Kunci Balasan Buku Tematik Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 36, 37, 38, 40, 41
Buku Siswa yang digunakan sebagai sarana utama dalam proses mencar ilmu di Kelas 6 SD/MI Tema 6 ini merupakan buku tematik terpadu kurikulum 2013 (k13) revisi 2018.
Pada subtema 1 pembelajaran 6 terdiri dari 9 halaman yaitu halaman 36-44. Dalam pembelajaran 6 ini terdiri dari beberapa subjudul yaitu :
- Ayo Mencoba halaman 36
- Ayo Berlatih halaman 36, 37, 38, dan 41
- Ayo Membaca halaman 37, 41, dan 42
- Ayo Mengamati halaman 39 dan 41
- Ayo Bernyanyi halaman 40
- Ayo Renungkan halaman 43
Didalam buku tematik Pembelajaran 6 Subtema 1 Menuju Masyarakat Sejaterah terdapat soal latihan yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri.Dengan adanya soal-soal latihan kami mencoba membantu untuk menemukan balasan yang tepat Berikut kami bagikan Alternatif kunci balasan soal yang terdapat pada halaman 36, 37, 38, 40, 41
Ayo Mencoba
Bagaimanakah kau menjalankan kewajiban, baik di lingkungan rumah,sekolah, masyarakat serta lingkungan bangsa dan negara? Coba ceritakan di depan teman-temanmu.
Jawaban (Halaman 36)
Ayo Berlatih
Tuliskan hal-hal berikut.
1. Contoh kewajiban di rumah yang sudah kau laksanakan.
Jawaban :
- Membantu pekerjaan orang tua
- Membersihan lingkungan rumah
- Mengerjakan Pekerjaan sekolah
- Manfaat yang kau peroleh dengan melakukan kewajiban secara bertanggung jawab.
Jawaban :
1.Akan tercipta hidup rukun.
2.Tercipta rasa kondusif dan nyaman pada lingkungan yang kita tempati.
3.Menjadi langsung yang bertanggung jawab,dan tidak lalai dari kiprah dan kewajiban
3. Hal-hal yang perlu diperbaiki dalam melakukan kewajiban.
Jawaban
Yang perlu diperbaiki dalam melakukan kewajiban ialah Kita harus mengutamakan dulu kewajiban kemudiian kita menutut hak .
Setiap keluarga mempunyai peraturan yang dibentuk secara gotong royong oleh anggota keluarga dengan dipimpin kepala keluarga (ayah). Peraturan dalam keluarga mengikat semua anggota keluarga untuk melaksanakannya secara bertanggung jawab. Dengan adanya kesadaran setiap anggota keluarga dalam melakukan kewajiban akan tercipta ketertiban, ketenangan, dan keharmonisan dalam keluarga.
Kamu telah mengenal banyak kewajiban, baik kewajiban sebagai anggota keluarga, warga sekolah, maupun sebagai warga negara Indonesia. Selain itu, kau mempunyai kewajiban terhadap diri sendiri dan lingkungan.
Contoh kewajiban terhadap diri sendiri ialah menjaga kesehatan dengan memperhatikan pola makan sehat. Cermati bacaan dengan judul “Bahaya Jajanan tidak sehat di Sekitar Sekolah”. Sebelum mencermati bacaan lakukan acara berikut.
Jawaban (Halaman 37)
Ayo Berlatih
Ada bacaan dengan judul “Bahaya Jajanan tidak Sehat di Sekitar Sekolah”.Coba temukan kata kunci pada judul tersebut. Lalu tuliskan kata kunci tersebut ke dalam kolom di bawah ini. Tuliskan juga asumsi isu yang terdapat pada teks menurut kata kunci yang kau temukan.
