Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Tanggapan Halaman 71, 73, 75 Kelas 5 Tema 7 Buku Tematik Siswa

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 71, 73, 75 - Kunci Jawaban Soal Tematik Kelas 5 Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan, Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Pembelajaran 5

 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Pembelajaran  Kunci Jawaban Halaman 71, 73, 75 Kelas 5 Tema 7 Buku Tematik Siswa

Kunci Jawaban Buku Tematik (Halaman 71)

Ayo Menulis
Ayo, temukan kosakata baku dan tidak baku pada bacaan yang berjudul "Kongres Perempuan Indonesia". Kemudian,, carilah arti katanya di Kamus Besar Bahasa Indonesia, bertanya kepada Guru, atau berdiskusi.
Alternatif Jawaban :

Kosakata Baku :
  • Kongres
  • Istri
  • Modern
  • Mengubah
  • Perserikatan
Kosakata tidak baku :
  • Konggres
  • Isteri
  • Moderen
  • Merubah
  • Perikatan
Arti kata dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia
  • Kongres
Pertemuan besar para wakil organisasi (politik, sosial, profesi) untuk mendiskusikan dan mengambil keputusan mengenai pelbagai masalah; muktamar; rapat besar
  • Istri
Wanita (perempuan) yang telah menikah atau yang bersuami
  • Modern
Terbaru; mutakhir; perilaku dan cara berpikir serta cara bertindak sesuai dengan tuntutan zaman
  • Mengubah
Menjadikan lain dari semula
  • Perserikatan
Perkumpulan; ikatan; perhimpunan

Pahamilah bacaan di atas! Tuliskan gosip penting dalam bacaan ke dalam kolom-kolom berikut dengan memakai prinspi : apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana!

 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Pembelajaran  Kunci Jawaban Halaman 71, 73, 75 Kelas 5 Tema 7 Buku Tematik Siswa

Kunci Jawaban Buku Tematik (Halaman 73)

Setelah itu, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Pembelajaran  Kunci Jawaban Halaman 71, 73, 75 Kelas 5 Tema 7 Buku Tematik Siswa

Apa yang kau rasakan dikala menyanyikan lagu "Tanah Air"? Jelaskan!
Alternatif Jawaban :
Trenyuh/terharu. Terharu alasannya yaitu nada lagu bertempo lambat dan juga isi lagu mencerminkan kerinduan akan tanah kelahiran yang begitu mempesona dan jadi pujian yaitu Indonesia

Bagaimanakah nada dan tempo lagu "Tanah Airku"? Jelaskan!
Alternatif Jawaban :
Do=Bes Birama 4/4 Tempo Largetto (lambat namun lebih cepat daripada largo)

Apakah lirik lagu "Tanah Airku" mencerminkan nilai-nilai cinta tanah air? Jelaskan!
Alternatif Jawaban :
Ya, Mencerminkan nilai-nilai cinta tanah air, alasannya yaitu dalam lagu terdapat kata-kata "Biarpun saya pergi jauh tidakkan hiland dari kalbu", ini menawarkan walau seseorang warga Indonesia pergi jauh dari Indonesia/pergi keluar negeri, ia akan tetap teringat Indonesia. Juga terdapat kata-kata "Tanahku yang kucintai engkau kuhargai" menawarkan kecintaan dan penghargaan yang besar terhadap Indonesia.

Ayo Berdiskusi
Diskusikan balasan pertanyaan-pertanyaan tersebut. Diskusikan bersama teman-teman sekelompokmu (4-5 orang). Tuliskan hasil diskusi kalian, kemudian diskusikan bersama kelompok lain. Tuliskan hasil diskusi kalian dalam kotak berikut.
1. Nilai yang terkandung pada lagu "Tanah Airku" yaitu :
Alternatif Jawaban :
Nilai yang terkandung yaitu nilai cinta tanah air dan bangsa

2. Bagaimana caramu menyayangi tanah air?
Alternatif Jawaban :
  • Belajar dengan tekun dan sungguh-sungguh
  • Merawat dan memelihara akomodasi umum
  • Mematuhi peraturan yang ada
  • Menumbuhkan rasa besar hati sebagai bangsa Indonesia

Kunci Jawaban Buku Tematik (Halaman 75)

Ayo Berlatih
 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Pembelajaran  Kunci Jawaban Halaman 71, 73, 75 Kelas 5 Tema 7 Buku Tematik Siswa

Ayo, tunjukkan sikapmu terhadap pernyataan-pernyataan pada tabel berikut.

