Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tema 7 Kelas 4 Indahnya Keragaman Di Negeriku Dan Kunci Tanggapan Halaman 51, 53, 55, 56

Tema 7 Kelas 4 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 51, 53, 55, 56 - Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema 2 Indahnya Keragamana Budaya Negeriku Pembelajaran 1 Kurikulum 2013

 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema  Tema 7 Kelas 4 Indahnya Keragaman di Negeriku dan Kunci Jawaban Halaman 51, 53, 55, 56


 Kelas 4 Tema 7 Pembelajaran 1 Kurikulum 2013


Ayo Membaca 
Bacalah dalam hati teks berikut!

Urang Kanekes, Si Suku BaduyBanten merupakan sebuah provinsi di Pulau Jawa bab barat. Provinsi Banten mempunyai kekayaan alam dengan pemandangan indah, termasuk pegunungan dan pantai. Di pegunungan Kendeng dengan ketinggian 600 m dari permukaan air laut, tinggal masyarakat etika yang biasa kita sebut suku Baduy. Namun, masyarakat suku Baduy lebih bahagia menyebut diri mereka
urang Kanekes. Dalam bahasa Sunda, urang berarti orang.

Masyarakat Kanekes dibagi menjadi dua kelompok, yaitu tangtu dan panamping. Kelompok tangtu dikenal sebagai Kanekes Dalam atau Baduy Dalam. Sebaliknya, kelompok panamping dikenal sebagai Kanekes Luar atau Baduy Luar.

Kelompok Kanekes Dalam atau Baduy Dalam tinggal di tiga desa, yaitu Cikertawana, Cikeusik, dan Cibeo. Masyarakat Kanekes Dalam masih sangat teguh dalam memegang tradisi. Mereka tidak memakai alat-alat elektronika, tidak memakai ganjal kaki, tidak memakai kendaraan sebagai alat transportasi, serta mengenakan pakaian etika yang ditenun dan dijahit sendiri. Mereka menganut kepercayaan tradisional “sunda wiwitan” dan dipimpin oleh seorang Pu’un. Pu’unjuga berkedudukan sebagai pemimpin masyarakat Kanekes.

Kelompok panamping sedikit berbeda dari masyarakat Kanekes Dalam. Masyarakat Kanekes Luar atau Baduy Luar telah mengenal teknologi dan alat elektronik. Mereka juga mengenakan pakaian modern. Namun, masyarakat Baduy Luar masih sanggup dikenali dari ciri khas mereka, yaitu mengenakan ikat kepala berwarna hitam.

 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema  Tema 7 Kelas 4 Indahnya Keragaman di Negeriku dan Kunci Jawaban Halaman 51, 53, 55, 56

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 51

Ayo Berdiskusi
Bentuklah kelompok bersama 4-5 temanmu. Bacalah dalam hati teks ”Urang Kanekes, Si Suku Baduy”.

1.  Adakah kesamaan cara hidup suku bangsa Baduy dengan suku bangsamu?
Jika ada, dalam hal apa? Jika berbeda, apa perbedaannya?
Alternatif Jawaban : 
Perbedaan cara hidup suku bangsa baduy dan suku bangsaku yakni suku bangsa baduy memegang tradisi nenekmoyang yang cenderung tertutup adapun kesamaan terletak pada suku baduy luar yang telah mengenal teknologi dan penegtahuan yang sama dengan suku bangsa pada umumnya.

2.  Adakah kata sulit yang kalian temukan pada bacaan tersebut? Jika ada, tuliskan kemudian carilah artinya. Tuliskan dalam bentuk tabel ibarat berikut.

