorang yang melalui cobaan menerima ijazah, suatu surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif merupakan cobaan di mana pelamar berkompetisi untuk sejumlah posisi, selaku musuh cuma mesti meraih tingkat tertentu untuk lulus.

Sebagaimana yang kita pahami setiap siswa yang berada di tingkat pendidikan formal niscaya akan mengahadapi yang namanya Ujian selaku bentuk tes terhadap para siswa untuk mengukur sejauh mana kesanggupan siswa tersebut dalam mengerti pelajaran yang sudah di sampaikan oleh para guru, sehingga nantinya akan di sanggup hasil selaku materi penilaian untuk memperbaiki kesanggupan siswa ketingkat yang lebih baik lagi.

Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau biasa disingkat USBN merupakan metode penilaian tolok ukur pendidikan dasar dan menengah secara nasional untuk meningkatakan persamaan kualitas tingkat pendidikan antar tempat yang dijalankan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia menurut Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian kualitas pendidikan secara nasional dijalankan penilaian selaku bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan terhadap pihak-pihak yang berkepentingan.

Lebih lanjut dinyatakan bahwa penilaian dijalankan oleh forum yang berdikari secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menganggap pencapaian tolok ukur nasional pendidikan dan proses pemantauan penilaian tersebut mesti dijalankan secara berkesinambungan.

Proses pemantauan penilaian tersebut dijalankan secara terus menerus dan berkelanjutan pada kesudahannya akan sanggup merapikan kualitas pendidikan. Pembenahan kualitas pendidikan dimulai dengan penentuan standar.

Penentuan tolok ukur yang terus bertambah diperlukan akan mendorong kenaikan kualitas pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan tolok ukur pendidikan merupakan penentuan nilai batas (cut off score).

Seseorang dibilang sudah lulus/kompeten bila sudah melalui nilai batas tersebut berupa nilai batas antara penerima didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan penerima didik yang belum menguasai kompetensi tertentu.

Bila itu terjadi pada cobaan nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara penerima didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, kesibukan penentuan batas kelulusan disebut standard setting.

Manfaat pengaturan tolok ukur cobaan selesai :
  • Adanya batas kelulusan setiap mata pelajaran sesuai dengan permintaan kompetensi minimum.
  • Adanya tolok ukur yang serupa untuk setiap mata pelajaran selaku tolok ukur minimum pencapaian kompetensi.

Maka menurut Hal tersebut pada postingan kali ini, saya akan menshare perihal Soal latihan USBN Sekolah Menengah Pertama Seni Budaya Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru dengan jumlah 50 Soal. Dimana dalam soal latihan ini, yakni berupa soal opsi ganda dan pastinya sudah ditambahkan kunci jawabannya agar Sobat Prakata semua bisa lebih gampang Untuk menghafalnya dan juga bisa memicu rujukan soal dikala akan melaksakan USBN tersebut nanti alasannya merupakan soal tersebut diambil menurut sumber dari buku mata pelajaran yang dipelajari di Sekolah pada umumnya.

Baca Juga :
    Mungkin itu saja sedikit ulasan perihal isi postingan yang mau saya diskusikan kali ini, pribadi saja kita menuju Soal latihan USBN Sekolah Menengah Pertama Seni Budaya Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru berikut dibawah ini.

    Soal latihan USBN Sekolah Menengah Pertama Seni Budaya Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru


    Adapun soal-soal yang mau kita diskusikan pada mata pelajaran  Seni Budaya Kelas 9 ini selaku materi rujukan dikala menghadapi Ujian Sekolah merupakan selaku berikut :


    1. Berikut ini merupakan pemahaman Seni yang benar.
    a. suatu ciptaan insan yang indah       c. suatu yang gila dan unik
    b. suatu yang menawan dan hebat               d. suatu ciptaan insan yang aneh

    2. Berikut ini merupakan cabang – cabang seni, kecuali :
    a. seni rupa c. seni drama
    b. seni sastra d. seni dekorasi

    3. Cabang seni yang penikmatannya lewat indera pandangan :
    a. seni suara c. seni drama
    b. seni sastra d. seni rupa

    4. Unsur terkecil dalam seni rupa, merupakan :
    a. ruang c. garis
    b. bidang d. titik 

    5. Satu bidang atau lebih yang bersentuhan dan tertutup akan membentuk :
    a. tekstur c. warna
    b. cahaya d. ruang

    6. Berikut ini merupakan warna yang tergolong dalam warna primer :
    a. merah, jingga, coklat         c. merah, kuning, biru
    b. hijau, ungu, jingga d. coklat, kuning, hijau.

    7. Berikut ini merupakan warna yang tergolong dalam warna skunder :
    a. merah, jingga, coklat         c. merah, kuning, biru
    b. hijau, ungu, jingga d. coklat, kuning, hijau.

