RPP Kelas 3 SD / MI Tema 3 Subtema 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018 / 2019
- Hallo sobat InfoLoh, kali ini admin berbagi artikel tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kelas 3 SD / MI Tema 3 Subtema 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018 / 2019, semoga bisa membantu kerja para guru disekolah.
Berikut cuplikan dari RPP Kelas 3 SD / MI Tema 3 Sub 1, jika ingin versi full silahkan download dibawah ini :
Tema 3 : Benda di Sekitarku
Sub Tema 1 : Aneka Benda di Sekitarku
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO KOMPETENSI DASAR (KD) INDIKATOR
3.1 Menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.1.1 Membaca teks berjudul Aneka Benda-benda di Sekitar Kita
3.1.2 Mengklasifikasikan benda dan non benda sesuai dengan teks bacaan
4.1 Menyajikan hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
4.1.1 Mengelompokkan benda sesuai dengan sifat fisiknya
4.1.2 Menuliskan pokok informasi dengan tepat.
Matematika
NO KOMPETENSI DASAR (KD) INDIKATOR
3.7 Mendeskripsikan dan menentukan hubungan antar satuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
3.7.1 Menyatakan satuan panjang yang digunakan dengan paling sedikit dua satuan baku dengan tepat.
4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antarsatuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
4.7.1 Mengukur panjang benda dengan satuan panjang baku yang sering digunakan.
SBdP
NO KOMPETENSI DASAR (KD) INDIKATOR
3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu.
3.2.1 Mengidentifkasi bentuk pola irama sederhana.
4.2 Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu.
4.2.1 Memeragakan pola irama sederhana dengan tepat.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan membaca teks berjudul Aneka Benda-benda di Sekitar Kita, siswa dapat mengidentifikasi informasi dari teks.
2. Dengan mengamati benda, siswa dapat mengklasifikasikan benda dan non benda sesuai dengan teks bacaan dengan tepat.
3. Dengan membaca tentang sifat fisik benda, siswa dapat mengelompokkan benda sesuai dengan sifat fisiknya.
4. Dengan melengkapi tabel, siswa dapat menuliskan pokok informasi dengan tepat.
5. Dengan pengamatan terhadap alat ukur, siswa dapat menyatakan satuan panjang yang digunakan dengan paling sedikit dua satuan baku dengan tepat.
6. Dengan memerhatikan pengarahan guru, siswa dapat mengukur panjang benda dengan satuan panjang baku yang sering digunakan.
7. Dengan menirukan tepukan guru, siswa dapat mengidentifkasi bentuk pola irama sederhana.
8. Dengan mengiringi lagu dengan tepukan, siswa dapat memeragakan pola irama sederhana dengan tepat.
Karakter siswa yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu
Pendahuluan
Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Tanah Airku”. Nasionalis
Guru membuka pelajaran dengan mengarahkan siswa untuk mengamati benda-benda di sekitar kelas.
Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
Kegiatan pembukaan dapat diawali dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyebutkan sebanyak-banyaknya benda yang berawalan huruf tertentu. Misalkan awalan huruf S, setiap anak bergantian menyebutkan benda-benda berawalan huruf S, tidak boleh menyebutkan benda yang sama dengan yang telah disebutkan oleh teman sebelumnya. Communication
Arahkan siswa untuk memberikan contoh benda yang bervariasi, jangan hanya benda padat, tapi juga benda cair ataupun gas.
Ajukan pertanyaan apakah cahaya juga benda, bagaimana dengan suara, ajak siswa untuk mendiskusikannya. Biarkan siswa dengan pendapatnya terlebih dahulu.
10 menit
Inti
Siswa membaca wacana yang ada di Buku Siswa.
Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dari wacana yang dipakai. Mandiri
Setelah membaca siswa mengerjakan latihan di Buku Siswa yaitu, memilih mana yang benda dan mana yang bukan benda berdasarkan wacana yang telah dibaca (tentang cahaya dan suara).
Memeriksa hasil pekerjaan siswa bersama-sama. Gotong Royong
Siswa memerhatikan kembali Buku Siswa tentang pembagian benda berdasarkan ukuran, warna, dan bentuk. Setelah itu menyimak pengarahan guru tentang sifat benda.
Sifat fisik benda adalah segala sesuatu yang dapat mendeskripsikan atau mencirikan benda tersebut dan dapat diamati oleh indra manusia. Segala sesuatu yang bisa dilihat, diraba, dan dirasa (jika perlu). Benda dapat diidentifikasi sifat fisiknya melalui bentuk, ukuran, kekerasan, warna, kekuatan, dan sebagainya.