 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema  Tema 7 Kelas 4 Indahnya Keragaman di Negeriku dan Kunci Jawaban Halaman 51, 53, 55, 56

Alternatif Jawaban :
1. Tradisi artinya kebiasaan turun menurun yang masih di jalankan oleh masyarakat
2. Alat Elektronik artinya alat yang bekerja memakai listrik
3. Alat Transportasi artinya alat atau kendaraan untuk pengangkutan
4. Alas kaki artinya penutuptelapak kaki
5. Teknologi artinya keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diharapkan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

3. Tuliskan pokok pikiran dari setiap paragraf pada teks “UrangKanekes, Si Suku Baduy”.
Alternatif Jawaban :
Paragraf 1: Banten merupakan sebuah provinsi di Pulau Jawa bab barat
Paragraf 2 : Masyarakat Kanekes dibagi menjadi dua kelompok, yaitu tangtu dan panamping
Paragraf 3 : Masyarakat Kanekes Dalam masih sangat teguh dalam memegang tradisi
Paragraf 4 : Kelompok panamping sedikit berbeda dari masyarakat Kanekes Dalam

Ceritakan hasil diskusi kelompokmu. Bandingkan dengan hasil diskusi kelompok lain. Apakah ada perbedaan?

Budaya setiap suku bangsa mungkin mempunyai beberapa persamaan dan mungkin pula mempunyai perbedaan. Jika kita amati lagi dari teks “UrangKanekes, Si Suku Baduy”, ada sedikit perbedaan budaya suku Baduy Luar dan suku Baduy Dalam. Masyarakat suku Baduy Luar sudah biasa memakai alat elektronik.

Sebaliknya, masyarakat suku Baduy Dalam dihentikan memakai alat elektronik. Dalam kehidupan sehari-hari, kita telah biasa dan bahkan mungkin tergantung pada alat-alat elektronik.

Ayo Mencoba
Lakukan acara ini di dalam kelas.
1. Tutuplah pintu dan jendela ruang kelas serta gorden kalau ada.
2. Nyalakan lampu di kelas dengan menekan saklar. Bagaimana kondisi ruang kelas?
3. Padamkan lampu dengan menekan saklar. Bagaimana keadaan di dalam ruang kelas?
4. Catatlah hasil pengamatan kalian.


Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 53

Ayo Berdiskusi
Berdasarkan acara tersebut, diskusikan balasan pertanyaan-pertanyaan berikut bersama teman-teman sekelasmu.
1. Apa yang mengakibatkan lampu menyala?
Alternatif Jawaban : Karena adanya aliran listrik yang di nyalakan melalui sambungan kabel menuju lampu

2. Apa yang mengakibatkan lampu tidak menyala?
Alternatif Jawaban : Karena aliran listrik yang terputus / tidak tersambung melalui kabel menuju lampu.

Lampu sanggup menyala alasannya yakni ada aliran listrik. Arus listrik yang mengalir dari kutub nyata menuju kutub negatif . Saat arus listrik  mengalir melewati lampu, lampu akan menyala.

Ayo Mencoba
Lakukan acara ini bersama sahabat sebangkumu.
1. Siapkan penggaris plastik.
2. Potonglah kertas kecil-kecil, kemudian letakkan pada permukaan meja.
3. Dekatkan penggaris plastik pada potonganpotongan kertas.
4. Apa yang terjadi? Catatlah hasil pengamatanmu.
5. Gosok-gosokkan penggaris pada rambut kering, kemudian dekatkan penggaris pada  potongan-potongan kertas.
6. Apa yang terjadi? Catatlah hasil pengamatanmu.
7.  Ulangi acara di atas beberapa kali.

Setiap benda netral mempunyai dua muatan, yaitu muatan nyata (proton) dan muatan negatif (elektron) dalam jumlah yang sama. Saat penggaris plastik digosok-gosokkan pada rambut kering, elektron dari rambut berpindah ke penggaris. Akibatnya, penggaris plastik kelebihan elektron dan menjadi bermuatan negatif.

