Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Balasan Halaman 100, 101, 102 Kelas 6 Tema 7 Buku Tematik Siswa

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 6 Halaman 100, 101, 102 - Kunci Jawaban Soal Tematik Kelas 6 Tema 7 Kepemimpinan, Subtema 2 Pemimpin Idolaku Pembelajaran 6 Tentang Contoh Kepemimpinan Yang Baik. Bagiamana sahabat semua sudah siap? mari kita bahas bersama mengenai alternatif tanggapan tematik kelas 6 semester 2 ini.

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 6

 mari kita bahas bersama mengenai alternatif tanggapan tematik  kelas  Kunci Jawaban Halaman 100, 101, 102 Kelas 6 Tema 7 Buku Tematik Siswa

Kunci Jawaban Buku Tematik Halaman 100, 101, 102

1. Tulislah satu orang pemimpin yang kau kenal. Sebutkan nilai-nilai kepemimpinan yang 
dimilikinya (paling sedikit tiga), pola kegiatannya, serta manfat bagi orang-orang di sekitarnya.
Alternatif Jawaban :
Pemimpin yang saya kenal :
Ayah saya sendiri
Nilai-nilai kepemimpinan yang dimiliki :
  1. Religius
  2. Disiplin
  3. Pekerja Keras
  4. Toleran
  5. Humanis
Contoh kegiatan :
  1. Selalu berdoa dalam mengawali dan mengakhiri kegiatan, selalu mengucapkan rasa syukur dalam segala aktivitas.
  2. Selalu melaksanakan sesuatu sesuai dengan yang telah ditetapkan (tepat waktu, sempurna janji)
  3. Selalu bekerja menyerupai tidak mengenal lelah, selalu semangat, tidak pernah mengeluh demi memberi nafkah kepada keluarga
  4. Selalu baik dengan keluarga dan orang-orang di sekitarnya, selalu memaklumi kekurangan yang dimiliki istri dan anak-anaknya, serta tetangga dan orang lain di sekitarnya
  5. Selalu welas asih/kasih sayang terhadap keluarga, selalu suka membantu para tetangga sekitar.
Manfaat bagi orang-orang di sekitarnya :
  1. Menjadikan kami sebagai anak-anaknya jadi lebih mengenal Tuhan Yang Maha Esa, menjiplak perilaku ayah yang selalu bersyukur
  2. Menjadikan kegiatan dan agenda acara di lingkungan rumah menjadi lebih teratur, anak-anaknya jadi lebih merasa nyaman berada di rumah
  3. Membuat kehidupan ekonomi keluarga menjadi lebih baik dan nyaman, anak-anaknya sanggup bersekolah dengan baik
  4. Membuat keluarga dia menjadi harmonis, hubungan dengan tetangga sekitar juga harmonis.
  5. Membuat orang-orang disekitarnya sangat menyayanginya, baik keluarga maupun tetangga-tetangga maupun orang-orang di sekitarnya, membuat dia disegani di lingkungan masyarakat.
2. Isilah diagram Frayer di bawah ini untuk memperlihatkan pemahamanmu perihal kepemimpinan.
Alternatif Jawaban :

Contoh Kepemimpinan yang baik :
  1. Kepala Sekolah yang selalu peduli akan kesulitan guru dan murid-murid di sekolahnya, selalu mencari jalan untuk memecahkan persoalan yang dihadapi oleh guru dan murid-murid di sekolahnya
  2. Seorang dokter yang selalu telaten dan sabar mendengarkan keluhan sakit pasiennya untuk kemudian menenangkannya sambil berusaha menawarkan pengobatan yang bisa menawarkan kesembuhan
Ciri-ciri pemimpin yang baik :
Mempunyai nilai rela berkorban, nilai keteladanan, disiplin, nilai kerja keras & kerja cerdas, pantang menyerah/gigih, mendahulukan kepentingan bersama, bisa bekerjasama dan berkomunikasi, terus belajar/terus memperbaiki diri, toleran, bertanggungjawab

Pengertian kepemimpinan yang baik :
Pemimpin yang memiliki efek baik atas orang lain dan bisa mengilhami, menawarkan motivasi, semangat dan juga bisa memberi instruksi aktivitas-aktivitas anggota untuk membantu tercapainya tujuan kelompok/organisasi

Contoh kepemimpinan yang kurang baik :
Pemimpin yang merasa dirinya paling benar, paling berkuasa, tidak mau mendapatkan nasihat, tidak bisa menghargai pendapat orang lain, hanya bisa memerintah dan tanpa mau peduli dengan bawahannya.

3. Tuliskan banyak sekali kegiatan yang memperlihatkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan. Tuliskan paling 
sedikit lima kegiatannya.
Alternatif Jawaban :
  • Gotong royong membersihkan jalan desa
  • Menjenguk dan membantu tetanga yang sakit
  • Membantu tetangga/orang-orang sekitar yang terkena musibah
  • Melayat tetangga yang meninggal
  • Turut aktif dalam kegiatan kampung, menyerupai Siskamling, PKK
  • Turut aktif dalam lomba-lomba/peringatan hari besar di tempat tempat tinggal
4. Tuliskan tiga cara untuk menjaga persatuan dan kesatuan
Alternatif Jawaban :
  • Tidak membeda-bedakan terhadap orang lain/tidak melaksanakan diskriminasi
  • Menghormati perbedaan suku, agama, ras maupun golongan
  • Mempelajari adat/kesenian sendiri dan juga mempelajari adat/kesenian suku lain
  • Suka menolong orang lain tanpa pandang bulu
  • Menghormati orang yang lebih tua, dan menjaga/melindungi orang yang lebih muda
  • Menghormati hak-hak orang lain, serta melaksanakan kewajiban diri sendiri
  • Bertanggung jawab terhadap kegiatan diri sendiri yang berafiliasi dengan orang lain/orang banyak
5. Apa keunikan tari Zapin dari Aceh?
Alternatif Jawaban :
Tarian yang mengutamakan kesatuan gerakan cepat. Dengan adanya kerjasama dan kesatuan gerakan tari yang cepat membuat gerakan-gerakan yang indah dan menakjubkan. Tarian ini berisi dakwah islam, berasal dari tempat Arab dan menerima sentuhan budaya lokal/Indonesia, sehingga makin memperindah gerakan.

6. Bagaimana sikapmu jikalau pada ketika berdiskusi, ada perbedaan pendapat dengan temanmu?
Alternatif Jawaban :
Memberikan kesempatan sahabat berpendapat, tanpa menyela, tetap sabar menunggu giliran untuk berpendapat. Memberikan klarifikasi yang sistematis/berurutan, dilakukan dengan sopan dan tetap menjunjung tinggi nilai persaudaraan dan kebersamaan tanpa menyinggung sahabat kita yang berbeda pendapat

Contoh Kepemimpinan Yang Baik Kelas 6 Tema 7 Halaman 100-102


Demikianlah portingan mengenai Kunci Jawaban Halaman Kunci Jawaban Halaman 100, 101, 102 Kelas 6 Tema 7 Buku Tematik Siswa. Semoga sanggup menambah motivasi berguru dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa eksklusif Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih. 
Sumber https://kumpulansoalunbk.blogspot.com/