Kerjakan sesuai pemahaman konsepmu mengenai penerapan nilai-nilai Sumpah Pemuda dan keragaman di Indonesia.

1. Mempelajari kesenian dari kawasan lain
Setuju, Alasan : Dengan mempelajari kesenian kawasan lain, berarti turut melestarian kebudayaan bangsa Indonesia sendiri
2. Mengagung-agungkan suku bangsanya sendiri
Tidak setuju, Alasan : Akan menjadikan permusuhan dengan suku bangsa Indonesia lainnya
3. Memilih ketua kelas menurut kesamaan kawasan asal
Tidak setuju, Alasan : Karena telah melaksanakan diskriminasi dan perilaku tidak menghormati perbedaan dengan suku lain
4. Memilih-milih sahabat menurut kesamaan kawasan asal
Tidak setuju, Alasan : Karena telah melaksanakan diskriminasi dan perilaku tidak menghargai dan menghormati perbedaan yang ada
5. Tidak mengikuti upacara bendera
Tidak setuju, Alasan : Tidak menawarkan sikap/nilai cinta tanah air dan bangsa
6. Mengibarkan bendera merah putih setiap hari besar kenegaraan
Setuju, Alasan : Menunjukkan sikap/nilai-nilai cinta tanah air dan bangsa
7. Mempelajari bahasa asing
Setuju, Alasan : Menambah wawasan dan pengetahuan serta memperluas pergaulan dengan bangsa-bangsa lain
8. Berdiam diri di rumah ketika ada kegiatan kerja bakti di lingkungannya
Tidak setuju, Alasan : Tidak menerapkan nilai-nilai gotong royong, kebersamaan dan nilai persatuan dan kesatuan
9. Lebih menentukan memberi upah kepada orang lain untuk menggantikannya dalam kegiatan ronda
malam
Tidak setuju, Alasan : Tidak menerapkan nilai-nilai gotong royong, kebersamaan dan nilai persatuan dan kesatuan

Ayo Berdiskusi
Buatlah satu kelompok belajar. Catatlah keragaman suku bangsa dan budaya yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Kemudian, diskusikan dengan kelompokmu, bagaimana cara kelompokmu menawarkan perilaku mendapatkan keragaman suku bangsa dan budaya yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggalmu.
Hasil diskusi ditulis pada selembar kertas dan serahkan kepada guru untuk kemudian didiskusikan secara gotong royong dalam satu kelas. Buatlah menyerupai tabel berikut!
Alternatif Jawaban :
Keragaman suku bangsa dan budaya :
1. Ada anak yang bersuku lain
Sikap yang ditunjukkan :
Berteman dengan baik dan tidak saling mengejek suku masing-masing

Keragaman suku bangsa dan budaya :
2. Teman sedang melaksanakan upacara adat
Sikap yang ditunjukkan
Menghargai dan menghadiri jikalau diundang oleh teman

Keragaman suku bangsa dan budaya
3. Pertunjukan kesenian daerah
Sikap yang ditunjukkan
Menyaksikan dan mempelajari

Keragaman suku bangsa dan budaya
4. Teman dari suku lain sedang sakit
Sikap yang ditunjukkan
Berkunjung/menjenguk

Keragaman suku bangsa dan budaya
5. Tetangga suku lain terkena musibah
Sikap yang ditunjukkan
Turut membantu menolong sesuai dengan kemampuan

 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Pembelajaran  Kunci Jawaban Halaman 71, 73, 75 Kelas 5 Tema 7 Buku Tematik Siswa

Kongres Perempuan Indonesia kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 6 Hal 71-75


Demikianlah portingan mengenai Kunci Jawaban Halaman 71, 73, 75 Kelas 5 Tema 7 Buku Tematik Siswa. Semoga sanggup menambah motivasi berguru dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa eksklusif Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
Sumber https://kumpulansoalunbk.blogspot.com/