Kunci Balasan Buku Siswa Tema 6 Kelas 4 Halaman 2, 3, 5, 8, 9
Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 4 Halaman 2, 3, 5, 8, 9 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku Pembelajaran 1 Terdiri dari Mata Pelajaran B.Indonesia dan IPA.
Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 2-9 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan tanggapan yang sempurna berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Apakah kau pernah membayangkan akan menjadi seorang apa di kemudian hari?
Apakah hal yang kau bayangkan itu sebuah acara atau sebuah pekerjaan?
Apakah kau pernah membayangkan, kelak akan mengajarmenjadi seorang pilot, arsitek, dokter hewan, atau pekerja seni?
Pembelajaran 1
Amatilah gambar-gambar di bawah ini. Tuliskan acara atau pekerjaan yang dijelaskan dari gambar. Jelaskan juga keahlian atau acara yang sesuai dengan jenis pekerjaannya.
Alternatif Jawaban
Gambar 1
Aku seorang Guru, acara utamaku sehari-hari yaitu mendidik murid dengan ilmu yang berkhasiat serta memperlihatkan teladan perilaku yang baik untuk diaplikasikan kemasyarakat
Gambar 2
Aku seorang Arsitek, acara utamaku sehari-hari yaitu merancang bangunan dan mendesain bangunan
Gambar 3
Aku seorang Dokter Hewan, acara utamaku sehari-hari yaitu mengobati binatang yang sakit dan merawat binatang yang sedang dalam pengawasan
Gambar 4
Aku seorang Pelukis, acara utamaku sehari-hari yaitu mencari wangsit dan ide mengenai bahan lukisan dan melukis ide yang telah didapat dikertas atau kanvas
Gambar 5
Aku seorang Pilot, acara utamaku sehari-hari yaitu menerbangkan pesawat dan membawa penumpang dengan kondusif ke daerah tujuan
Bagaimana denganmu? Kamu niscaya mempunyai mimpi dan harapan perihal acara atau pekerjaanmu kelak. Itulah cita-cita.
Alternatif Jawaban :
Cita-citaku ingin menjadi seorang pelukis, acara utamaku yaitu mencari wangsit tema yang akan dilukis, keahlian yang harus saya miliki yaitu menggambar dengan rapih dan menguasai teknik pewarnaan
Ceritakanlah cita-citamu tersebut kepada sahabat sebangkumu!
Ayo Membaca
Udin dan Beni ternyata mempunyai keinginan yang sama! Mereka berdua ingin menjadi seorang guru. Menurut Udin, ia ingin menjadi guru alasannya gurulah yang membuatnya menjadi selalu ingin tahu perihal banyak hal. Udin memperlihatkan sebuah goresan pena dari sebuah majalah untuk menjelaskan pendapatnya perihal guru.
Bacalah teks yang ditemukan Udin berikut!
Teks berjudul Cita-Citaku di atas merupakan sebuah karya yang disebut puisi.
Ayo, kita cari tahu ciri-ciri puisi tersebut!
1. Buatlah kelompok yang terdiri atas 3–4 siswa.
2. Salah satu anggota kelompok membaca puisi tersebut. Anggota yang lain memerhatikan temannya membaca puisi.
3. Perhatikan bagian-bagian teks yang dibaca. Diskusikan ciri-ciri dari teks tersebut. Sebagai panduan menemukan ciri-cirinya, kau sanggup menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
a. Apakah kau menemukan bahwa teks tersebut terdiri atas kumpulan kata-kata yang tersusun menjadi baris-baris?
b. Apakah kau menemukan baris-baris tersebut terkumpul menjadi beberapa bagian?
c. Tuliskan suara vokal dari kata terakhir setiap baris!
d. Apakah kau menemukan keteraturan suara vokal kata terakhir dalam setiap baris?
e. Tunjukkan keteraturan itu!
4. Tuliskan kesimpulan hasil diskusimu pada kolom berikut ini!
Alternatif Jawaban :
Ciri-ciri puisi sebagai berikut :
1. Memiliki Judul
2. Terdapat bait yang terdiri dari beberapa kalimat
3. Keteraturan suara vokal (rima)
Puisi terdiri atas bagian-bagian yang merupakan kumpulan kata-kata yang disebut baris puisi. Baris-baris puisi terkumpul menjadi bagian-bagian yangdisebut bait puisi.
