Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Balasan Halaman 2, 6, 7, 8, 9, 10, 13, 14, 15, 16 Kelas 5 Tema 7 Buku Tematik Siswa

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 7  Halaman 22, 23, 24-25, 26, 28 - Kunci Jawaban Soal Tematik Kelas 5 Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan, Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Pembelajaran 1

Kunci Jawaban Buku Tematik (Halaman 2)


 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Pembelajaran  Kunci Jawaban Halaman 2, 6, 7, 8, 9, 10, 13, 14, 15, 16 Kelas 5 Tema 7 Buku Tematik Siswa

Rempah-rempah begitu melimpah di bumi Indonesia. Melimpahnya rempah-rempah sanggup meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Namun, rempah-rempah yang begitu melimpah juga menciptakan bangsa-bangsa di Eropa berusaha untuk menguasai perdagangannya.

1. Mengapa bangsa Eropa berhasrat memonopoli perdagangan rempah-rempah?
Alternatif Jawaban :
Hal ini dikarenakan harga jual rempah-rempah di Eropa pada waktu itu sangat mahal/tinggi

2. Seberapa tinggikah nilai irit rempah-rempah di mata bangsa-bangsa Eropa?
Alternatif Jawaban :
Harga dari rempah-rempah nilainya sangat menjulang tinggi, semahal emas (sama dengan harga emas). Masyarakat Eropa sangat membutuhkan rempah-rempah untuk industri obat-obatan dan bumbu masak

3. Apa hubungan rempah-rempah dan penjajahan di Indonesia?
Alternatif Jawaban :
Hal ini dikarenakan bangsa Eropa mengalami kesulitan mendapat rempah-rempah semenjak jatuhnya Konstantinopel ke tangan bangsa Turki pada tahun 1453. Sedangkan terjadi permusuhan antara bangsa Turki dengan bangsa Eropa, sehingga pasokan rempah-rempah jadi tersendat. Oleh alasannya ialah itu, mereka berusaha mencari sendiri tempat penghasil rempah-rempah dengan melaksanakan penjelajahan-penjelajahan samudra dan melaksanakan penjajahan terhadap negara-negara yang kaya rempah-rempah.

Baca Juga :

Kunci Jawaban Buku Tematik (Halaman 6)

 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Pembelajaran  Kunci Jawaban Halaman 2, 6, 7, 8, 9, 10, 13, 14, 15, 16 Kelas 5 Tema 7 Buku Tematik Siswa


Ayo Berlatih
Berdasarkan bacaan di atas, isilah kolom-kolom berikut sesuai dengan pertanyaannya!

1. Siapa yang dimaksud dengan bangsa Barat?
Alternatif Jawaban :
Yang dimaksud bangsa Barat ialah bangsa-bangsa Eropa

2. Apa faktor yang melatarbelakangi bangsa-bangsa Eropa melaksanakan penjajahan di Indonesia?
Alternatif Jawaban :
Ingin menguasai tempat penghasil rempah-rempah

3. Kapan bangsa Barat mulai melaksanakan penjelajahan samudra?
Alternatif Jawaban :
Tahun 1511

4. Di mana bangsa Barat pertama kali mendarat di Indonesia?
Alternatif Jawaban :
Tidore dan Maluku

5. Mengapa bangsa Barat melaksanakan penjelajahan samudra?
Alternatif Jawaban :
  • Mencari kekayaan (Gold)
  • Menyebarkan agama (Gospel)
  • Mencari kejayaan (Glory)
  • Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek)
6. Bagaimana kondisi rakyat yang mengalami penjajahan?
Alternatif Jawaban :
Menderita

Kunci Jawaban Buku Tematik (Halaman 7)

 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Pembelajaran  Kunci Jawaban Halaman 2, 6, 7, 8, 9, 10, 13, 14, 15, 16 Kelas 5 Tema 7 Buku Tematik Siswa

Ayo Berdiskusi
Diskusikan teks insiden kedatangan bangsa Barat dengan teman sebangkumu. Kemudian, buatlah ulasan mengenai bacaan tersebut menyerupai di bawah ini.

Judul teks :
Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat
Bagian yang paling menarik :
  • Harga rempah-rempah sangat mahal, semahal emas
  • Bangsa Eropa yang tiba pertama kali ialah Portugis/Portugal
  • Faktor-faktor penjelajahan dan penjajahan ialah 3G (Gold, Gospel, Glory) dan Iptek (Ilmu pengetahuan dan teknologi)
Informasi penting :
Faktor penjelajahan dan penjajahan bangsa Barat :
  • Mencari kekayaan (Gold)
  • Menyebarkan agama (Gospel)
  • Mencari kejayaan (Glory)
  • Iptek (Ilmu pengetahuan dan teknologi)

Pendapat saya ihwal teks ini :
Bagus dan bermanfaat untuk menambah pengetahuan ihwal sejarah bangsa Indonesia

Saya menyarankan/tidak menyaranka teks ini alasannya ialah :
Saya menyarankan teks ini alasannya ialah berisi pengetahuan yang bermanfaat ihwal sejarah usaha bangsa Indonesia