Kegiatan selanjutnya siswa mengamati benda-benda sekitar dan mengelompokkan benda tersebut berdasarkan sifat fisiknya.
Siswa dapat mengelompokkan berdasarkan warna, ukuran, bentuk atau lainnya. Critical Thinking and Problem Solving
Misalkan, untuk warna, siswa mengelompokkan benda yang berwarna putih, atau berdasarkan bentuk, mengelompokkan jadi satu benda yang bentuknya persegi.
Siswa menuliskan pengelompokkan tersebut di Buku Siswa.
Perwakilan kelompok mempresentasikan pengelompokan benda tersebut.
Setelah perwakilan siswa mempresentasikan pengelompokkannya setiap siswa diminta untuk mengisi peta konsep yang telah disediakan.
Perwakilan siswa diminta untuk menjelaskan peta konsep yang telah di buat ke depan kelas. Mandiri
Guru memberikan masukannya untuk resentasi yang telah dilakukan oleh siswa.
Kegiatan dilanjutkan dengan siswa memerhatikan panjang benda yang diambil, dan mengurutkan benda mulai dari yang paling pendek ke benda yang paling panjang (alternatif kegiatan bisa juga siswa diminta untuk berbaris berdasarkan tinggi badan mulai dari yang paling pendek ke yang paling tinggi).
Siswa diminta untuk mengobservasi mana yang paling tinggi dan paling pendek. Creativity and Innovation
Sampaikan bagaimana kita dapat mengukur benda? Perkenalkan siswa alat ukur yang biasa digunakan dalam keseharian. (Sangat dianjurkan untuk guru memperlihatkan secara langsung beragam alat ukur, mulai dari penggaris, meteran kain, meteral rol, ataupun meteran saku).
Ajak siswa memerhatikan satuan yang tertera pada alat ukur.
Siswa diperkenalkan dengan satuan yang biasa digunakan untuk mengukur sehari-hari, seperti m, cm, km.
Ajak siswa untuk menyebutkan satuan panjang yang mereka ketahui. Tuliskan di kolom yang tersedia di Buku Siswa.
Satuan dalam panjang
Guru menunjukkan cara pengukuran dengan menggunakan penggaris sederhana.
Siswa diminta untuk mempraktikkan cara pengukuran sederhana dengan menggunakan penggaris. Pastikan siswa menempatkan titik nol di ujung benda yang akan diukur. Mandiri
Siswa mengerjakan latihan di Buku Siswa.
Kegiatan dilanjutkan dengan bermain tebak-tebakan benda. Misalnya:
Sejenis alat musik,
Terbuat dari logam,
Bentuknya segitiga,
Digunakan dengan cara diketuk,
Benda apakah itu? (jawab: Triangle)
Guru menjelaskan bahwa banyak benda yang digunakan untuk mengiringi lagu. Benda yang termasuk kelompok alat musik sangat banyak ragamnya. Salah satu contohnya adalah alat musik ritmis. Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak bernada yang dapat menghasilkan irama lagu.
Communication
Guru dapat mengenalkan alat musik ritmis daerah bila ada. Akan lebih baik jika ditunjukkan juga contoh alat musik daerahnya.
Siswa mengamati jenis alat musik ritmis yang ada di Buku Siswa. (Akan lebih baik, jika guru membawa salah satu contoh alat musik ritmis). Siswa diarahkan untuk mengajukan pertanyaan seputar alat musik ritmis.
Sebelum menggunakan alat musik, siswa diajak berlatih tepukan dengan menggunakan benda-benda di sekitar mereka.
Guru memberikan contoh tepukan yang merupakan pola irama dan mana yang bukan pola irama. (Guru memperlihatkan tepukan yang tidak berpola dan tepukan yang berpola).
Tepukan sangat bervariasi, boleh tepukan lemah-kuat, ataupun tepukan tangan-tepukan meja ataupun lainya.
Siswa diperkenalkan simbol yang digunakan di Buku Siswa, yaitu simbol:
Guru menyampaikan bahwa pukulan bisa divariasikan, misalkan menggunakan hentakan kaki dan tepuk tangan, menggunakan stik pemukul dan tepuk tangan, mengetuk di meja dan kursi, dan lain-lain.
Siswa memberikan contoh tepukan pola irama, guru memberikan arahannya.
Setelah siswa memahami tentang tepukan pola irama. Siswa diperkenalkan lagu yang berjudul “Teka-Teki”.
Siswa berlatih bersama-sama sesuai dengan guru. Untuk bait selanjutnya siswa dapat memvariasikan tepukan.