Alternatif Jawaban :
Susunan bait puisiku:
Guru selalu membmbingku
Guru mengajakku untuk maju
Sungguh berjasa guruku
Kuingin membalas jasamu
Bandingkanlah susunan bait puisimu dengan milik temanmu! Bagaimana pendapatmu?Lani : "Apakah saya sanggup mengubah susunan baris dalam puisi itu, ya?"
Udin : "Menurutku seharusnya bisa, Lani. Asalkan maknanya kurang lebih sama. Kenapa, Lani?"
Lani : "Betul juga! Aku ingin menyusun puisi sendiri perihal cita-citaku."
Udin : "Benarkah? Apakah cita-citamu, Lani?"
Lani : "Aku bahagia dengan hewan. Aku ingin suatu hari nanti sanggup menjadi dokter binatang agar saya sanggup membantu hewan-hewan yang sakit dan butuh pertolongan."
Udin : "Wah, hebat juga cita-citamu! Kebetulan saya punya beberapa binatang peliharaan di rumah. Mungkin besok, saya sanggup membawa mereka kepadamu untuk diperiksa!"
Lani : "Ah, Udin! Jangan bercanda! Itu nanti saja dikala saya sudah mencar ilmu banyak perihal hewan."
Udin : "Baiklah, Lani!"
Ayo Mengamati
Apakah kau mempunyai binatang peliharaan menyerupai Udin? Apa saja hewan
peliharaanmu itu? Bagaimana kau memeliharanya?
Amatilah binatang peliharaan di sekitarmu. Apakah hewan-hewan peliharaan itu mempunyai anak?
Perhatikan gambar beberapa binatang peliharaan berikut!
Gambar-gambar tersebut memperlihatkan bahwa ada bawah umur binatang dan ada binatang yang sudah dewasa. Artinya, hewan-hewan tersebut mengalami pertumbuhan. Ada tahapan-tahapan yang dilalui oleh binatang itu, dari anakanak binatang menjadi binatang dewasa. Ayo, mencari tahu tahapan-tahapan pertumbuhan hewan!
Ayo Membaca
1. Buatlah kelompok diskusi yang terdiri atas 4–5 siswa.
2. Amatilah gambar hewan-hewan peliharaan berikut!
3. Susunlah tahapan pertumbuhan dan perkembangan binatang pada gambar di atas menjadi tahapan pertumbuhan yang benar. Berilah nomor urut di bawah gambar sehingga memperlihatkan urutan yang benar.
Alternatif Jawaban:
Tahapan pertumbuhan dan perkembangan binatang kucing dan ayam
Tahapan siklus hidup binatang kucing dan ayam sebagai berikut
Siklus binatang yaitu rangkaian proses tahapan hidup yang dilalui oleh hewan.
Siklus hidup binatang kucing, kucing termasuk binatang vivipar ( melahirkan ) tahapan siklus binatang mulai dari anak hewan, masa remaja, dewasa.
Siklus hidup binatang Ayam, ayam termasuk hawan ovipar (bertelur) tahapan siklus binatang mulai dari telur, anak ayam, ayam remaja, induk ayam.
Presentasikan hasil diskusi kelompokmu secara bergiliran di depan kelas.
Ayo Renungkan
1. Ingin menjadi apakah kau kelak?
2. Apa yang ingin kau lakukan supaya cita-citamu tercapai?
3. Apabila cita-citamu sudah tercapai, apa manfaat yang sanggup kau berikan kepada orang lain?
Kerja Sama dengan Orang TuaAmatilah hewan-hewan peliharaan di sekitar rumahmu. Diskusikan bersama dengan orang tuamu tahapan pertumbuhan yang terjadi pada binatang peliharaan tersebut.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 4 Halaman 2, 3, 5, 8, 9 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku Pembelajaran 1. Semoga sanggup menambah motivasi mencar ilmu dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda sanggup eksklusif Contact atau sanggup dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
Sumber https://kumpulansoalunbk.blogspot.com/
Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 2-9 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan tanggapan yang sempurna berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Apakah kau pernah membayangkan akan menjadi seorang apa di kemudian hari?