Kunci Jawaban Buku Tematik (Halaman 8)

 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Pembelajaran  Kunci Jawaban Halaman 2, 6, 7, 8, 9, 10, 13, 14, 15, 16 Kelas 5 Tema 7 Buku Tematik Siswa
 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Pembelajaran  Kunci Jawaban Halaman 2, 6, 7, 8, 9, 10, 13, 14, 15, 16 Kelas 5 Tema 7 Buku Tematik Siswa
Ayo Mencoba
Bersama kelompokmu, carilah gosip mengenai kedatangan tiap-tiap bangsa Eropa ke Indonesia. Informasi sanggup kau peroleh daribuku, surat kabar, majalah, atau artikel di Internet!

PORTUGIS
Tahun Kedatangan :
1511
Tempat/Daerah :
Pantai utara Sumatra dan tempat Malaka
Tujuan :
Mencari tempat penghasil rempah-rempah dan menguasai pelabuhan Malaka sebagai sentra perdagangan
Peristiwa-peristiwa penting yang terjadi :
Jatuhnya Malaka ke tangan Portugis, membangun benteng di Ternate
Reaksi Masyarakat :
Awalnya diterima dengan baik kedatangan Portugis dan mendukung Sultan Ternate, tetapi alhasil terjadi perlawanan terhadap Portugis yang bertindak sewenang-wenang

SPANYOL
Tahun Kedatangan :
1521
Tempat/Daerah :
Pantai Tidore, Maluku
Tujuan :
Menyebarkan agama dengan taktik misionaris
Peristiwa-peristiwa penting yang terjadi :
Meletakkan dasar-dasar agama di Ambon, Ternate dan Morotai
Reaksi masyarakat :
Awalnya diterima dengan baik, tetapi alhasil terjadi perlawanan rakyat

BELANDA
Tahun Kedatangan :
1596
Tempat/Daerah :
Pelabuhan Banten
Tujuan :
Mencari tempat penghasil rempah-rempah
Peristiwa-peristiwa penting yang terjadi :
Pembentukan VOC, pembentukan pemerintahan kolonial Belanda
Reaksi Masyarakat :
Awalnya diterima dengan baik, tetapi alhasil terjadi perlawanan rakyat

Kunci Jawaban Buku Tematik (Halaman 9)

 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Pembelajaran  Kunci Jawaban Halaman 2, 6, 7, 8, 9, 10, 13, 14, 15, 16 Kelas 5 Tema 7 Buku Tematik Siswa

Ayo Menulis
Salah satu latar belakang kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia ialah semboyan 3G (Gold, Gospel, Glory)
Tuliskan kembali arti Gold, Gospel, dan Glory pada kolom berikut!
Kunci Jawaban

Gold : Adanya impian untuk mencari kekayaan
Gospel : Adanya impian untuk membuatkan agama
Glory : Adanya impian untuk mencari kejayaan

Tuliskan pendapatmu mengenai semboyan 3G tersebut
Kunci Jawaban

Tidak sepakat dengan semboyan 3G

Sangat tidak setuju, dikarenakan akhir semboyan 3G tersebut rakyat Indonesia menjadi menderita, diantaranya :
  1. Kekayaan yang ada di Indonesia dikuras habis-habisan oleh bangsa Eropa tanpa peduli atas akhir yang ditimbulkan terhadap kehidupan rakyat Indonesia
  2. Dengan adanya pemaksaan terhadap agama tertentu kepada rakyat Indonesia
  3. Rakyat Indonesia menjadi sangat tertindas, menjadi budak di negeri sendiri, kekuasaan bangsa Eropa di Indonesia menjadi tidak terbatas/tidak terkendali dan merusak hak asasi rakyat pribumi

Kunci Jawaban Buku Tematik (Halaman 10)

 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Pembelajaran  Kunci Jawaban Halaman 2, 6, 7, 8, 9, 10, 13, 14, 15, 16 Kelas 5 Tema 7 Buku Tematik Siswa
Ayo Berlatih
Buatlah pengandaian berkaitan dengan insiden kedatangan bangsa-bangsa Eropa di Indonesia!

Seandainya saya menjadi rakyat Indonesia pada masa itu, saya akan MENOLAKkedatangan bangsa-bangsa Eropa di Indonesia.
Penjajah MENYENGSARAKANkehidupan rakyat Indonesia
Sikap para penjajah awalnya BAIK. Namun, pada akhirnya, kelihatan juga sifat aslinya, yaitu MENINDAS DAN KEJAM

Kunci Jawaban Buku Tematik Halaman 13, 14, 15, 16

 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Pembelajaran  Kunci Jawaban Halaman 2, 6, 7, 8, 9, 10, 13, 14, 15, 16 Kelas 5 Tema 7 Buku Tematik Siswa

Diskusikan
1. Apakah ujung pensil berubah bentuk setelah diraut?
Alternatif Jawaban :