Jawaban
No | Kata Kunci | Perkiraan Informasi yang Terdapat dalam Teks Berdasarkan Kata Kunci |
1 | Kepedulian remaja | Bacaan berisi ihwal kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh remaja. |
2 | Bentuk Kepedulian lingkungan | Bacaan berisi ihwal acara untuk menjaga lingkungan. |
Ayo Membaca
Bahaya Jajanan tidak Sehat di Sekitar Sekolah
Terik matahari seakan memperabukan siang. Sekelompok siswa SD berhamburan keluar dari sekolah. Di depan sekolah, banyak sekali jenis jajanan sudah berjajar menanti pelanggan ciliknya. Panasnya siang menciptakan para siswa tak segan merogoh uang di sakunya untuk membeli minuman hambar berwarna merah menyala. Sebagian lagi membeli bakso bertusuk lidi yang dicelup ke dalam saus yang tak kalah merah warnanya. Anak-anak tersebut tidak sadar betapa ancaman menanti mereka. Mereka tidak paham bahwa beberapa tahun ke depan merahnya sirup dan saus tersebut akan menggerogoti organ badan mereka.
Pengawasan Badan POM dalam lima tahun terakhir menunjukkan, masih banyak jajanan anak sekolah yang tidak sehat. Hasil pemantauan pangan jajanan anak berkisar 40-44 persen mengandung rhodamin, formalin, boraks,serta embel-embel buatan dalam kadar tinggi seringkali ditemukan di antara jajanan di sekitar SD (Kompas, 31 Januari 2011). Sesungguhnya rhodamin ialah zat pewarna tekstil, sementara formalin ialah materi pengawet yang juga digunakan untuk mengawetkan jenazah, dan boraks ialah materi kimia yang kerap digunakan sebagai pencampur dalam pembuatan deterjen. Bayangkan reaksi organ badan kita dikala mendapatkan bahan-bahan kimia berbahaya tersebut!
Lingkungan di sekitar sekolah patut menerima perhatian khusus terhadap ancaman ini. Mengapa? Siswa sekolah dasar cenderung lebih gampang tertarik dengan makanan yang berwarna-warni cerah. Oleh karenanya, sangat dibutuhkan kiprah sekolah untuk menyediakan kantin yang menjual makanan sehat. Menyikapi hal ini BPOM menggalakkan agresi nasional menuju makanan jajanan anak sekolah yang aman, sehat, dan bergizi. Komunitas sekolah menjadi kawan yang akan diberdayakan untuk bekerja sama menjalankan agresi ini. Untuk itu orang tua, siswa, dan sekolah perlu meningkatkan kesadaran akan pentingnya makanan bergizi serta mengenal gejala makanan yang tidak kondusif dikonsumsi. Mari kita ciptakan generasi sehat melalui makanan yang sehat!
Jawaban (Halaman 38)
Ayo Berlatih
Setelah membaca teks di atas apakah isi bacaan sama dengan isi bacaan sesuai kata kunci menurut perkiraanmu?
Tuliskan jawabanmu pada kotak berikut!
Jawaban :
Isi bacaan sesudah membaca semua teks sama dengan isi bacaan sesuai kata kunci.
Mulai sekarang, perhatikan jajanan sekolah yang aman, sehat, dan bergizi demi memenuhi kewajibanmu menjaga kesehatan tubuh. Akan lebih aman,bawalah bekal dari rumah yang lebih sehat. Dengan demikian, kau telah melakukan kewajiban terhadap diri sendiri.
Bagaimanakah wujud kewajibanmu terhadap lingkungan? Ikut melestarikan watak dan budaya di lingkungan tempat tinggal merupakan kewajiban setiap warga masyarakat, termasuk kamu. Apakah kau mengenal watak dan budaya di lingkunganmu? Banyak bentuk watak dan budaya bangsa Indonesia, menyerupai alat musik tempat dan lagu-lagu daerah. Dapatkah kau menyanyikan lagulagu tempat yang ada di tempat tempat tinggalmu? Amatilah banyak sekali gambar permainan alat musik tempat berikut. Kemudian,nyanyikan satu lagu daerah.
Ayo Mengamati
Jawaban (Halaman 40)
Apa musik yang dimainkan pada gambar di atas? Dari tempat manakah alat musik tersebut? Tuliskan pada kolom berikut.
Jawaban :
1. Angklung berasal dari Sunda Jawa Barat.
2. Gamelan bali berasal dari tempat Bali.
3. Tifa berasal dari tempat Maluku dan Papua.
4. Margondang berasal dari Tapanuli atau Sumatra Utara
Ayo Bernyanyi
Nyanyikan lagu tempat berikut!