Apakah hal yang kau bayangkan itu sebuah acara atau sebuah pekerjaan?
Apakah kau pernah membayangkan, kelak akan mengajarmenjadi seorang pilot, arsitek, dokter hewan, atau pekerja seni?
Pembelajaran 1
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 2, 3
Ayo MengamatiAmatilah gambar-gambar di bawah ini. Tuliskan acara atau pekerjaan yang dijelaskan dari gambar. Jelaskan juga keahlian atau acara yang sesuai dengan jenis pekerjaannya.

Alternatif Jawaban
Gambar 1
Aku seorang Guru, acara utamaku sehari-hari yaitu mendidik murid dengan ilmu yang berkhasiat serta memperlihatkan teladan perilaku yang baik untuk diaplikasikan kemasyarakat
Gambar 2
Aku seorang Arsitek, acara utamaku sehari-hari yaitu merancang bangunan dan mendesain bangunan
Gambar 3
Aku seorang Dokter Hewan, acara utamaku sehari-hari yaitu mengobati binatang yang sakit dan merawat binatang yang sedang dalam pengawasan
Gambar 4
Aku seorang Pelukis, acara utamaku sehari-hari yaitu mencari wangsit dan ide mengenai bahan lukisan dan melukis ide yang telah didapat dikertas atau kanvas
Gambar 5
Aku seorang Pilot, acara utamaku sehari-hari yaitu menerbangkan pesawat dan membawa penumpang dengan kondusif ke daerah tujuan
Bagaimana denganmu? Kamu niscaya mempunyai mimpi dan harapan perihal acara atau pekerjaanmu kelak. Itulah cita-cita.

Alternatif Jawaban :
Cita-citaku ingin menjadi seorang pelukis, acara utamaku yaitu mencari wangsit tema yang akan dilukis, keahlian yang harus saya miliki yaitu menggambar dengan rapih dan menguasai teknik pewarnaan
Ceritakanlah cita-citamu tersebut kepada sahabat sebangkumu!
Ayo Membaca
Udin dan Beni ternyata mempunyai keinginan yang sama! Mereka berdua ingin menjadi seorang guru. Menurut Udin, ia ingin menjadi guru alasannya gurulah yang membuatnya menjadi selalu ingin tahu perihal banyak hal. Udin memperlihatkan sebuah goresan pena dari sebuah majalah untuk menjelaskan pendapatnya perihal guru.
Bacalah teks yang ditemukan Udin berikut!
Teks berjudul Cita-Citaku di atas merupakan sebuah karya yang disebut puisi.
Ayo, kita cari tahu ciri-ciri puisi tersebut!
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 5
Ayo Berdiskusi1. Buatlah kelompok yang terdiri atas 3–4 siswa.
2. Salah satu anggota kelompok membaca puisi tersebut. Anggota yang lain memerhatikan temannya membaca puisi.
3. Perhatikan bagian-bagian teks yang dibaca. Diskusikan ciri-ciri dari teks tersebut. Sebagai panduan menemukan ciri-cirinya, kau sanggup menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
a. Apakah kau menemukan bahwa teks tersebut terdiri atas kumpulan kata-kata yang tersusun menjadi baris-baris?
b. Apakah kau menemukan baris-baris tersebut terkumpul menjadi beberapa bagian?
c. Tuliskan suara vokal dari kata terakhir setiap baris!
d. Apakah kau menemukan keteraturan suara vokal kata terakhir dalam setiap baris?
e. Tunjukkan keteraturan itu!
4. Tuliskan kesimpulan hasil diskusimu pada kolom berikut ini!

Alternatif Jawaban :
Ciri-ciri puisi sebagai berikut :
1. Memiliki Judul
2. Terdapat bait yang terdiri dari beberapa kalimat
3. Keteraturan suara vokal (rima)
4. Menggunakan kata-kata indah
Puisi terdiri atas bagian-bagian yang merupakan kumpulan kata-kata yang disebut baris puisi. Baris-baris puisi terkumpul menjadi bagian-bagian yangdisebut bait puisi.