Ya, berubah ujung pensilnya setelah diraut

2. Apakah ujung karet penghapus pensil berubah bentuk setelah digosokkan?
Alternatif Jawaban :

Ya, berubah bentuk setelah digosokkan

3. Apakah kesimpulanmu?
Alternatif Jawaban :

Suatu benda padat sanggup diubah dengan perlakuan tertentu, menyerupai diberi panas, diberi tekanan yang tinggi, atau diberi perlakuan secara fisik (menggunting, menekan, melipat/menyobek)

 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Pembelajaran  Kunci Jawaban Halaman 2, 6, 7, 8, 9, 10, 13, 14, 15, 16 Kelas 5 Tema 7 Buku Tematik Siswa

Diskusikan
1. Bagaimana bentuk permukaan air di gelas ketika sebelum maupun sehabis dimiringkan?
Alternatif Jawaban:
Tetap mendatar bentuk permukaan airnya, baik sebelum maupun sehabis dimiringkan

2. Apakah yang terjadi ketika air dituangkan ke dalam wadah yang lain?
Alternatif Jawaban :
Maka bentuk dari air mengikuti wadahnya

3. Bagaimana cara air tersebut sanggup mengalir?
Alternatif Jawaban :
Sifat air ialah mengalir ke tempat yang lebih rendah

4. Apa yang terjadi ketika air dituang ke atas tanah? kemanakah air itu mengalir?
Alternatif Jawaban :
Air akan meresap ke dalam tanah, mengalir ke tempat yang lebih rendah, sehingga air di permukaan tanah tersebut lama-lama akan habis

5. Bagaimana cara air tersebut sanggup mengalir?
Alternatif Jawaban :
Cara air mengalir ialah Air mengalir ke tempat yang lebih rendah

6. Apa yang terjadi ketika air dituangkan ke atas tanah? Ke manakah air itu mengalir?
Alternatif Jawaban :
Lama-lama air akan habis. Hal ini dikarenakan air ternyata masuk ke dalam tanah melalui celah-celah/pori-pori dalam tanah (meresap)

7. Apakah kesimpulanmu?
Alternatif Jawaban:
Bahwa sifat dari benda cair ialah bentuknya tidak tetap, selalu mengikuti bentuk wadahnya, bentuk dari permukaan air ialah datar, benda cair bersifat mengalir ke tempat lebih rendah, menekan ke segala arah serta meresap melalui pori-pori/celah-celah
 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Pembelajaran  Kunci Jawaban Halaman 2, 6, 7, 8, 9, 10, 13, 14, 15, 16 Kelas 5 Tema 7 Buku Tematik Siswa

Diskusikan
1. Apakah yang terjadi pada ketika kau membenamkan gelas tersebut? Mengapa
Alternatif Jawaban :
Gelas akan terangkat kembali, alasannya ialah mendapat tekanan/dorongan udara yang terperangkap dalam gelas tersebut

2. Apa yang terjadi pada ketika gelas dimiringkan? Mengapa hal itu terjadi?
Alternatif Jawaban :
Akan keluar gelembung udara, alasannya ialah dalam gelas berisi udara yang terperangkap

3. Apakah Kesimpulanmu dari percobaan ini?
Alternatif Jawaban :
Bahwa sifat benda gas ialah mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya, benda gas menekan ke segala arah

4. Berdasarkan percobaan di atas, buatlah sebuah laporan percobaan dengan memakai poster.
Dalam poster, jelaskan perbedaan sifat ketiga wujud benda tersebut. Lengkapi dengan gambar dan
keterangan yang dibutuhkan untuk menjelaskannya. Presentasikanlah postermu di dalam sebuah
acara galeri berjalan dengan percaya diri
 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Pembelajaran  Kunci Jawaban Halaman 2, 6, 7, 8, 9, 10, 13, 14, 15, 16 Kelas 5 Tema 7 Buku Tematik Siswa

Sifat Benda-benda yang ada di sekitar kita itu berbeda-beda. Pada umumnya benda di sekitar kita terbagi atas 3 jenis, yaitu padat, cair, dan gas. Setiap benda-benda tersebut memiliki sifat yang berbeda juga. Untuk benda padat, sifat bentuk benda padat ialah tetap. Benda padat sanggup dirubah bentuknya dengan perlakuan tertentu, menyerupai ditumbuk, dipotong atau digosok. Sifat benda cair ialah bentuknya tidak tetap, mengikuti bentuk wadahnya, bentuk permukaan benda cair yang damai selalu datar, selalu mengalir ke tempat yang lebih rendah serta sanggup meresap melalui celah-celah kecil. Adapun sifat dari benda gas ialah mengisi seluruh ruangan yang ditempati serta selalu menekan ke segala arah.

Demikianlah portingan mengenai Kunci Jawaban Halaman 2, 6, 7, 8, 9, 10, 13, 14, 15, 16 Kelas 5 Tema 7 Buku Tematik Siswa. Semoga sanggup menambah motivasi berguru dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda sanggup pribadi Contact atau sanggup dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.

Sumber https://kumpulansoalunbk.blogspot.com/