Kunci Balasan Halaman 141, 142, 144, 147-148 Kelas 5 Tema 7 Buku Tematik Siswa
Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 5 Halaman 141, 142, 144, 147-148 - Kunci Jawaban Soal Tematik Kelas 5 Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan, Subtema 2 Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan Pembelajaran 6 perihal Peristiwa Pengakuan Kedaulatan Indonesia oleh Belanda
Baca Juga :
Alternatif Jawaban :
Ayo Berdiskusi
Sumber https://kumpulansoalunbk.blogspot.com/
Kunci Jawaban Tematik Tema 7 Kelas 5 Subtema 2 Pembelajaran 6
Baca Juga :
- Kunci Jawaban Halaman 149-150, 153, 154, 155, 156, 158, 159, 161 Kelas 5 Tema 7
- Kunci Jawaban Halaman 164, 165, 166, 168, 172 Kelas 5 Tema 7
- Kunci Jawaban Halaman 176-177, 179, 180, 181-182 Kelas 5 Tema 7
Kunci Jawaban Buku Tematik (Halaman 141)
Ayo Menulis
Pahamilah bacaan di atas! Tuliskan informasi penting dalam bacaan ke dalam kolom-kolom berikut dengan memakai prinsip: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana!

Kunci Jawaban Buku Tematik (Halaman 142)
Apakah Republik Indonesia Serikat itu (RIS)? Carilah informasi mengenai RIS. Informasi sanggup kau peroleh dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan berikut.
Setelah informasi kau dapatkan, tuliskan akhirnya pada kolom berikut.

Alternatif Jawaban :
Untuk menghadapi KMB (Konferensi Meja Bundar) diadakan konferensi Inter Indonesia. Konferensi tersebut dimaksudkan untuk mempertemukan pandangan wakil Republik Indonesia dengan wakil BFO (Bijeenkomst Voor Federal Overleg). BFO merupakan organisasi yang terdiri atas pemimpin negara-negara penggalan atau negara-negara kecil yang ada di Indonesia. Negara-negara penggalan tersebut timbul jawaban adanya politik berkelahi domba/pecah belah (Devide et Impera). Bagian-bagian wilayah Indonesia yang diduduki Belanda dipecah-pecah sehingga timbul negara-negara kecil (negara boneka).
Karena seluruh rakyat Indonesia menolak pembentukan negara-negara boneka bentukan Belanda, dan menuntut pembubaran negara-negara boneka, maka pembubaran Republik Indonesia Serikat diawali dengan konferensi bersama antara pemerintah Republik Indonesi Serikat, Republik Indonesia dan Negara Indonesia Timur yang dilaksanakan pada tanggal 13 Mei 1950. Kemudian Konferensi kedua dilaksanakanpada tanggal 19 Mei 1950 yang menyetujui bahwa pembubaran Republik Indonesia Serikat (RIS) dan pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang sesuai dengan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.Setelah penandatanganan serta penyerahan jabatan, UUDS 1945 mulai berlaku semenjak tanggal 17 Agustus 1950 dan menandai pembubaran Republik Indonesia Serikat (RIS) secara resmi dan kembali ke sistem Demokrasi Liberal Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Sesudah berhasil menuntaskan duduk kasus dalam negeri melalui Konferensi Inter Indonesia, bangsa Indonesia siap menghadapi KMB.
RIS (Republik Indonesia Serikat) ialah negara federasi yang terbentuk pada tanggal 27 Desember 1949 sebagai hasil dari kesepakatan tiga pihak yang berunding dalam KMB, yaitu Republik Indonesia, BFO (negara-negara bagian), dan Belanda. Republik Indonesia Serikat (RIS) mempunyai konstitusi/Undang-undang, yaitu Konstitusi RIS. Dan Konstitusi RIS ini ditandatangani oleh para pemimpin negara-negara penggalan yaitu :
- Mr. Susanto Tirtoprodjo dari Negara Republik Indonesia berdasarkan perjanjian Renville
- Sultan Hamid II dari Daerah spesial Kalimantan Barat (negara otonom)
- Radja Kaliamsyah Sinaga dari Negara Sumatra Timur
- Abdul Malik dari Negara Sumatra Selatan
- Ida Anak Agoeng dari Negara Indonesia Timur
- R.A.A Tjakraningrat dari Negara Madura
- Mohammad Hanafiah dari Negara banjar (Negara otonom)
- Mohammad Jusuf Rasidi dari Negara Bangka (Negara otonom)
- K.A. Mohammad usuf dari Negara Belitung (Negara otonom)
- Muhran bin Haji Ali dari Negara Dayak Besar (Negara otonom)
- Dr. R.V. Sudjito dari Negara Jawa Tengah (Negara otonom)
- Raden Soedarmo dari Negara Jawa Timur
- Jamani dari Negara Kalimantan Tenggara (Negara otonom)
- A.P. Sosronegoro dari Negara Kalimantan Timur (Negara otonom)
- Mr. Djoemhana Wiriatmadja dari Negara Pasundan
- Radja Mohammad dari Negara Riau (Negara otonom)
Kunci Jawaban Buku Tematik (Halaman 144)