Ketika penggaris plastik bermuatan negatif didekatkan pada potonganpotongan kertas, muatan negatif pada kertas menjauhi penggaris. Sisi kertas yang akrab penggaris menjadi bermuatan positif, sehingga potongan-potongan kertas akan tertarik oleh penggaris plastik. Tarik-menarik antara muatan pada penggaris plastik dan bagian kertas ini merupakan salah satu bentuk gaya listrik.

Ayo Membaca 
Bacalah teks berikut!

Listrik Statis dan Listrik Dinamis
Muatan listrik yang terkandung pada penggaris plastik sesudah digosok pada rambut kering tidak mengalir, sehingga disebut listrik membisu atau listrik statis. Gaya listrik statis pada penggaris plastik itu hanya berlangsung sementara. Selama bagian kertas melekat pada penggaris plastik, terjadi perpindahan muatan listrik. Setelah muatan listrik pada bagian kertas dan penggaris plastik sama, kedua benda itu akan saling menolak atau melepaskan diri.

Akibatnya, potongan-potongan kertas akan terlepas dari penggaris plastik. Jika ada listrik statis, ada pula listrik dinamis. Pada listrik dinamis terjadi aliran muatan listrik. Listrik dinamis sanggup diamati dari acara mematikan atau menyalakan lampu dengan menekan sakelar. Saat sakelar ditekan dan lampu menyala, artinya pada dikala itu terjadi aliran listrik. Sebaliknya, dikala sakelar ditekan dan lampu mati, artinya tidak terjadi aliran listrik.


Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 55, 56

Tugas
1. Kamu telah membaca teks “Listrik Statis dan Listrik Dinamis”. Pengetahuan apa yang kau sanggup dari teks tersebut? Tuliskan dengan bahasamu sendiri.
Alternatif Jawaban : 
Listrik statis yakni listrik yang tidak mengalir dan perpindahan arusnya terbatas
Listrik dinamis yakni muatan listrik yang mengalir

2. Carilah referensi lain yang mengatakan tanda-tanda listrik statis.
Alternatif Jawaban : 
Terjadinya petir, cahay kilat yang tampak ketika terjadi petir merupakan loncatan muatan dari awan kepermukaan bumi. Hal ini terjadi alasannya yakni awan banyak mengandung muatan listrik.

Pada Pembelajaran 2, bacakan hasil tugasmu di depan Bapak/Ibu guru dan teman-temanmu.

Ayo Renungkan
- Apa yang kau pelajari pada hari ini?
Alternatif Jawaban :
Yang saya pelajari pada hari ini yakni listrik statis dan dinamis

- Mengapa budaya satu suku bangsa sanggup berbeda dari suku bangsa lain?
Alternatif Jawaban :
Karena budaya bangsa berbeda-beda sesuai dengan etika istiadat, kepercayaan agama dan lingkungan yang berbeda yang mengakibatkan perbedaan satu suku dengan lainnya.

- Apa yang dimaksud dengan gaya listrik?
Alternatif Jawaban :
Gaya listrik yakni gaya yang dialami oleh objek bermuatan yang berada dalam medan listrik.

Kerja Sama dengan Orang Tua
Tanyakan kepada ayah dan ibumu, budaya khas dari suku bangsa mereka masing-masing.

Suku bangsa ayahku:
Budaya khas suku bangsa  :
Bahasa kawasan asal ayahku:
Lagu dari kawasan asal ayahku :

Suku bangsa ibuku:
Budaya khas suku bangsa  :
Bahasa kawasan asal ibuku:
Lagu dari kawasan asal ibuku:

Sampai disini pembahasan mengenai kunci soal tematik dengan judul Tema 7 Kelas 4 Indahnya Keragaman di Negeriku dan Kunci Jawaban Halaman 51, 53, 55, 56. Terima kasih sudah membaca postingan ini ini semboga bermanfaat untuk tenaga pendidik dan penerima didik kelas 4 SD/MI Semseter 2 ini.
Sumber https://kumpulansoalunbk.blogspot.com/