    8. Suatu benda mempunyai ukuran panjang dan lebar, bermakna benda tersebut mempunyai perwujudan….
    a. 1 dimensi c. 3 dimensi
    b. 2 dimensi d. 4 dimensi

    9. Suatu benda mempunyai ukuran panjang, lebar dan tinggi serta tebal, bermakna benda tersebut mempunyai perwujudan….
    a. 1 dimensi c. 3 dimensi
    b. 2 dimensi d. 4 dimensi

    10.  Tabel 1

    Perhatikan tabel 1 !
    Yang tergolong benda 2 dimensi :
    a. 2,4,6,8 & 9 c. 1,6,7 & 8
    b. 2,3,4,5 & 9 d. 1,5,8 & 6

    11. Perhatikan tabel 1 !
    Yang tergolong benda 3 dimensi :
    a. 2,3,4,5 & 9 c. 1,6,7 & 8
    b. 1,5,8 & 6 d. 2,4,6,8 & 9

    12. Kegiatan menggandakan dan memindahkan benda 3 dimensi kedalam bidang 2 dimensi dengan semirip mungkin menggunakan media dan teknik tertentu disebut .....
    a. Menggambar Reklame c. menggambar Illustrasi
    b. menggambar bentuk         d. menggambar perspektif

    13. Menggambar dengan menghadap obyek secara langsung, disebut menggambar :
    a. Tanpa obyek c. dengan model
    b. tanpa model d. dengan obyek

    14.  Perhatikan gambar 1 !
    Gambar 1

    Gambar tersebut menerapkan gelap terang dengan teknik :
    a. arsir
    b. dusel
    c. blok
    d. pointilis

    15. Berikut ini merupakan penggolongan bentuk dasar benda, kecuali ……………….
    a. kubistis c. sintesis
    b. silindris d. bebas

    16. Perhatikan gambar 2 !
    Benda tersebut mempunyai bentuk dasar ........
    a. kubistis c. sintesis
    b. silindris d. bebas









    17. Perhatikan gambar 3 !
    Benda tersebut mempunyai bentuk dasar :
    a. kubistis c. sintesis
    b. silindris d. bebas










    18.   Gambar yang sifatnya memperjelas suatu bencana atau bencana adalah...
      a.   gambar cerita         b.   ilustrasi c.   ilusi                        d.   ilustrator

    19.  Dalam urutan menggambar, setelah menghasilkan garis tepi pada kertas gambar, yang berikutnya dijalankan adalah...
    a.   mewarna gambar                          c.   membuat sket   
    b.   membuat gelap terang          d.   menyempurnakan sket
                   
    20. Salah satu bentuk gambaran merupakan berupa gambar-gambar yang lucu dan bersifat menghibur, gambaran semacam itu dinamakan .....
    a.   dekoratif        b.   naturalis                c.   kartun              d.   vinyet

    21. Ilustrasi yang terdapat di surat kabar berupa gambar-gambar tokoh atau  negarawan dalam bentuk yang lucu-lucu dan berisi sindiran dinamakan...
    a.   kartun b.   karikatur               c.   kritikan           d.   cover

    22. Cerita bergambar, disebut juga :
    a.   kartun b.   karikatur               c.   komik            d.   cover

    23. Perhatikan gambar 4 !
    Gambar di samping disebut
    a. karikatur  c. kartun
    b. komik          d. illustrasi bacaan









    24. Perhatikan gambar 5 !
    Gambar di samping disebut
    a. karikatur              c. kartun
    b. komik                      d. illustrasi bacaan










    25.   Kegiatan yang memamerkan atau menyuguhkan karya-karya seni rupa, disebut :
    a.   pementasan.
    b.   pameran   
    c.   perencanaan karya                         
    d.   penyajian karya.

    26.   Suatu tubuh atau wadah, tempat melakukan pekerjaan sama beberapa orang untuk meraih tujuan tertentu, disebut ...............
      a.   kelompok        b. club c. organisasi              d. group

    27.   Orang-orang yang menjalankan kesibukan kerja dalam suatu organisasi, disebut............
      a.   panitia    b.   pengurus         c. pengelola              d.   pekerja

    28. Perhatikan Gambar Berikut !!
    Kotak nomor 4 ditempati oleh :
    a. ketua
    b. Penanggung jawab
    c. Sekretaris
    d. bendahara

    29. Perhatikan gambar 6 !
    Kotak nomor 3 ditempati oleh :
    a. ketua
    b. Penanggung jawab
    c. Sekretaris
    d. bendahara

    30. Perhatikan gambar 6 !
    Kotak nomor 5 ditempati oleh :
    a. ketua
    b. Seksi - seksi
    c. Sekretaris
    d. bendahara

    31. Dalam susunan kepanitiaan, ketua merupakan .........
    a. Orang bisa dijadikan sumber informasi, dimintai nasehat dan diajak diskusi. 
    b. Koordinator dari seluruh kegiatan.
    c. Orang yang bertugas menghasilkan tulisan-tulisan, surat- surat dan catatan tertentu. 
    d. Orang yang bertugas memegang keuangan kesibukan dan mecatat secara teliti dan terperinci
        dari pemasukkan dan pengeluaran duit kegiatan.