Ayo Berdiskusi
Diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut. Diskusikan bersama teman-teman sekelompokmu (4-5 orang). Tuliskan hasil diskusi kalian, kemudian diskusikan bersama kelompok lain. Tuliskan hasil diskusi kalian dalam kotak berikut.
1. Nilai yang sesuai dengan jiwa dan perilaku pendekar pada lagu "Syukur" adalah
Alternatif Jawaban :
2. Sebagai generasi sekarang, apa yang harus kita lakukan untuk mewujudkan rasa syukur sebagai bentuk cinta tanah air?
- Nilai cinta pada tanah air. Sikap patriotisme akan muncul dikala nilai cinta tanah air sudah tertanam dalam sanubari, sehingga setiap individu akan terpanggil untuk membela, mengabdi dan melindungi Indonesia dari segala ancaman, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.
- Nilai Rela berkorban dengan rela menawarkan pikiran, tenaga, harta dan lain sebagainya semata-mata demi kepentingan bangsa dan negara
Alternatif Jawaban :
- Belajar dengan sungguh-sungguh
- Menjaga persatuan dan kesatuan
- Taat terhadap peraturan/perundangan yang berlaku
- Menjaga dan memelihara akomodasi umum
- Tidak melaksanakan perbuatan yang merugikan diri sendiri maupun merugikan orang lain
Kunci Jawaban Buku Tematik (Halaman 147-148)

a. Bagaimana pendapatmu perihal perilaku Rudi dan Heri?
Alternatif Jawaban :
Sikap Rudi dan Heri patut diteladani, sebab mereka berdua memperlihatkan perilaku menghargai perbedaan agama. Rudi dan Heri juga telah mengamalkan nilai-nilai Pancasila terutama Sila ke-1.
b. Apakah manfaat saling menghargai antar sobat yang berbeda agama dalam pergaulan?
Alternatif Jawaban :
Kerukunan akan selalu terjaga. Jika kerukunan selalu terjaga, maka nilai persatuan dan kesatuan akan tetap terjaga pula
2. Nirma anak orang kaya. Ayahnya pengusaha yang sukses. Semua undangan Nirma selalu dipenuhi orang tuanya. Hal ini menciptakan beliau sombong. Dalam pergaulannya, beliau selalu memilih-milih teman. Dia tidak mau bergaul dengan belum dewasa lain yang berasal dari keluarga miskin.
a. Menurut pendapatmu, benarkah tindakan Nirma?
Alternatif Jawaban :
Tindakan Nirma ialah tindakan yang salah yang tidak sanggup dijadikan teladan. Tindakan Nirma ini sanggup menjadikan perpecahan. Seharusnya Nirma berteman tanpa memandang status sosial seseorang
b. Apakah seorang anak menyerupai Nirma mempunyai banyak teman? Mengapa demikian?
Alternatif Jawaban :
Kemungkinan besar Nirma hanya akan mempunyai sedikit teman, sebab sifat kesombongan terang tidak akan disukai oleh orang lain, sehingga Nirma akan dijauhi oleh teman-temannya.
3. Rina siswa gres di kelas 5. Rina duduk bersebelahan dengan Irma. Rina berasal dari kawasan yang berbeda dengan kawasan asal Rina. Bagaimana sebaiknya perilaku Rina?
Alternatif Jawaban :
Demikianlah portingan mengenai Kunci Jawaban Halaman 141, 142, 144, 147-148 Kelas 5 Tema 7 Buku Tematik Siswa. Semoga sanggup menambah motivasi berguru dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda sanggup pribadi Contact atau sanggup dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
Sikap Rina ialah tetap berteman dengan Irma walau berbeda daerah, dengan tetap mengajaknya bermain dan berguru bersama.
Peristiwa Pengakuan Kedaulatan Indonesia oleh Belanda Kelas 5 Tema 7 Halaman 141-148
Demikianlah portingan mengenai Kunci Jawaban Halaman 141, 142, 144, 147-148 Kelas 5 Tema 7 Buku Tematik Siswa. Semoga sanggup menambah motivasi berguru dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda sanggup pribadi Contact atau sanggup dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
Sumber https://kumpulansoalunbk.blogspot.com/