Kegiatan alternatif guru dapat membentuk kelompok kecil, setiap kelompok dapat menggunakan media yang beragam untuk menghasilkan tepukan. Collaboration
Misalkan, kelompok pertama bertepuk tangan dan mengetuk meja untuk menghasilkan bunyi. Kelompok kedua memukul kaleng dan galon untuk menghasilkan bunyi. Siswa diberikan kesempatan untuk bereksplorasi dalam menghasilkan bebunyian. Creativity and Innovation
Setelah itu mereka berlatih membuat tepukan pola irama untuk mengiringi lagi Teka-Teki.
Setiap kelompok diminta tampil untuk mempertunjukkan hasilnya. Jika waktu tidak mencukupi, maka penampilan dapat dilakukan di pembelajaran selanjutnya. 150 menit
Penutup
Guru menutup pelajaran dengan memberikan teka-teki “Ada sebuah benda, tak terlihat namun dapat tercium, tak dapat ditangkap, namun dapat dirasakan” (jawab: gas).
Siswa melakukan refleksi kegiatan hari ini, kegiatan dapat berupa tanya jawab berikut. Mandiri
Bagaimana perasaan mereka mengikuti kegiatan hari ini?
Apakah mereka menemukan kesulitan?
Apa yang masih belum mereka pahami?
Apa yang paling siswa sukai dalam kegiatan hari ini?
Sebutkan apa yang termasuk benda padat, gas, maupun cair?
Guru mengajak siswa mensyukuri nikmat Tuhan yang diberikan, bagaimana Tuhan mempersiapkan alam ini dengan aneka benda-benda yang ada untuk memenuhi kehidupan manusia.
Menyanyikan lagu daerah “Ampar-Ampar Pisang”
Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing oleh petugas. Religius
15 menit
E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Pedoman Guru Tema : Benda di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
Buku Siswa Tema : Benda di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
Benda-benda di sekitar lingkungan kelas.
Aneka alat ukur, seperti penggaris, meteran kain, dan lain-lain.
Bagi yang ingin versi lengkapnya silahkan Download RPP Kelas 3 SD / MI Tema 3 Subtema 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018 / 2019 melalui Link dibawah ini :
Berikut cuplikan dari RPP Kelas 3 SD / MI Tema 3 Sub 1, jika ingin versi full silahkan download dibawah ini :
Tema 3 : Benda di Sekitarku
Sub Tema 1 : Aneka Benda di Sekitarku
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO KOMPETENSI DASAR (KD) INDIKATOR
3.1 Menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.1.1 Membaca teks berjudul Aneka Benda-benda di Sekitar Kita
3.1.2 Mengklasifikasikan benda dan non benda sesuai dengan teks bacaan
4.1 Menyajikan hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
4.1.1 Mengelompokkan benda sesuai dengan sifat fisiknya
4.1.2 Menuliskan pokok informasi dengan tepat.
Matematika
NO KOMPETENSI DASAR (KD) INDIKATOR
3.7 Mendeskripsikan dan menentukan hubungan antar satuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
3.7.1 Menyatakan satuan panjang yang digunakan dengan paling sedikit dua satuan baku dengan tepat.
4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antarsatuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
4.7.1 Mengukur panjang benda dengan satuan panjang baku yang sering digunakan.
SBdP
NO KOMPETENSI DASAR (KD) INDIKATOR
3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu.
3.2.1 Mengidentifkasi bentuk pola irama sederhana.
4.2 Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu.
4.2.1 Memeragakan pola irama sederhana dengan tepat.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan membaca teks berjudul Aneka Benda-benda di Sekitar Kita, siswa dapat mengidentifikasi informasi dari teks.
2. Dengan mengamati benda, siswa dapat mengklasifikasikan benda dan non benda sesuai dengan teks bacaan dengan tepat.
3. Dengan membaca tentang sifat fisik benda, siswa dapat mengelompokkan benda sesuai dengan sifat fisiknya.
4. Dengan melengkapi tabel, siswa dapat menuliskan pokok informasi dengan tepat.
5. Dengan pengamatan terhadap alat ukur, siswa dapat menyatakan satuan panjang yang digunakan dengan paling sedikit dua satuan baku dengan tepat.
6. Dengan memerhatikan pengarahan guru, siswa dapat mengukur panjang benda dengan satuan panjang baku yang sering digunakan.