    32. Seksi yang bertugas menghasilkan pemberitahuan terhadap orang lain akan adanya kesibukan pergelaran dengan cara menghasilkan baliho, poster, spanduk dsb. Adalah seksi......
    a.   Publikasi                                  
    b.   Humas
    c.   Sarana                                       
    d.   Dekorasi

    33.  Seksi yang bertugas selaku penghubung ke penduduk dengan mempersiapkan surat-surat ijin kepihak yang berwenang dan mengantarkan atau mengantarkan ke pihak-pihak tertentu merupakan seksi.....
    a.   Publikasi
    b.   Humas
    c.   Sarana                                     
    d.   Dekorasi

    34.   Seksi yang bertugas menata ruang pergelaran mudah-mudahan terlihat menawan dan indah merupakan seksi ......
    a.   Publikasi
    b.   Humas
    c.   Sarana                                         
    d.   Dekorasi

    35.   Seksi yang bertugas mengadakan perlengkapan dan fasilitas yang diperlukan dalam melaksanakan pergelaran merupakan seksi.......
    a.   Publikasi
    b.   Humas
    c.   Sarana                                       
    d.   Dekorasi

    36.  Pamflet merupakan fasilitas publikasi yang berupa ………….. digunakan dengan cara ……….. 
    a. tulisan; dibentang
    b.  goresan pena dan gambar; disebar
    c. goresan pena dan gambar; ditempel
    d.  goresan pena dan gambar; dibentang

    37. Aliran seni lukis yang memprioritaskan ekspresi (ungkapan jiwa) senimannya, merupakan .....
    a.   NATURALISME
    b.   REALISME
    c.   SUREALISME                       
    d.   EKSPRESIONISME

    38.   Aliran seni lukis yang mengambil obyek dari alam mimpi dan khayalan, merupakan .......
    a.   IMPRESIONISME
    b.   REALISME
    c.   SUREALISME                       
    d.   EKSPRESIONISME

    39. Aliran seni lukis yang tidak mengambil obyek dari bentuk yang ada di alam, merupakan ...........
    a.   ABSTRAKSIONISME
    b.   REALISME
    c.   SUREALISME                       
    d.   EKSPRESIONISME

    40. “PELUKIS CAHAYA” merupakan istilah bagi pelukis yang beraliran .............
    a.   IMPRESIONISME
    b.   REALISME
    c.   SUREALISME                       
    d.   EKSPRESIONISME

    41.   Aliran seni lukis yang menitik beratkan pada tema kenyataan hidup sehari- hari merupakan ....
    a.   NATURALISME
    b.   REALISME
    c.   SUREALISME                       
    d.   EKSPRESIONISME

    42. Pelukis yang beraliran ekspresionis merupakan ........
    a. Basuki Abdullah
    b. Pablo Picasso
    c. Affandi
    d. Raden Saleh

    43. Pelukis yang beraliran Naturalis adalah......
    a. Basuki Abdullah
    b. Pablo Picasso
    c. Affandi
    d. Raden Saleh

    44. Lukisan dengan judul “MONALISA”, dibentuk oleh ....
    a. Basuki Abdullah
    b. Pablo Picasso
    c. Affandi
    d. Leonardo Da Vinci

    45. Perhatikan gambar lukisan berikut ini !

    Lukisan tersebut tergolong :
    a.   ABSTRAKSIONISME
    b.   REALISME
    c.   SUREALISME                     
    d.   EKSPRESIONISME








    46. Perhatikan gambar lukisan berikut ini !
    Lukisan tersebut tergolong :

    a.   NATURALISME
    b.   IMPRESSIONISME
    c.   SUREALISME                   
    d.   EKSPRESIONISME













    47. Perhatikan gambar lukisan berikut ini !
    Lukisan tersebut tergolong :

    a.   NATURALISME
    b.   IMPRESSIONISME
    c.   SUREALISME                   
    d.   EKSPRESIONISME













    48. Perhatikan gambar lukisan berikut ini !
    Lukisan tersebut tergolong :

    a.   ABSTRAKSIONISME
    b.   REALISME
    c.   SUREALISME                   
    d.   EKSPRESIONISME








    49. Perhatikan gambar lukisan berikut ini !
    Lukisan tersebut tergolong :

    a.   ABSTRAKSIONISME
    b.   KUBISME
    c.   SUREALISME                   
    d.   EKSPRESIONISME








    50. Perhatikan gambar lukisan berikut ini !
    Lukisan tersebut tergolong :

    a.   NATURALISME
    b.   REALISME
    c.   SUREALISME                   
    d.   IMPRESIONISME












    Demikianlah postingan mengenai Soal latihan USBN Sekolah Menengah Pertama Seni Budaya Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru ini, mudah-mudahan berharga buat kawan praktakita yang sedang mencari rujukan perihal soal2 dari mata pelajaran Seni Budaya Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pengerjaan soal ataupun jawabannya. mudah-mudahan bisa berharga dan bisa digunakan selaku materi untuk belajar. Terima Kasih .


    Sumber http://prakatakita.blogspot.com/