Ayo Berlatih
1. Nyanyikan nada do hingga dengan do tinggi (do`) naik dan turun. Ucapkan nada secara berulang-ulang. Sambil bernyanyi dengarkan suaramu biar interval nada tepat.
2. Nyanyikan lagu di atas. Sebelum menyanyikan syair lagu, terlebih dahulu baca dan nyanyikan dengan solmisasi.
3. Bagaimana interval pada lagu di atas? Banyakkah nada-nada yang sama berturut-turut? Ungkapkan pendapatmu.
Ayo Mengamati
Amati isi lagu di atas menurut syairnya. Tanyakan kepada orang yang kau anggap tahu. Kamu juga sanggup meminta orang cukup umur untuk mencari isi lagu di atas melalui media internet. Kemudian tuliskan dalam kolom berikut.
Ayo Membaca
Memainkan Interval Nada
Kita mengenal jarak antara dua nada sebagai interval. Berdasarkan cara memainkannya interval dibagi menjadi dua, yaitu interval serasi dan interval melodis. Interval serasi ialah dua nada yang dibunyikan secara bersama. Interval melodis ialah dua nada yang dibunyikan secara bergantian.perhatikan pola berikut.
Interval melodis terdiri atas interval dari nada rendah ke nada tinggi(ascending interval ) dan interval dari nada tinggi ke nada rendah descending interval)
Melodi yang baik ialah melodi yang mempunyai interval terjangkau oleh alat musik atau bunyi manusia.
Berdasarkan bunyi yang kita dengar, interval mempunyai ciri-ciri bunyi sebagai berikut.
1. Interval prim ( “prime”)
Interval prim hanya terdengar satu nada sehingga terdengar nyaman,contohnya do saja.
2. Interval sekon (“secondo”)
Sekon terdiri atas sekon besar dan sekon kecil. Interval sekon terdengar kurang nyaman, contohnya do-re dan si-do kalau dinyanyikan atau dibunyikan serempak.
3. Interval terts, terts besar maupun kecil nyaman didengar pula (konsonan sempurna)(do-mi).
4. Interval kuart, kuart murni sesalu nyaman didengar (konsonan sempurna) (do-fa).
5. Interval kuint, kuint murni terdengar nyaman (konsonan sempurna), kuint berlebih terdengar bagus, kuint berkurang terdengar kurang nyaman (dosol).
6.Interval sekst, sekst besar maupun kecil terdengar nyaman (do-la).
7.Interval septim, biasanya terdengar kurang nyaman (do-si).
8. Interval oktaf, oktaf murni terdengar nyaman (do-do)’.
Ayo Mencoba
Siapkan alat musik pianika atau keyboard, kemudian mainkan interval serasi berikut. Jika tidak ada alat musik tersebut, sanggup memakai alat music di sekitarmu contohnya angklung. Bisa juga memakai alat musik buatan sendiri dari botol bekas atau gelas. Gunakan 7 garis atas botol bekas yang diisi dengan air dengan ketinggian berbeda. Kemudian, mainkan tangga nada berikut.
1. Dari tangga nada c saja, c-d-e-f-g-a-b-c`.
2. Kemudian tangga nada berikut.
Ayo Mengamati
Pada halaman 41, teman-teman diminta mengamati isi lagu di atas menurut syairnya. Kemudian tanyakan kepada orang yang teman-teman anggap tahu. Teman-teman juga sanggup meminta orang cukup umur untuk mencari isi lagu di atas melalui internet. Kemudian tulis pada kolom yang tersedia.
Jawaban (Halaman 41)
Lagu Mariam Tomong berisi lirik yang menggambarkan kasih sayang seorang ibu yang berusaha menidurkan anaknya, berharap anaknya bermimpi indah. Dalam lirik lagu ini juga terdapat harapan-harapan sang ibu terhadap anaknya kelak.
Sumber : http://www.kumpulanlagudaerah.web.id
Demikianlah Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 36, 37, 38, 40, 41 ini,Semoga Kunci balasan Buku tematik terpadu Kelas 6 SD/MI Tema 6 ini sanggup memperlihatkan manfaat bagi untuk semua kalangan yang membaca artikel ini, dan sanggup memacu untuk selalu semangat belajar.
Sumber https://kumpulansoalunbk.blogspot.com/