7. Dengan menirukan tepukan guru, siswa dapat mengidentifkasi bentuk pola irama sederhana.
8. Dengan mengiringi lagu dengan tepukan, siswa dapat memeragakan pola irama sederhana dengan tepat.
Karakter siswa yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu
Pendahuluan
Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Tanah Airku”. Nasionalis
Guru membuka pelajaran dengan mengarahkan siswa untuk mengamati benda-benda di sekitar kelas.
Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
Kegiatan pembukaan dapat diawali dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyebutkan sebanyak-banyaknya benda yang berawalan huruf tertentu. Misalkan awalan huruf S, setiap anak bergantian menyebutkan benda-benda berawalan huruf S, tidak boleh menyebutkan benda yang sama dengan yang telah disebutkan oleh teman sebelumnya. Communication
Arahkan siswa untuk memberikan contoh benda yang bervariasi, jangan hanya benda padat, tapi juga benda cair ataupun gas.
Ajukan pertanyaan apakah cahaya juga benda, bagaimana dengan suara, ajak siswa untuk mendiskusikannya. Biarkan siswa dengan pendapatnya terlebih dahulu.
10 menit
Inti
Siswa membaca wacana yang ada di Buku Siswa.
Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dari wacana yang dipakai. Mandiri
Setelah membaca siswa mengerjakan latihan di Buku Siswa yaitu, memilih mana yang benda dan mana yang bukan benda berdasarkan wacana yang telah dibaca (tentang cahaya dan suara).
Memeriksa hasil pekerjaan siswa bersama-sama. Gotong Royong
Siswa memerhatikan kembali Buku Siswa tentang pembagian benda berdasarkan ukuran, warna, dan bentuk. Setelah itu menyimak pengarahan guru tentang sifat benda.
Sifat fisik benda adalah segala sesuatu yang dapat mendeskripsikan atau mencirikan benda tersebut dan dapat diamati oleh indra manusia. Segala sesuatu yang bisa dilihat, diraba, dan dirasa (jika perlu). Benda dapat diidentifikasi sifat fisiknya melalui bentuk, ukuran, kekerasan, warna, kekuatan, dan sebagainya.
Kegiatan selanjutnya siswa mengamati benda-benda sekitar dan mengelompokkan benda tersebut berdasarkan sifat fisiknya.
Siswa dapat mengelompokkan berdasarkan warna, ukuran, bentuk atau lainnya. Critical Thinking and Problem Solving
Misalkan, untuk warna, siswa mengelompokkan benda yang berwarna putih, atau berdasarkan bentuk, mengelompokkan jadi satu benda yang bentuknya persegi.
Siswa menuliskan pengelompokkan tersebut di Buku Siswa.
Perwakilan kelompok mempresentasikan pengelompokan benda tersebut.
Setelah perwakilan siswa mempresentasikan pengelompokkannya setiap siswa diminta untuk mengisi peta konsep yang telah disediakan.
Perwakilan siswa diminta untuk menjelaskan peta konsep yang telah di buat ke depan kelas. Mandiri
Guru memberikan masukannya untuk resentasi yang telah dilakukan oleh siswa.
Kegiatan dilanjutkan dengan siswa memerhatikan panjang benda yang diambil, dan mengurutkan benda mulai dari yang paling pendek ke benda yang paling panjang (alternatif kegiatan bisa juga siswa diminta untuk berbaris berdasarkan tinggi badan mulai dari yang paling pendek ke yang paling tinggi).
Siswa diminta untuk mengobservasi mana yang paling tinggi dan paling pendek. Creativity and Innovation
Sampaikan bagaimana kita dapat mengukur benda? Perkenalkan siswa alat ukur yang biasa digunakan dalam keseharian. (Sangat dianjurkan untuk guru memperlihatkan secara langsung beragam alat ukur, mulai dari penggaris, meteran kain, meteral rol, ataupun meteran saku).
Ajak siswa memerhatikan satuan yang tertera pada alat ukur.
Siswa diperkenalkan dengan satuan yang biasa digunakan untuk mengukur sehari-hari, seperti m, cm, km.
Ajak siswa untuk menyebutkan satuan panjang yang mereka ketahui. Tuliskan di kolom yang tersedia di Buku Siswa.
Satuan dalam panjang
Guru menunjukkan cara pengukuran dengan menggunakan penggaris sederhana.
Siswa diminta untuk mempraktikkan cara pengukuran sederhana dengan menggunakan penggaris. Pastikan siswa menempatkan titik nol di ujung benda yang akan diukur. Mandiri
Siswa mengerjakan latihan di Buku Siswa.