Alternatif Jawaban :
Susunan bait puisiku:
Guru selalu membmbingku
Guru mengajakku untuk maju
Sungguh berjasa guruku
Kuingin membalas jasamu
Bandingkanlah susunan bait puisimu dengan milik temanmu! Bagaimana pendapatmu?Lani : "Apakah saya sanggup mengubah susunan baris dalam puisi itu, ya?"
Udin : "Menurutku seharusnya bisa, Lani. Asalkan maknanya kurang lebih sama. Kenapa, Lani?"
Lani : "Betul juga! Aku ingin menyusun puisi sendiri perihal cita-citaku."
Udin : "Benarkah? Apakah cita-citamu, Lani?"
Lani : "Aku bahagia dengan hewan. Aku ingin suatu hari nanti sanggup menjadi dokter binatang agar saya sanggup membantu hewan-hewan yang sakit dan butuh pertolongan."
Udin : "Wah, hebat juga cita-citamu! Kebetulan saya punya beberapa binatang peliharaan di rumah. Mungkin besok, saya sanggup membawa mereka kepadamu untuk diperiksa!"
Lani : "Ah, Udin! Jangan bercanda! Itu nanti saja dikala saya sudah mencar ilmu banyak perihal hewan."
Udin : "Baiklah, Lani!"
Ayo Mengamati
Apakah kau mempunyai binatang peliharaan menyerupai Udin? Apa saja hewan
peliharaanmu itu? Bagaimana kau memeliharanya?
Amatilah binatang peliharaan di sekitarmu. Apakah hewan-hewan peliharaan itu mempunyai anak?
Perhatikan gambar beberapa binatang peliharaan berikut!
Gambar-gambar tersebut memperlihatkan bahwa ada bawah umur binatang dan ada binatang yang sudah dewasa. Artinya, hewan-hewan tersebut mengalami pertumbuhan. Ada tahapan-tahapan yang dilalui oleh binatang itu, dari anakanak binatang menjadi binatang dewasa. Ayo, mencari tahu tahapan-tahapan pertumbuhan hewan!
Ayo Membaca
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 8, 9
Ayo Berdiskusi1. Buatlah kelompok diskusi yang terdiri atas 4–5 siswa.
2. Amatilah gambar hewan-hewan peliharaan berikut!
3. Susunlah tahapan pertumbuhan dan perkembangan binatang pada gambar di atas menjadi tahapan pertumbuhan yang benar. Berilah nomor urut di bawah gambar sehingga memperlihatkan urutan yang benar.
Alternatif Jawaban:
Tahapan pertumbuhan dan perkembangan binatang kucing dan ayam
Tahapan siklus hidup binatang kucing dan ayam sebagai berikut
Siklus binatang yaitu rangkaian proses tahapan hidup yang dilalui oleh hewan.
Siklus hidup binatang kucing, kucing termasuk binatang vivipar ( melahirkan ) tahapan siklus binatang mulai dari anak hewan, masa remaja, dewasa.
Siklus hidup binatang Ayam, ayam termasuk hawan ovipar (bertelur) tahapan siklus binatang mulai dari telur, anak ayam, ayam remaja, induk ayam.
Presentasikan hasil diskusi kelompokmu secara bergiliran di depan kelas.
Ayo Renungkan
1. Ingin menjadi apakah kau kelak?
2. Apa yang ingin kau lakukan supaya cita-citamu tercapai?
3. Apabila cita-citamu sudah tercapai, apa manfaat yang sanggup kau berikan kepada orang lain?
Kerja Sama dengan Orang TuaAmatilah hewan-hewan peliharaan di sekitar rumahmu. Diskusikan bersama dengan orang tuamu tahapan pertumbuhan yang terjadi pada binatang peliharaan tersebut.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 4 Halaman 2, 3, 5, 8, 9 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku Pembelajaran 1. Semoga sanggup menambah motivasi mencar ilmu dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda sanggup eksklusif Contact atau sanggup dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
Sumber https://kumpulansoalunbk.blogspot.com/