Kegiatan dilanjutkan dengan bermain tebak-tebakan benda. Misalnya:
Sejenis alat musik,
Terbuat dari logam,
Bentuknya segitiga,
Digunakan dengan cara diketuk,
Benda apakah itu? (jawab: Triangle)
Guru menjelaskan bahwa banyak benda yang digunakan untuk mengiringi lagu. Benda yang termasuk kelompok alat musik sangat banyak ragamnya. Salah satu contohnya adalah alat musik ritmis. Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak bernada yang dapat menghasilkan irama lagu.
Communication
Guru dapat mengenalkan alat musik ritmis daerah bila ada. Akan lebih baik jika ditunjukkan juga contoh alat musik daerahnya.
Siswa mengamati jenis alat musik ritmis yang ada di Buku Siswa. (Akan lebih baik, jika guru membawa salah satu contoh alat musik ritmis). Siswa diarahkan untuk mengajukan pertanyaan seputar alat musik ritmis.
Sebelum menggunakan alat musik, siswa diajak berlatih tepukan dengan menggunakan benda-benda di sekitar mereka.
Guru memberikan contoh tepukan yang merupakan pola irama dan mana yang bukan pola irama. (Guru memperlihatkan tepukan yang tidak berpola dan tepukan yang berpola).
Tepukan sangat bervariasi, boleh tepukan lemah-kuat, ataupun tepukan tangan-tepukan meja ataupun lainya.
Siswa diperkenalkan simbol yang digunakan di Buku Siswa, yaitu simbol:
- ketukan kuat/tepuk meja.
- ketukan lemah/tepuk tangan.
Guru menyampaikan bahwa pukulan bisa divariasikan, misalkan menggunakan hentakan kaki dan tepuk tangan, menggunakan stik pemukul dan tepuk tangan, mengetuk di meja dan kursi, dan lain-lain.
Siswa memberikan contoh tepukan pola irama, guru memberikan arahannya.
Setelah siswa memahami tentang tepukan pola irama. Siswa diperkenalkan lagu yang berjudul “Teka-Teki”.
Siswa berlatih bersama-sama sesuai dengan guru. Untuk bait selanjutnya siswa dapat memvariasikan tepukan.
Kegiatan alternatif guru dapat membentuk kelompok kecil, setiap kelompok dapat menggunakan media yang beragam untuk menghasilkan tepukan. Collaboration
Misalkan, kelompok pertama bertepuk tangan dan mengetuk meja untuk menghasilkan bunyi. Kelompok kedua memukul kaleng dan galon untuk menghasilkan bunyi. Siswa diberikan kesempatan untuk bereksplorasi dalam menghasilkan bebunyian. Creativity and Innovation
Setelah itu mereka berlatih membuat tepukan pola irama untuk mengiringi lagi Teka-Teki.
Setiap kelompok diminta tampil untuk mempertunjukkan hasilnya. Jika waktu tidak mencukupi, maka penampilan dapat dilakukan di pembelajaran selanjutnya. 150 menit
Penutup
Guru menutup pelajaran dengan memberikan teka-teki “Ada sebuah benda, tak terlihat namun dapat tercium, tak dapat ditangkap, namun dapat dirasakan” (jawab: gas).
Siswa melakukan refleksi kegiatan hari ini, kegiatan dapat berupa tanya jawab berikut. Mandiri
Bagaimana perasaan mereka mengikuti kegiatan hari ini?
Apakah mereka menemukan kesulitan?
Apa yang masih belum mereka pahami?
Apa yang paling siswa sukai dalam kegiatan hari ini?
Sebutkan apa yang termasuk benda padat, gas, maupun cair?
Guru mengajak siswa mensyukuri nikmat Tuhan yang diberikan, bagaimana Tuhan mempersiapkan alam ini dengan aneka benda-benda yang ada untuk memenuhi kehidupan manusia.
Menyanyikan lagu daerah “Ampar-Ampar Pisang”
Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing oleh petugas. Religius
15 menit
E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Pedoman Guru Tema : Benda di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
Buku Siswa Tema : Benda di Sekitarku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
Benda-benda di sekitar lingkungan kelas.
Aneka alat ukur, seperti penggaris, meteran kain, dan lain-lain.
Bagi yang ingin versi lengkapnya silahkan Download RPP Kelas 3 SD / MI Tema 3 Subtema 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018 / 2019 melalui Link dibawah ini :
Demikian artikel tentang RPP Kelas 3 SD / MI Tema 3 Subtema 1 ini, jika ada kendala atau pertanyaan silahkan komentar dibawah atau bisa juga melalui halaman menu request diatas.
Happy Days.